Zetizen.com - Belakangan ini, tren memakai lipstick sebagai blush-on, alias pewarna pipi mulai banyak diikutin. Alasannya adalah karena hasilnya dianggap lebih natural. Tapi sebenarnya aman nggak sih formula yang seharusnya dipakai dibibir tapi malah diaplikasikan ke pipi?

Well, jawabannya adalah aman! Kenapa aman? Soalnya sebagai produk kosmetik yang dibuat untuk bersentuhan langsung dengan bagian bibir yang sensitif, kandungan dalam lipstick sudah diawasi secara ketat oleh berbagai badan regulasi. Termasuk, jika sampai lipstick ini ikut tertelan waktu makan atau minum. Jadi, penggunaannya di pipi pun sebenarnya nggak jauh beda.

Yang jadi masalah adalah, nggak semua orang punya kulit wajah yang cocok dengan bahan-bahan dalam lipstick. Inilah yang bikin pemakaian lipstick sebagai blush on bisa memicu iritasi jika lama menempel dan tercampur dengan minyak dan keringat. Untuk mencegah iritasi saat memakai lipstik sebagai blush on ada baiknya kamu lakukan hal berikut!

 

Pakai Lipstik yang Nggak Oily

Sebagai blush on, pilihlah lipstik yang nggak glossy dan nggak mengandung banyak moisturizer. Karena ini bakal bikin kulit wajah berminyak. Apalagi kulit daerah pipi mengandung banyak pori-pori. Jika terkena lipstick yang oily, minyak yang seharusnya keluar malah bisa tersumbat dan menimbulkan jerawat. So, sebaiknya pilihlah lipstik jenis liptint atau lipstick matte powder.

 

Beri Loose Powder Sebagai Base

Sebelum mengaplikasikan lipstick di pipi, kamu bisa lebih dulu mengaplikasikan loose powder dengan cara di tepuk-tepuk tipis. Ini penting, sebab loose powder ini akan menjadi base atau pelindung kulitmu biar nggak kelihatan oily saat lipstick diaplikasikan ke pipi.

Nggak cuma itu, base dari loose powder ini juga melindungi kulitmu biar nggak langsung terpapar bahan-bahan lipstik. Setelah itu kamu juga bisa menambahkan lagi sedikit bedak jenis apapun untuk memberi kesan natural.

 

Cuci Muka Serbersih Mungkin

Setelah pemakaian kosmetik apapun termasuk blush on lipstick, kamu wajib membersihkan wajah sebersih mungkin. First, bersihin wajahmu pakai make up remover atau micellar water. Setelah make up terangkat bersihkan wajah dengan facial wash. Kalau bisa yang ada scrubnya untuk membersihkan pori-pori. Setelah itu keringkan wajahmu dan bersihkan lagi dengan milk cleanser atau toner.

 

Selamat mencoba!

 

Editor: Bogiva

Share
Create Your Own Article!