Zetizen.com – Dunia entertain Korea Selatan memang jadi hal yang menarik untuk diikuti, mulai dari drama, reality show, hingga boyband serta girlband-nya. Tapi pernah gak sih, kamu merasa bingung sama istilah-istilah yang sering digunakan? Nah daripada jadi nggak nyambung, yuk simak beberapa kosa-kata berikut yang sering banget dipakai dalam entertainment Korea Selatan!

 

(Source: OneHallyu)

Trainee

Trainee adalah sebutan untuk para calon idol, yang sedang dalam masa pelatihan atau training. Di masa-masa ini, biasanya calon idol akan diajarkan untuk meningkatkan kemampuan di bidang entertainment, seperti menari, menyanyi, akting, dan juga kemampuan dalam reality show.

 

 

Comeback SNSD (Source: YouTube)

Debut, Comeback dan Goodbye Stage

Istilah debut digunakan ketika girlgroup atau boygroup baru melakukan penampilan perdana setelah menyelesaikan masa training. Penampilan pertama ini juga jadi tanda bahwa mereka telah resmi menjadi sebuah grup.

Sementara comeback stage, adalah ketika idol melakukan penampilan perdana dalam promo lagu baru. Sedangkan goodbye stage adalah penampilan terakhir idol untuk menandakan selesainya masa promosi lagu baru tersebut

 

Sehun EXO dan Jennie BP (Source: BS)

Visual dan Face of the Group

Dalam sebuah group, seringkali kita mendengar soal visual. Yup! Istilah visual diberikan kepada member boygroup atau girlgroup yang paling good looking.

Contoh visual adalah Sehun dari EXO. Sedangkan istilah Face of the Group, diberikan kepada member group yang paling diingat oleh fans. Jadi, ketika kita menyebutkan salah satu group, otomatis kita akan teringat dengan idol tersebut. Contohnya Jennie dari BlackPink.

 

SinB GFriend dan Jaehyun NCT 127 (Source: BS)

Main dan Lead

Main dan Lead adalah istilah yang biasa digunakan pada banyak group. Main digunakan untuk menyebutkan posisi utama dalam suatu group. Misalnya, main vocal atau main dancer. Istilah itu menandakan idol tersebut mempunyai kemampuan yang paling tinggi dalam group tersebut.

Contohnya adalah SinB, yang merupakan main dancer dari girlgroup GFriend. Sedangkan lead adalah idol yang memiliki kemampuan di bawah main, namun juga lebih tinggi dari anggota lain. Contohnya adalah Jaehyun yang merupakan lead vocal dari NCT 127.

 

S.Coups Seventeen dan Kystal F(x) (Source: BS)

Leader dan Maknae

Sesuai pengertiannya dalam bahasa inggris, Leader adalah sebutan bagi pemimpin dari suatu group, misalnya saja S.Coups adalah Leader dari Seventeen. Sedangkan sebutan Maknae, diberikan kepada anggota dengan umur termuda. Contohnya Krystal yang merupakan maknae dari girlgroup F(x).

 

EXO dan Pristin (Source: BS)

Rookie dan Sunbae

Sebutan Rookie diberikan kepada group yang baru saja melakukan debut, atau group baru, seperti Pristin dan Wanna One. Sedangkan untuk group-group yang sudah terkenal dan debut lebih dulu, biasa disebut sebagai Sunbae seperti EXO.

 


Aegyo

Aegyo adalah istilah dari kemampuan seorang idol untuk menunjukkn sisi cute-nya. Seperti yang dilakukan Jisoo BlackPink dan Jungkook BTS ini.

 

Warna Lighstick Untuk Membedakan Fandom (Source: Amino)

Fandom dan Fanwar

Fandom, yang berasal dari Fans dan Kingdom, dapat dikatakan sebagai sebuah rumah dari fans. Untuk group-group yang sudah memiliki banyak fans, biasanya agensi akan mengeluarkan nama untuk fans dari sebuah group.

Misalkan saja Army yang merupakan nama fandom BTS, dan SNSD yang punya nama fandom SONE.

Biasanya, fandom akan didukung dengan warna fandom dan juga lightstick. Sedangkan Fanwar, yang berasal dari kata fans dan war, adalah kondisi dimana fans dari suatu group melakukan 'perang'. Biasanya hal ini sering terjadi di media sosial.

 

Caption

Ultimate Bias

Ultimate Bias adalah istilah untuk mengambarkan idol yang paling kamu sukai dari suatu group. Biasanya hanya satu yang disebut ultimate bias. Sisanya biasa disebut bias.

 

Nah gimana, udah mulai ngerti kan? Selamat fangirling/fanboying!

 

Editor: Bogiva

Share
Create Your Own Article!