Are You a Zetizen?
Show Menu

Ini 4 Makanan yang Harus Kamu Hindari pada Jam Istirahat

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 21 Jan 2017
Ini 4 Makanan yang Harus Kamu Hindari pada Jam Istirahat

Zetizen.com – Dalam kegiatan apapun, jam istirahat emang selalu jadi waktu yang ditunggu-tunggu. Nggak heran, sebab selain jadi waktu break dan refreshing sejenak, jam istirahat ini adalah kesempatan kamu buat mengisi kembali perut yang udah lapar. But wait! Karena setelah istirahat kamu masih harus berkegiatan lagi, ada baiknya hindari makanan-makanan berikut ini di jam istirahatmu.

 

foto: blogspot 

Nasi Bungkus

Emang sih, nasi bungkus rasanya jadi pilihan paling tepat buat mengisi perut lapar di jam istirahat yang singkat. Tapi, ternyata ada beberapa komposisi nasi bungkus yang meskipun mengenyangkan, justru bisa bikin kamu nggak fokus setelah makan. Misalnya, nasi bungkus yang memiliki kandungan overkarbohidrat. Biasanya, karbohidrat berlebih itu datang dalam bentuk nasi super banyak plus mie goreng dan sambal kentang yang super lezat.

Emang sih, kamu bakal cepat kenyang. Tapi, nggak lama setelahnya, dijamin kamu bakal mulai mengantuk dan nggak fokus melanjutkan kegiatanmu. Nahloh. That's why, Sebisa mungkin, seimbangkan porsi nasi bungkus mu dengan kebutuhan karbohidrat tubuh ya. Psst... mengurangi karbohidrat berlebih ini juga punya efek jangka panjang yang bagus loh buat kesehatan.

 

(foto: beanbox)

Kopi

Kadang, kopi jadi hal pertama yang terlintas di pikiran saat mengantuk. Nggak salah sih, soalnya zat kafein pada kopi emang udah terkenal manjur buat mengobati rasa ngantuk yang nggak mau hilang. Tapi, kamu juga harus tahu kalau selain bikin mata nggak ngantuk, kopi juga berpotensi besar bikin kamu mules. FYI nih guys, selain bikin otak 'menyala' dan menghilangkan kantuk, Kafein juga akan merangsang pencernaan kita untuk ikut aktif. Alhasil kamu akan pingin BAB setelah mengkonsumsi kopi. Kan nggak nyaman tuh rasanya asik-asik berkegiatan tapi keganggu mules.

 

(foto: Wordpress)

Jajanan Asin

Siapa sih yang nggak suka makan makanan ringan kayak snack-snack yang katanya nggak sehat tapi rasa gurihnya nagih itu? Malah, kayaknya nggak jarang deh uang jajan habis cuma gara-gara beli keripik kentang, snack jagung, dan makanan ringan lain. Alasannya sih, makanan ini bikin cepat kenyang dan harganya murah. Tapi sadar nggak sih, dalam waktu yang lebih lama, ternyata makanan kaya gini justru malah bikin kamu tambah laper. Menurut Mitzi dulan, salah satu nutrisionis dari American Nutrisionist Expert, hal itu disebabkan sifat makanan ringan kayak gitu yang tergolong dalam fast carbo. Meski emang cepat bikin kamu 'merasa' kenyang, fast carbo ini ternyata juga cepat bikin kamu lapar lagi. Alhasil, belum lama setelah makan, kamu bakal ngerasa lapar lagi waktu kembali beraktivitas. Repot kan?

 

foto: Wordpress

Makanan Pedas

Jujur aja nih, ketika beli bakso, kalian beli bakso di sambelin atau sambel di baksoin? Emang sih makan bakso super pedas itu rasanya enak banget. Tapi hati-hati, sebab, jam-jam sekolah itu rawan terjadi hal yang nggak-nggak. Misalnya, kamu ternyata terlalu banyak mengambil sambal sampai akhirnya sakit perut. Nah, jadi repot kan kalau bukannya kenyang dan santai, kamu malah jadi panas dingin menahan sakit perut. Inget guys, toilet sekolah biasanya nggak ada sabun. Belum lagi kebiasaan anak-anak iseng yang sering gangguin murid di toilet. Wah, pokoknya jangan sampai deh kepedesan di sekolah. ayahab bro!

 

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article