Are You a Zetizen?
Show Menu

Perubahan Style Fashion Hip-Hop Dari Masa Ke Masa

Perubahan Style Fashion Hip-Hop Dari Masa Ke Masa

Zetizen.com- Jaman sekarang Hip-hop bukan hanya menjadi suatu genre musik saja. Tapi, juga berkembang menjadi sub culture tersendiri. Meski terlahir dari gaya jalanan, sekarang genre ini semakin banyak penggemarnya, loh. Bahkan nggak cuma musiknya, fashion-nya pun menjadi daya tarik. Berawal dari yang ciri khas menggunakan topi dan atasan kasual. Hingga akhirnya berkembang menjadi suatu lifestyle tersendiri. Gimana sih gaya ala Hip-hop dari masa ke masa?

 

Style 1970s

style <a href= Hip-hop tahun 70an" width="800" />
Bomber jaket dan kalung bling-bling jadi ciri khas tahun 70an (foto: Culturecreature)

 

Pada sekitar 70an, genre Hip-hop dibawa dari sudut jalanan. Memiliki gaya klimis ala gangstar, ditambah aksesoris yang serba bling-bling menjadi ciri khasnya. Awalnya Hip-hop digunakan sebagai bentuk protes orang kulit hitam akibat kesenjangan sosial. Dari awal, aksesoris topi dan jaket bomber sudah menjadi fashion item yang nggak boleh terlewatkan. 

 

Style 1980s

Warnanya colourful banget, ya! (foto: Pinterest)

 

Era ini Hip-hop semakin booming. Hadirnya B-boy dan B-girl (breakdance) membuat Hip-hop memiliki statement tersendiri pada fashion-nya. Salah satu yang menjadi ciri khasnya ada pada tracksuit. Outfit berbahan fabric ini pada waktu itu banyak dibuat oleh Gucci dan Louis Vuitton.  Kedua brand besar tersebut langsung terbranding sebagai acuan fashion hip-hop. Warnanya pun dipilih cukup colourfull. Sebab, mereka memang ingin mencuri perhatian lewat breakdance. Pada era ini juga, Hip-hop mulai bergabung dengan budaya pop. 

 

Style 1990s

Style 90-an tetap banyak idolanya hingga sekarang (foto: escritoresnicaragua)

 

Pada era ini, gaya fashion hip-hop semakin umum digunakan. Ini bermula dari project yang dibuat oleh Daymond John bernama FUBU (For Us By Us). Salah satu yang terkenal pada era ini adalah munculnya jenis jeans dengan cutting uptown. Topi berjenis snapback pun juga ikut menjadi fashion item wajib dimiliki rapper ataupun dancer. Btw, style ini masih menjadi favorit hingga sekarang, loh!

 

Style 2000s

Salah satu icon fashion Hip-hop yaitu Kanye West (foto : The Sole Supplier)

 

Memasuki era millennium, banyak brand mulai menjadikan beberapa pelaku musik Hip-hop sebagai brand ambassador produknya. Hal itu bisa terlihat dari booming-nya sneaker dalam komunitas rapper, skeate board, ataupun street art. Salah satu yang membuat tren saat Kanye West berkolaborasi dengan Louis Vuitton untuk membuat sneaker. Selain itu ada pula musisi dan produser musik, Pharrell Williams yang juga berkerjasama dengan Vuitton. Keduanya merilis konsep aksesoris berupa kalung. Kalung bentuk rantai tersebut langsung menjadi item fashion Hip-hop yang mahal. 

 

Style 2010-Now

Style ini mulai bercampur dan dipakai untuk daily (foto: Alphacoders)

 

Makin kesini, outfit Hip-hop mulai sedikit kehilangan ciri khasnya. Sebab, gaya ini makin bercampur dengan style fashion lain. But, beda untuk aksesoris khususnya sepatu. Cukup banyak brand yang membranding musisi Hip-hop seperti Nike Air Maxes yang dikenakan Eminem, Air Jordan yang dipakai Jay Z, dan Converse yang dikenakan Wiz Khalifa. Outfit untuk cewek pun nggak hanya bermain dengan warna. Tapi juga bermain dengan statement pada pakaiannya, contohnya brand Anti Social-Social Club.

So, mana gaya Hip-hop kesukaanmu? Kalau kamu mau tau mengenai musik dan juga gaya Hip-hop lebih jauh, jangan lupa baca balaman Zetizen besok (18/4), ya!

 

Source : The guardian, highsnobiety, love to know, the 5th element magz

Editor: Fanny Kurniasari

RELATED ARTICLES

Please read the following article