Are You a Zetizen?
Show Menu

11 Fakta di Balik Coachella, Festival Musik Paling Populer di Dunia

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 20 Apr 2017
11 Fakta di Balik Coachella, Festival Musik Paling Populer di Dunia

Zetizen.com Coachella Valley Music and Arts Festival menjadi salah satu festival musik paling populer di dunia. Berlokasi di California, Amerika, setiap tahun pengunjung yang datang nggak cuma orang Amerika aja. Tahun ini selebgram Anastasia Siantar juga datang lho! Sebenarnya, apa sih yang bikin Coachella sangat populer? Dan apa yang bikin Coachella 2017 beda dari tahun-tahun sebelumnya?

Coachella Rugi Besar pada Tahun Pertama

Dibentuk oleh Paul Tollett dan Rick Van Santen, Coachella pertama kali diselenggarakan pada 1999. Mengusung Beck, Tool, The Chemical Brothers, dan bahkan Morrisey sebagai headliner (artis utama), berbagai perlengkapan spektakuler disiapkan. Sayangnya, jumlah pengunjung nggak banyak. Coachella pun rugi sebesar USD 800 ribu atau sekitar Rp 6,4 milyar (kurs saat itu Rp 8 ribu).

Founder <a href= Coachella Paul Tollett dan Skrillex 2014" width="1200" />
Skrillex dan Paul Tollett di Coachella 2014 (Foto: Nest HQ)

Setiap Tahun, Banyak Polisi Dikerahkan

California adalah kota kecil dengan jumlah penduduk sekitar 40 ribu. Jadi, saat ada festival musik besar, banyak orang mabuk-mabukan datang dan bahkan mengkonsumsi narkoba! Oleh karena itu, polisi selalu siap siaga. Pada 2013, mereka menangkap 90 orang!

Tiket Selalu Habis Terjual Sejak 2004

Tahun 2004 merupakan tahun kejayaan pertama Coachella. Semua tiket ludes terjual dengan mengusung radiohead sebagai headliner. Semakin lama, tiket Coachella semakin cepat terjual. Buktinya, tahun ini tiket Coachella habis dalam beberapa jam aja. Sekarang, Coachella bisa mendapat keuntungan sampai USD 40 juta tiap tahun lho!

Radiohead <a href= Coachella 2004" width="1200" />
Radiohead di Coachella 2004 (Foto: Las Vegas Weekly)

Membeli Lahan demi Penyelenggaraan Tahunan

Awalnya, Coachella menyewa tanah di Empire Polo Club, California. Saking suksesnya, akhirnya penyelenggara membeli tanah seluas 113 hektar yang meliputi wilayah Eldorado Polo Club, Triangle Bar Farms, Fish Creek, dan Ambassador Glen Holden's property.

Seni Instalasi Luar Biasa

Sebagai festival musik dan seni, Coachella selalu menghadirkan seni instalasi menarik. Mulai dari ukuran kecil sampai ukuran raksasa.

Art Installation <a href= Coachella 2015" width="1200" />
Coachella 2015 (Foto: amazonaws)

 

Art Installation <a href= Coachella 2016" width="1200" />
Coachella 2016 (Foto: Huffington Post)

Usung Beragam Genre

Coachella Valley Music and Arts Festival bergeser dari festival musik rock ke pop dan hip-hop, lalu EDM (beberapa akhir tahun ini). Berlangsung lebih dari seminggu (14–23 April 2017), Coachella penuh dengan line-up besar beragam genre. Dibagi dalam beberapa panggung, nggak heran kalau pengunjung nggak pernah bosan.

Jadi Tempat Hangout Artis Hollywood

Selain sajian musik dan instalasi seni, inilah yang bikin Coachella semakin populer. Yap, siap-siap bertemu Kendall Jenner, Selena Gomez, atau bahkan Justin Bieber waktu pindah dari panggung satu ke panggung lain.

Selena Gomez dan The Weekend di <a href= Coachella 2017" width="400" />
Selena Gomez dan The Weeknd Kepergok Pacaran!
Katy Perry di <a href= Coachella 2017" width="380" />
Katy Perry dan Desainer Jeremy Scott

Vanessa Hudgens sebagai The Queen of Coachella

Mantan pemain film High School Musical ini nggak pernah absen dari Coachella. Tapi, yang selalu dinanti adalah fashion-nya. Vanessa selalu datang dengan gaya hobo chic yang khas dan totalitas.

Vanessa Hudgens The Queen of Coachella
Vanessa's fashion Revolution at Coachella

Lady Gaga jadi Headliner Cewek Setelah 10 Tahun

Sejak pertama dibentuk, Coachella selalu punya headliner cewek. Tapi, Bjork jadi headliner cewek terakhir pada 2007. Setelah sepuluh tahun, akhirnya tradisi itu kembali dengan lady gaga setelah Beyonce berhalangan hadir karena hamil.

Menjadi penampilan paling ditunggu, Gaga ternyata tampil mengejutkan! Setelah membawakan Bad Romance dan Telephone yang diaransemen ulang dengan sentuhan EDM, dia menyanyikan single terbarunya, The Cure.

Lady Gaga Tampil di <a href= Coachella 2017" width="1200" />
Penampilan Gaga di minggu pertama Coachella 2017 (Foto: buzzbands)

Kendrick Lamar jadi Musisi Rap Pertama Coachella

Coachella memang belum pernah dijamah musik rap. Tahun ini, Kendrick Lamar memecahkannya sebagai penyanyi rap pertama yang tampil di Coachella. Dengan aransmen lebih lambat dan sedikit jazzy, Kendrick membuat penonton terbius dengan lagu andalannya.

Kembalinya Lorde Setelah Vakum 3 Tahun

Lorde alias Ella hiatus dari industri musik sejak 2013. Setelah merilis single baru Green Light dan Lialibility, fans akhirnya bisa menikmati aksi panggung Lorde berkat Coachella.

Lorde di <a href= Coachella 2017" width="1200" />
Lorde tampil di hari ke-3 Coachella 2017 (Foto: Billboard)

Menarik kan? Tenang, Coachella belum berakhir kok! Kamu bisa menonton live streaming-nya di YouTube. Pastikan kamu tahu kapan musisi favoritmu tampil ya. Dan jangan lupa sesuaikan dengan waktu di California. Selamat menikmati.

 

Sumber: Elite Daily, Hello Giggles | Editor: Ratri Anugrah

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article