Are You a Zetizen?
Show Menu

Event Seru Buat Screening Film Independen. Datang, Yuk!

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 19 Jan 2017
Event Seru Buat Screening Film Independen. Datang, Yuk!

Zetizen.com – Meski dibuat bukan oleh rumah produksi besar, bukan berarti film independen atau film indie nggak berkualitas! Ceritanya yang idealis dan terkadang nggak mengikuti selera pasar, menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang atau komunitas. Nah, karena film indie biasanya nggak ditayangkan di bioskop, banyak orang yang bingung 'Nonton film indie di mana, ya?' Before curiousity kills you, nih, Zetizen punya info tentang beberapa spot asik screening film indie. Psst, jangan lupa siapkan cemilan, ya!

 

Arkipel (Jakarta International Documentary and Experimental)

Arkipel adalah ajang film festival yang digagas Forum Lenteng. Bermarkas di Ibukota Jakarta, pengunjung Arkipel meningkat di tiap tahunnya, termasuk karya-karya yang dipamerkan. Contohnya, pada tahun 2013 saat awal Arkipel diselenggarakan, ada 210 film yang terdaftar. Lalu pada tahun 2014, terdapat 376 film yang terdaftar. Menyusul 2015 dengan 1195 film yang terdaftar. Meningkat pesat, ya!

Karya yang diputar nggak cuman film eksperimental, ada juga film dokumenter yang bersifat edukatif. Hal yang membuat Arkipel selalu dinanti warga Jakarta adalah konsistensi Arkipel untuk nggak mengikuti perkembangan tren film mainstream. Tak ayal, ada banyak film bagus yang selalu hadir di festival ini.

Jika ingin datang, Arkipel akan diadakan di pertengahan tahun guys. Jadi siap-siap ya.

 

Foto: Arkipel

 

JAFF (Jogja Asian Film Festival)

Jika kamu berkunjung ke JAFF di jogjakarta, kamu akan disajikan berbagai film terbaik di seluruh asia yang akan tayang di layar lebar. JAFF yang bekerja sama dengan Netpac (Network for the Promotion of Asian Cinema) terus merangsang pertumbuhan film di asia agar maju dan lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan film festival ini. selain ditampilkan di layar lebar, pengunjung dan juri juga bisa ikut berkomentar tentang film tersebut. sehingga, kamu juga akan makin pandai tentang dunia perfilman. Selain itu, JAFF juga memberikan apresiasi berupa hadiah ke karya-karya yang memang sangat bagus. JAFF sendiri selalu diadakan di Akhir tahun kok. jadi kamu bisa mulai nabung dari sekarang nih. Sebab, kamu nggak bakal nyesel deh hadir dan nonton film-film terbaik yang ada disini.

 

foto: Twitter/ Korean Culture Center Indonesia

 

Psychofest

Psychofest merupakan salah satu event yang diselenggarakan oleh mahasiswa Psikologi Universitas Airlangga. Di acara ini, kamu bisa menemukan berbagai macam karya seni. Mulai dari musik hingga film. Nah, di tiap tahunnya, Psycofest aktif merilis berbagai film-film independen yang sarat makna. Setiap pemutaran film dibagi menjadi dua hari yang tiap harinya dibagi menjadi tiga sesi. 

 

foto: Psychofest

 

Makassar International Eight Festival and Forum

Nggak hanya teman-teman di Pulau Jawa yang aktif menyelenggarakan festival film, lho. Teman-teman dari Makassar juga aktif dalam dunia sinematografi. Salah satunya dengan penyelenggaraan Makassar Internasional Eight Festival. Peserta kompetisinya nggak hanya mahasiswa atau sutradara profesional. bahkan anak SMA juga bisa ikutan acara ini. Nggak heran, Makassar Internasional Eight Festival menjadi salah satu pemuas hasrat sinematografi Indonesia Timur.

Selain itu, kamu juga bisa ikutan workshop tentang film yang dilakukan oleh sineas Indonesia. Selain film, ada juga berbagai kegiatan lain yang berhubungan dengan fashion, penulisan fiksi, dan masih banyak lagi.

 

 

foto: F8Makassar

 

Edited by Mesha Mediani

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article