Foto : Shutterstock

Selamat hari raya Idul Adha!

Zetizen.com - Hari raya Idul Adha alias hari raya kurban selalu identik sama yang namanya menu-menu daging kambing dan sapi yang lemak dan kolesterolnya tinggi. Sebagai anggota keluarga yang baik, nggak mungkin juga kan kita mau nolak ajakan makan masakan daging-dagingan yang sebenernya emang enak banget itu?

Makanya, buat kamu yang emang concern sama kesehatan badan kamu dan nggak mau sampai menimbun kolesterol tiap lebaran haji ini berlangsung, buah-buahan berikut ini bisa bantu proses dietmu itu.

 

Foto : Tips sekitar kita

JERUK NIPIS

Pernah penasaran kenapa di warung-warung makan tradisional seringkali ada air kobokan yang dikasih potongan jeruk nipis? Nah, jawabannya adalah karena jeruk nipis ternyata punya kandungan yang bisa menyerap dan mengikat lemak dari makanan yang menempel di tangan kita.

Makanya, segelas sari jeruk nipis hangat bisa jadi salah satu solusi buat kamu yang pengin makan daging tapi masih berusaha menghindari efek negatif dari lemak dan kolesterolnya. Ohiya, jeruk nipis juga dipercaya berkhasiat buat membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh, loh!

 

Foto : My ghillie

ANGGUR MERAH

Bukan, bukan anggur merah jenis minuman alkohol yang sering muncul di berita kriminal itu. Anggur merah ini maksudnya benar-benar buah anggur yang warnanya merah.

Dalam buah anggur terrdapat senyawa yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan pembulu darah, mencegah pembekuan darah, mengurangi resiko penyakit jantung dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).

Anggur juga mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk penderita kolesterol LDL. Beda dengan jeruk nipis yang harus di olah jadi minuman sehat, kamu bisa makan anggur secara langsung setelah selesai mengkonsumsi daging kambing.

  

Foto : Blogger

JAMBU MERAH

Jambu merah biasa di sajikan dalam bentuk jus yang selalu bisa jadi andalan saat haus dan melepas dahaga. Kandungan yang ada pada buah jambu merah sama seperti jeruk nipis, yaitu flavonoid yang sudah di percaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Selain flavonoid, jambu merah juga mengandung banyak vitamin C dan E. Banyak penelitian mengatakan konsumsi jus jambu merah selama 2 bulan mampu menurunkan kolesterol sebanyak 52,64% dari total kadar kolesterol dan dapat menurunkan 82,23% LDL. Lumayan besar banget nih khasiatnya.

 

Foto : Blogspot

TOMAT

Mau dipakai jadi pelengkap masakan, dibuat jus, atau dimakan langsung, Tomat rasanya selalu enak dikonsumsi. Enaknya lagi, vitamin yang terkandung dalam buah tomat bener bener banyak dan bermanfaat bagi tubuh.

Kalau untuk menurunkan kolesterol jahat, buah tomat punya kandungan likopen yang berfungsi menurunkan penumpukan kolesterol jahat. Kandungan likopen tersebut akan lebih keluar kalau buah tomat di masak terlebih dahulu.

Nggak Cuma menurunkann kolesterol, menurut beberapa penelitian tomat juga bisa mengurangi resiko penyakit kanker, penyakit jantung, peradangan sampai sakit mata. Bener-bener kayak wonder drug ya buah yang satu ini!

 

Timun (foto: blogspot)

TIMUN

Mirip kayak Tomat, buah yang rasanya segar banget ini juga punya seribusatu khasiat buat kesehatan tubuhmu. Timun memiliki kandungan vitamin K yang sangat tinggi plus berbagai mineral lain kayak zat besi dan anti oksidan yang bagus buat membersihkan tubuhmu dari racun-racun.

Selain itu, timun juga dikenal bagus buat menurunkan kolesterol dan resiko penyakit jantung. Soalnya, buah ini memiliki kandungan lignin yang bisa membantu mengikat dan membuang kolesterol jahat dari makanan yang kamu makan.  

 

Editor: Bogiva

 

 

  

 

 

 

 

 

 

Share
Create Your Own Article!