Are You a Zetizen?
Show Menu

Lupakan Dulu Wonder Woman, Indonesia Punya Sederet Superhero Wanita Keren Ini!

Nourma Vidya Nourma Vidya 27 May 2017
Lupakan Dulu Wonder Woman, Indonesia Punya Sederet Superhero Wanita Keren Ini!

Zetizen.com – Waktu dengar kata superhero wanita, mungkin langsung terbayang sosok-sosok pahlawan kayak Wonder Woman atau Supergirl. Nggak heran sih, secara, mereka semua itu emang tokoh ikonik yang punya sejarah panjang di dunia komik sampai kartun superhero

Tapi tahu nggak sih, kalau sebenarnya, Indonesia juga punya banyak karakter superhero wanita yang nggak kalah keren dari superhero bule tadi. Malah, karena berasal dari Indonesia, tokoh-tokoh ini punya nama dan kekuatan yang.... Indonesia banget lah pokoknya. Nggak percaya? Nih lihat!

Sri Asih

Sri Asih

Sri Asih, superhero wanita pertama asli Indonesia (Planetsuperhero)

Dibuat oleh bapak komikus Indonesia,  R.A Kosasih, Sri Asih bisa dibilang merupakan Wonder Womannya Indonesia. 

Nggak salah sih, sebab dalam pembuatannya, R.A Kosasih emang terinspirasi dari tokoh populer karya William Moulton Marston itu. Dan karena udah dibuat sejak tahun 1953, Sri Asih juga menjadi superhero wanita pertama di Indonesia.

Penampilan Sri Asih sendiri kelihatan Indonesia banget dengan balutan kebaya, kain batik dan selendang. Tapi jangan salah, dibalik penampilannya yang sederhana itu, kekuatan-kekuatan super kayak terbang, kebal peluru, sampai mampu menggandakan diri dimiliki oleh sosok satu ini. Keren, kan?

Santini

Santini

Jagoan satu ini punya kemampuan mendengar yang luar biasa! (Twitter)

Diciptakan oleh Gerdi W.K pada tahun 1974, Santini digambarkan sebagai sosok superhero yang punya banyak kemampuan. Bisa terbang, kebal peluru, dan yang paling spesial, punya pendengaran luar biasa peka. Kemampuan itu penting banget buat mengalahkan musuh utamanya, Serigala Hitam dan Gerombolan Kawa-Kawa.

Sebelum jadi superhero, Santini awalnya adalah cewek biasa bernama Shanti. Namun hidupnya berubah sejak ia mendapat kekuatan super dari sesosok alien misterius. Seru banget kan? Nggak heran kalau komik serial Santini termasuk yang paling laris di kalangan penggemar komik superhero Indonesia. 

Merpati

Merpati

Awalnya karakter ini adalah cewek biasa yang berprofesi sebagai wartawati (Catatannyasiboy)

Muncul dalam komik klasik Indonesia, serial Gundala, Merpati termasuk sosok superhero wanita terhebat yang dimiliki Indonesia. Tokoh ini diciptakan komikus bernama Hasmi, dan muncul pertama kali dalam seri ‘Gundala Sampai Ajal’ di tahun 1976.

Punya kemampuan terbang dan bela diri, Merpati awalnya diceritakan sebagai sosok wartawati biasa bernama Sedah Hesti Wulan. Saat berusaha menyelamatkan ayahnya dari penculikan, dia malah jatuh ke jurang dan diselamatkan oleh segerombolan merpati yang membawanya pada Ratu Doves. Oleh Ratu Doves inilah dia kemudian diberi kekuatan super sekaligus tugas untuk menyelamatkan dunia.

Saras 008

Saras 008

Anak 90-an pasti akrab sama superhero satu ini (Twitter)

Nah kalau sosok superhero yang satu ini, pasti akrab banget deh di kalangan anak-anak 90-an. Punya slogan, ‘Saras Pahlawan Kebajikan’, serial satu ini emang pernah jadi salah satu acara populer di TV Indonesia.

Ceritanya, Saras awalnya adalah seorang cewek pecinta kucing bernama Saraswati. Tapi, setelah kucing kesayangannya mati, dia malah secara ajaib dapat kekuatan super. Dari situ lah ia mulai menemukan sisi jahat dunia dan beruaha memberantasnya dengan bantuan berbagai tokoh-tokoh unik yang nggak kalah keren buat diikuti ceritanya.

Valentine

Valentine

Belum ada kepastian kapan film Valentine bakal jadi ditayangkan (montasefilm)

Diciptakan oleh salah satu perusahaan komik Indonesia, Skylar Comics, Valentine bisa dibilang sebagai superhero wanita modern yang dimiliki Indonesia.

Karakter ini diciptakan oleh Sarjono Sutrisno dan Aswin M.C, dan terbit pertamakali tahun 2014. Dibanding superhero lain, Valentine sendiri pernah mendapat sorotan lebih karena akan jadi tokoh superhero pertama yang difilmkan. Bahkan, film yang semula rencana ditayangkan pada Desember 2016 ini udah punya trailer yang dipamerkan di ajang Popcon Asia 2015. Sayangnya, sampai sekarang belum ada kepastian lagi kapan film ini bakal benar-benar dirilis. 

Melati Kusuma alias Komodo

Melati Kusuma alias Komodo

Salah satu adegan Komodo aka Melati Sukma di komik Marvel (Pinterest)

Siapa sangka, diantara jajaran superhero bule nya Marvel, ternyata ada satu tokoh yang punya nama, dan diceritakan berasal dari Indonesia.

Nggak main-main, karakter bernama Melati Sukma ini pertama kali muncul di komik The Avenger : Initiative.

Sosok superhero Melati Sukma terinspirasi dari hewan endemik asli Indonesia, Komodo. That’s why, kode penggilan buat sosoknya pun disebut sebagai Komodo. Widiih, Indonesia juga bisa menginspirasi dua komikus Marvel, Stefano Caselli dan Dan Scott, ya!

Sekarang percaya kan kalau superhero wanita Indonesia juga nggak kalah keren. Kamu paling suka yang mana nih?

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article