Are You a Zetizen?
Show Menu

Sosok Di Balik Suara Karakter Kartun Favoritmu

Nourma Vidya Nourma Vidya 06 Apr 2017
Sosok Di Balik Suara Karakter Kartun Favoritmu

Zetizen.com – Saat nonton kartun, pernah nggak kamu terkesan sama suara-suara khas dari setiap karakter? Well, we gotta thanks dubber artist for they job. Penasaran nggak sih sama sosok-sosok di balik suara karakter populer favoritmu? Yuk, kita kenalan dengan para dubber berikut ini!

Doraemon

24 tahun jadi pengisi suara Doraemon, keren! (Foto : akibanation)

‘Hey, baling-baling bambu!’ Kalau mendengar kalimat itu, pasti dong langsung terbayang karakter robot kucing biru alias Doraemon. Yap, kartun yang diangkat dari manga karangan Fujiko F. Fujio ini emang jadi tontonan favorit hampir semua kalangan. Uniknya, meski udah puluhan tahun menghiasi layar kaca Indonesia, suara karakter Doraemon yang khas sama sekali nggak berubah! 

Psst, ternyata sosok dubber di balik karakter Doraemon masih sama sejak kemunculan pertamanya di Indonesia. Adalah Ibu Nurhasanah, wanita yang selama hampir 24 tahun setia menjadi pengisi suara si robot kucing. Ibu Nurhasanah udah menggeluti dunia dubbing sejak tahun 1982, tepatnya dengan menjadi pengisi suara sandiwara radio. Baru pada tahun 1993, Nurhasanah bergabung menjadi pengisi suara karakter Doraemon dan bertahan hingga sekarang. Such a legend!

SpongeBob and Friends

Ternyata ini toh yang menciptakan suara khas Spongebob (Foto : Twitter)

Satu lagi kartun fenomenal yang punya banyak penggemar di Indonesia. Yap, apalagi kalau bukan cerita kehidupan bawah laut dalam kartun SpongeBob SquarePants. Karakter-karakter seperti Spongebob, Squidward, dan Patrick pun jadi lekat banget di hati penonton. Apalagi dengan suara mereka yang super khas. Bikin kita penasaran deh siapa saja sosok dubber yang ada di baliknya.

Ini nih pengisi suara Patrick (Foto : madeinanime)

Pengisi suara Spongebob yang identik dengan suara tawa cemprengnya ini, ternyata adalah seorang pria bernama Ade Kurniawan. Ade udah menggeluti dunia dubbing sejak tahun 1995. Sedangkan dibalik suara Patrick si bintang laut, ada sosok yang punya banyak kemiripan dengan Patrick itu sendiri, loh. Dia adalah Darmawan Susanto. Pria kelahiran tahun 1972 yang punya tubuh tambun ini, rupanya sama-sama suka makanan manis seperti karakter Patrick.

 

Selain Squidward, Pak Jumali juga jadi dubber Shaggy di Scooby doo loh (Foto : Twitter)

Bagaimana dengan karakter Squidward? Ternyata, pengisi suara Squidward  adalah Jumali Prawirorejo, yang merupakan dubber  paling senior di antara karakter SpongeBob lainnya. Dia udah malang melintang sebagai pengisi suara sinetron dan kartun anak sejak tahun 1991. Keren ya, bisa menciptakan karakter suara super khas kayak gitu!

 

Naruto

Sosok di balik suara naruto dan banyak karakter populer lain (Foto : Twitter)

Hayo, siapa yang suka nonton kehidupan ninja hiperaktif bernama naruto di Desa Konoha? Hihi, kalau kamu termasuk penggemar Naruto, pasti udah hafal banget dong sama suara khasnya. Guess what, ternyata sosok pengisi suara di balik karakter naruto Uzumaki justru adalah seorang cewek, loh!

Yap, dia adalah Hana Bahagiana. Wanita kelahiran 17 Juni 1971 yang udah senior juga di dunia dubbing Indonesia. Saking profesionalnya, Hana juga jadi sosok di balik suara khas banyak karakter populer lain. Sebut aja Monkey D. Luffy di serial One Piece, Koujiro Hyuga di serial Captain Tsubasa, Boots di kartun Dora The Explorer, hingga karakter burung bersuara super khas Woody Woodpecker. Wiih, satu orang ternyata bisa ya menciptakan suara khas sebanyak itu. Truly talented!

 

Masha and The Bear

Alina Kukushkina, sama menggemaskannya dengan Masha (Foto : rocksfull)

Siapa yang nggak suka karakter menggemaskan Masha di serial Masha and The Bear. Serial asal Rusia ini emang termasuk salah satu kartun yang tetap ditayangkan dengan bahasa aslinya, meskipun udah masuk di TV lokal. Nggak heran, kalau kita suka penasaran sosok di balik terciptanya suara berbahasa Rusia yang cerewet itu.

Ternyata, sosok di balik suara Masha sama-sama menggemaskan loh! Suara khas Masha yang terdengar lucu diisi oleh Alina Kukushkina. Lahir di Moskow pada 26 September 2001, Alina terpilih jadi pengisi suara Masha sejak tahun 2009. Kepopuleran serial Masha membuat karir Alina di bidang pengisi suara pun semakin melejit. Bahkan, di tahun 2010 dia juga didapuk jadi pengisi suara Agnes di film Despicable Me versi Rusia, loh.

Mau tau mengenai profesi dubber lainnya? Jangan lupa Baca halaman Zetizen besok (6/4), ya!

Editor: Fanny Kurniasari

RELATED ARTICLES

Please read the following article