Are You a Zetizen?
Show Menu

5 Kota dengan Perayaan Tahun Baru Imlek Terbaik di Dunia

Fahri Syadia Fahri Syadia 19 Jan 2017
5 Kota dengan Perayaan Tahun Baru Imlek Terbaik di Dunia

Zetizen.com - Tahun Baru Imlek semakin dekat. Hal itu ditandai dengan semakin banyaknya penampilan Barongsai dan liang long di sekitar kita. Tapi, tahukah kamu? Di negara lain, perayaan Tahun Baru Imlek bisa lebih heboh lagi. Misalnya, di 5 kota dengan perayaan Tahun Baru Imlek terbaik di dunia berikut ini. Yuk, masukkan ke dalam bucket list traveling saat Imlek!

 

Singapura

Tahun Baru Imlek di Singapura (Foto: Singapore Finest)

Letak Singapura memang terbilang dekat dari Indonesia. Setiap tahun tercatat dua juta turis Indonesia berwisata ke Singapura. Tapi, belum banyak yang tahu kalau Singapura termasuk salah satu negara yang merayakan Tahun Baru Imlek paling wow sedunia. Kalau kamu berencana ke sana saat Imlek, kamu harus mengunjungi Sungai Hongbao di Marina Bay. Di sungai ini bakal ada parade perahu-perahu berlampion naga dan rentetan kembang api kelas dunia. Parade di jalanan pun nggak kalah ramai. Ada tarian barongsai, liang liong, samba, akrobat, sampai pertunjukan sulap. Untuk suasana yang lebih khusyuk, kamu bisa datang ke daerah Chinatown untuk berdoa di kuil-kuilnya.

 

Harbin

Tahun Baru Imlek di Harbin (Foto: NBC Media)

Wilayah Harbin, Tiongkok, ini terkenal sebagai wilayah bersalju terindah di seluruh negeri Tirau Bambu. Oleh karena itu, Harbin juga jadi tempat diselenggarakannya winter festival yang fantastis. Tapi nggak cuma itu, ternyata Harbin juga punya perayaan Tahun Baru Imlek yang khas nan meriah lho! Bayangkan saja, warna merah hangat lampu-lampu lampion dipadukan dengan dinginnya salju putih yang membukit. Itulah pemandangan khas di Harbin. Selama bulan-bulan, Januari hingga Februari, Harbin juga tengah menyelenggarakan winter festival berupa wahana permainan salju dan pahatan-pahatan es raksasa. So, kamu bakal merasakan suasana Imlek berbeda dengan dinginnya salju yang membuat tubuh menggigil.

 

London

Tahun Baru Imlek di London (Foto: Youtube)

Meski populasi orang keturunan Tionghoa di London cuma sekitar 130 ribu orang alias 1,5 persen penduduknya, ibukota Inggris ini tetep terhitung super meriah saat merayakan Tahun Baru Imlek. Pemandangan uniknya adalah perpaduan antarbangunan tua bergaya Eropa dengan lampion-lampion dan parade naga khas Tiongkok. Tiga spot favorit adalah Trafalgar Square, Chinatown, dan Shaftesbury Avenue. Tiga tempat itu punya keunikan sendiri. Trafalgar punya panggung raksasa dan spot atraksi barongsai. Chinatown menyajikan makanan khas China yang lezat. Sedangkan Shaftesbury menyelenggarakan street parade dengan tarian-tarian dan hiasan lampion di sepanjang jalan. Ribuan pengunjung selalu memadati festival itu setiap tahun meski mayoritas nggak berdarah Tionghoa. festival ini pun diselenggarakan seharian penuh, mulai siang sampai malam.

 

Beijing

Tahun Baru Imlek di Beijing (Foto: Thats Mags)

Nggak ada yang lebih afdol daripada merayakan Tahun Baru Imlek di pusatnya, yaitu Tiongkok, khususnya Beijing. Ibukota Tiongkok ini selalu menggelar perayaan-perayaan Imlek megah. Mulai dari kegiatan agamis seperti berdoa di kuil sampai kegiatan hura-hura seperti kembang api. Nah, salah satu kuil terfavorit untuk dikunjungi saat Imlek adalah kuil Dongyue yang menyelenggarakan Dongyue Temple Fair. Saat Imlek, kuil ini bakal dihiasi boneka-boneka dan lampion bercorak khas Tiongkok yang menjadi lambang doa untuk keberuntungan. Sedangkan untuk hura-hura, banyak titik tersebar di seluruh Beijing yang mengadakan parade olahraga, atrakasi, dan kembang api. Sedangkan di rumah-rumah, tiap keluarga bakal mendekorasi rumahnya seindah mungkin untuk menghormati leluhur. Wah, suasana tahun baru di segela aspek ya!

 

Hong Kong

Tahun Baru Imlek di Hong Kong (Foto: History)

Saat Imlek, Hong Kong menawarkan festival yang lebih bersifat ke entertain, colorful, dan fun. Spot yang nggak boleh dilewatkan tentu ada di Victoria Harbor, dimana pertunjukan visual komputer dan kembang api yang memanjakan mata dapat memikat orang buat membludak di sepanjang sisi pelabuhan. Ada juga jalanan Tsim Sha Tsuji dengan parade kostum, tarian, dan berbagai hiasan. Uniknya lagi, Hong Kong punya arena pacuan kuda yang menyelenggarakan lomba khusus Imlek. Konon, bertaruh di pacuan kuda saat Imlek bisa mengundang hoki yang lebih.

 

Source: Escape Here, China Highlights | Editor: Ratri Anugrah

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article