Are You a Zetizen?
Show Menu

Perkembangan Fashion Lace Dari Masa ke Masa

Amanda Bestari Amanda Bestari 09 Mar 2017
Perkembangan Fashion Lace Dari Masa ke Masa

Zetizen.com - Sejak lama, pakaian berbahan dasar lace alias kain renda emang udah jadi salah satu trend di dunia fashion. Tapi, zaman sulu lace hanya bisa digunakan oleh kaum bangsawan. Salah satunya jadi outfit andalan keluarga kerajaan Inggris. Yuk, kita liat perkembangan gaya pakaian lace ini dari zaman kerajaan hingga outfit masa kini.

Ratu Victoria yang pertama kali mempopulerkan Lace pada 1897 (foto: theguardian.com)

Abad ke-19

Sejarah lace udah berkembang sejak abad ke-19. Di masa ini, trend Lace dipopulerkan oleh Ratu Victoria yang sering mengenakannya dalam berbagai kesempatan. Mulai dari gaun super mewah khas perhelatan kerajaan, hingga gaun-gaun yang lebih sederhana. Meskipun begitu, awalnya pakaian berbahan lace ini justru identik dengan suasana duka dan sering digunakan oleh para janda, loh.

 

Dancer Edmoyende at the Moulin Rouge in Paris in 1926 (foto: theguardian.com)

Abad ke-20 (Awal-Pertengahan)

Pada awal abad 20, trend Lace sempat mengalami penurunan. Sebab dianggap kuno dan identik dengan taplak meja atau korden rumah. Tapi, di pertengahan abad ini lace kembali jadi trend karena pengaruh beberapa public figure. Sebut aja Queen Elizabeth II yang kedapatan memakai lemon Lace two-piece dalam sebuah cocktail party di tahun 1959.Dan jug aktris Grace Kelly yang mengenakan gaun lace di pernikahannya pada tahun1956.

 

Lady Diana at her wedding 1985 (foto: theguardian.com)

Abad ke-20 (Akhir)

Di masa ini, lace Outfit masih menjadi pilihan para wanita keluarga kerajaan Inggris. Kali ini, diwakili oleh Princess of Wales alias Lady Diana. Lady Diana kedapatan memakai gaun lace ke sebuah acara dinner di Washington pada 1985. Di masa ini pula, penyanyi Madonna sempat membawa trend baru dalam sejarah lace dengan gaya-gaya yang lebih funky dan youthful. Style lace ‘gaul’ ala Madonna ini bahkan terbukti diikuti hampir 94% gadis remaja di dunia pada masa itu, loh.

 

Kate Moss at Louis Vuitton's Spring 2012 show in Paris (foto: theguardian.com)

Abad-21

Di abad-21 pun keluarga Kerajaan Inggris menjadi salah satu kreator lace Outfit trend. Yep, apalagi kalau bukan melalui gaun minimalis tapi elegan yang sempat hypes dibicarakan dalam pernikahan Kate Middleton dan Prince William. Lace Outfit juga mulai ditampilkan oleh brand high fashion dalam koleksi mereka. Misalnya pada koleksi Prada’s Fall/ Winter 2008-2009, juga Louis Vuitton’s Spring 2012 fashion show yang mengangkat tema Broderie Anglaise. Hal ini jadi salah satu hint kalau trend Lace masih bakal bertahan dan nggak lekang oleh zaman.

 Mau tau mengenai trend lace lainnya? Jangan lupa baca Zetizen Jawa Pos besok (9/2), ya!

Editor: Fanny

RELATED ARTICLES

Please read the following article