Are You a Zetizen?
Show Menu

Sherlock (BBC): Where We Left Off + Giveaway Komik

Zetizen Zetizen 27 Dec 2016
Sherlock (BBC): Where We Left Off + Giveaway Komik

 

Zetizen.com - Tanggal 1 Januari 2017 bakal menjadi hari yang ditunggu-tunggu penggemar serial TV Sherlock dari BBC. Sebab, Benedict Cumberbatch akhirnya kembali menjadi detektif eksentrik asal Inggris, Sherlock Holmes, setekah hiatus satu tahun. Yap, tahun lalu, bukannya merilis season 4, BBC justru hanya merilis satu episode spesial Natal berjudul Abominable Bride. Tentu Sherlockian (sebutan penggemar Sherlock) sudah sangat rindu dan menanti kelanjutan cerita di season 3. Tapi, sebelum membahas lebih lanjut tentang season 4, yuk, refresh memorimu!

 

Sherlockian sempat terkejut dengan ending season 2. Episode Reichenbach Fall yang diadaptasi dari kisah asli Sir Arthur Conan Doyle, The Final Problem, itu menyajikan pertarungan final antara Holmes dan musuh bebuyutannya, James Moriarty. Pada akhir cerita, kedua tokoh digambarkan sama-sama menemui ajalnya. Moriarty bunuh diri dengan revolver-nya untuk menjebak sang detektif. Sementara itu, merasa kematiannya merupakan satu-satunya jalan keluar untuk menyelamatkan koleganya, Holmes memilih loncat dari atap rumah sakit St Bart.

 

Kenyataannya, Holmes nggak benar-benar mati. Hal itu baru dijelaskan pada episode pertama season 3, The Empty Hearse. Episode pertama tersebut sengaja dibuat lambat seolah membuat para fans membiasakan diri dengan fakta bahwa Holmes benar-benar hidup. Meski demikian, episode itu tetap menyajikan analisis trik Holmes untuk menipu Moriarty. Melibatkan mayat palsu, bungee jumping, dan hipnotis.

 

The Sign of Three merupakan episode kedua season 3 yang kembali mengadaptasi salah satu masterpiece Conan Doyle, Sign of Four. Episode itu terasa sentimental dengan beberapa flashback kasus yang pernah ditangani Sherlock yang digambarkan saat pernikahan John Watson, partnernya. Tapi, di tengah pesta, Sherlock harus menghadapi kasus yang melibatkan mantan atasan, Watson Major Sholto.

 

Magnussen, musuh baru Sherlock, nggak diperlihatkan dalam episode itu. Tapi, peran Mary Morstan dalam Sherlock tampak menguat dari perannya yang sekadar figuran. Meski pada episode tersebut hanya menampilkan Mary yang mengetahui beberapa hal yang nggak diketahui Holmes dan Watson, Mary punya peran khusus dalam plot cerita ke depan. Dia juga membantu menyelamatkan Major Sholto saat menunjukkan lokasi persembunyiannya. Sesuatu yang nggak diketahui Holmes.

 

His Last Vow yang merupakan episode terakhir pada season ketiga mengungkap pentingnya Mary Morstan dalam plot. Ternyata, Mary merupakan mantan mata-mata yang ingin hidup normal. Tetapi, rahasianya harus diketahui Magnussen, sang antagonis, pada series kali ini. Konflik pun makin dalam saat Watson mengetahui masa lalu istrinya tersebut. Singkat cerita, episode ketiga berakhir dengan Sherlock yang harus membunuh Magnussen untuk menjaga masa lalu Mary. Menariknya, sebelum kematiannya, Magnussen mengancam balas dendam. Pada season selanjutnya, mungkin Mary kembali terancam. Bukan hanya itu. Pada akhir episode, sosok Moriarty dimunculkan kembali meski hanya lewat cuplikan video. Apakah Moriarty nggak mati seperti Sherlock? Nah, kemungkinan-kemungkinan tersebut bakal diungkap pada season baru nanti yang akan tayang 1 Januari.

 

Written by Akbar Wisesa | Edited by Grace Aria

 

Dear, Sherlockian! Bersamaan dengan hype Sherlock season 4, m&c akan merilis komik pertama adaptasi serial TV produksi BBC ini lho! Sejauh ini, di Jepang baru dirilis dua judul dan akan segera diterbitkan juga oleh m&c. Nah, kali ini, Zetizen mau bagi-bagi lima komik untuk lima orang pemenang.

Giveaway <a href= komik Sherlock m&c" width="600" />

SHERLOCK: A STUDY IN PINK
Naskah: Steven Moffat, Mark Gatiss
Ilustrasi: Jay | Penerbit: Kadokawa

Kisah dibuka dengan Watson yang terpuruk setelah kembali dari penempatannya di Afganistan. Seorang teman baiknya mengenalkan Watson kepada orang yang bisa berbagi sewa kamar dengannya. Hanya dengan sekali lihat, orang yang dikenalkan itu bisa menebak bahwa Watson adalah dokter bedah yang baru pulang dari tugas di Timur Tengah, bahwa Watson punya saudara yang punya kecenderungan minum-minum, bahkan fakta bahwa Watson tengah menjalani konseling! Nama orang itu adalah... "Sherlock Holmes".

Syarat & ketentuan mengikuti giveaway:

  • Menjadi member Zetizen.com
  • Punya alamat pengiriman di Indonesia
  • Follow Instagram @zetizen dan @mnccomics
  • Tulis komentar di postingan ini yang berisi akun Instagram yang dipakai untuk follow dan satu alasan kenapa kamu suka Sherlock (boleh serial TV-nya atau novelnya).
  • Giveaway ini akan ditutup pada 4 Januari 2017.

 

Good luck! :)

RELATED ARTICLES

Please read the following article