Zetizen.com - Awal minggu lalu, Google akhirnya resmi merilis seri android terbarunya. Dan seperti yang udah banyak dirumorkan sebelumnya, seri terbaru OS smartphone paling populer di dunia ini ternyata benar-benar dinamai Oreo.

Seperti Android 4.0 KitKat sebelumnya, Penggunaan nama Oreo ini jelas menunjukkan kalau OS satu ini punya kerjasama khusus dengan biskuit manis yang namanya udah terkenal di seantero jagat itu. Jadi nggak salah kalau Google pun menyematkan banyak fitur baru yang unik di OS terbaru mereka ini.

(foto: the android lockup)

Logo Baru

Dibuat dengan nama Oreo, si robot hijau Android kali ini punya tampilan baru yang unik banget. Kalau biasanya badannya cuma berbentuk kotak berwarna hijau, logo baru Andorid 8.0 bakal membuat si robot punya badan bulat yang bentuknya persis biskuit Oreo. Selain itu si robot hijau ini juga bakal memakai jubah yang membuat penampilannya jadi semacam jagoan gitu deh. Nantinya, bentuk logo ini juga bakal jadi standar emoji baru di fitur-fitur messaging.

 

(foto: arstechnica)

Pusat Notifikasi yang Makin Variatif

Fitur notifikasi yang elegan emang udah selalu jadi keunggulan platform OS Android. Nggak salah kalau pusat notifikasi di Android Oreo juga dapet banyak fitur baru yang memudahkan kamu buat mengatur semua notifikasi yang masuk. Diantaranya, perubahan tata letak icon, penambahan fitur drop down panel, sampai section bernama 'By the Way' buat notifikasi yang lumayan penting.... tapi nggak penting-penting amat gitu deh...

 

(foto: androidauthorities)

Floating Window!

Kalau di beberapa versi android sebelumnya kamu udah pernah dikenalkan sama fitur split screen, maka di Android 8.0 ini kamu bakal menemukan fitur baru berbentuk floating window. Dengan memakai fitur ini, kamu nggak perlu lagi bingung waktu mau multi tasking sambil nonton video. Fitur floating window bikin video bakal ditarik kedalam jendela kecil yang bisa kamu pindah-pindah di layar hp mu. Sementara itu, kamu bebas membuka berbagai aplikasi lain di belakangnya. Keren kan?

 

Lebih Irit Memori, Cepat, dan Stabil

Nggak bisa dimungkiri, salah satu penyebab orang suka memakai produk Apple adalah karena OS nya cepat, efisien, dan stabil banget. Nah, kali ini, Android nggak mau kalah dengan predikat itu. Dengan mengusung struktur sistem OS baru, Android 8.0 punya segudang trik buat menjadikan smartphone mu berjalan se-efisien mungkin. 

Salah satunya, dengan sistem kontrol background application yang lebih pintar dan manajemen memori yang lebih efektif. Menurut statement peluncuran resmi dari Google, hal ini bisa meningkatkan daya tahan baterai smartphone-mu beberapa kali lipat loh!

(foto: androidauthorities)

Tampilan Ikon yang Variatif dan Kece

Pernah nggak, waktu kamu pengin ganti tema, tampilan smartphone mu mahal jadi absurg gara-gara icon yang bentuknya jadi terpotong-potong atau warnanya nggak sesuai? Nah, sebagai OS pintar yang dirancang buat semua kalangan, Android 8.0 punya trik baru buat mengatasinya. 

Di OS ini, icon-icon bawaan dari Android bakal lebih adaptif alias bisa menyesuaikan bentuk dan warna sesuai tema yang dipasang. Selain itu, proses kostumisasi elemen tampilan juga jadi lebih gampang berkat fitur-fitur kostumisasi baru yang disematkan oleh Google.

 

Caption

Lebih Simple, Sekaligus Lebih Powerful

All and all, kayak biskuit yang jadi namesake-nya, Android 8.0 Oreo ini digadang-gadang bakal jadi android "dengan perbaikan fundamental sistem" yang diciptakan supaya cocok dinikmati oleh segala jenis pengguna.

Sayangnya, sampai saat ini Android 8.0 Oreo ini baru di rilis untuk handset buatan Google kayak Nexus dan Pixel. Jadi, buat pengguna smartphone lainnya, kayaknya kita masih harus nunggu lebih lama nih. Yang sabar ya!

Share
Create Your Own Article!