Are You a Zetizen?
Show Menu

#1DayEscape Zetizen Jakarta: Liputan Persiapan Natal di Kawasan Monas

Zetizen Zetizen 26 Dec 2016
#1DayEscape Zetizen Jakarta: Liputan Persiapan Natal di Kawasan Monas

Zetizen.com - Selamat Hari Natal! Menyambut hari yang bahagia ini, kemarin (24/12) Zetizen Squad dari Zetizen Jakarta sukses menyelesaikan project #1DayEscape dengan mencari hal-hal seputar natal di beberapa sudut kota Jakarta. Mereka bertugas meliput (yap, menulis artikel dan foto!) persiapan perayaan natal di Ibukota. Wuih, mantap deh jurnalis dari Zetizen Jakarta!

 

Dari kiri ke kanan: Aqsha Rizki, Febrina Tri Hartina, Btari Sekar Insani, dan Franco Dewata Putra. Credit: Ferry / Zetizen Team

 

Zetizen Squad kali ini terdiri dari empat tim. Salah satunya adalah tim yang terdiri dari Franco Dewata Putra (Kelas 3-SMAN 34 Jakarta), Aqsha Rizqi (Kelas 3 - SMAN 16 Jakarta), Febrina Tri Hartina (Sistem Informasi - ESQ Business School) serta Btari Sekar Insani (kelas 3-SMAN 44 Jakarta). Mereka meliput persiapan natal di tiga titik, yakni Museum Taman Prasasti, Gereja Katedral, dan Lenggang Jakarta. Ketiganya berada di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

 

Museum Taman Prasasti

Tempat ini bersejarah karena berisi makam prasasti tokoh-tokoh besar jaman kolonial Belanda. Contohnya, Rimsdijk, salah satu Gubernur Jenderal Belanda hingga arsitek perancang Gereja Katedral Jakarta, Marius Hulswit.  Selama berada di tempat yang berlokasi tepat di samping kantor Walikota Jakarta Pusat ini, Zetizen Squad ‘khusyuk’ dengerin penjelasan sejarah dari tour guide!

 

Museum Taman Prasasti jadi spot pertama yang dikunjungi. Credit: Aqsha Rizki for Zetizen

 

Nggak ada salahnya kalau liburan natal kali ini kamu gunakan untuk pergi ke museum seluas luas 1,2 Ha ini. Selain bisa menambah wawasan, banyak spot di museum ini yang Instagram-able, lho! Kata kakak tour guide-nya, pelajar sekolah sering ke sini untuk foto-foto.

 

Selfie dulu, ah! Credit: Aqsha Rizki for Zetizen

 

Gereja Katedral Jakarta

Puas belajar sejarah di Museum Taman Prasasti, Zetizen Squad melanjutkan perjalanan ke Gereja Katedral Jakarta untuk melihat persiapan jelang Natal. Tampak panitia perayaan Natal beserta kepolisian sibuk memastikan keamanan gereja yang diresmikan tahun 1901 tersebut. Banyak juga awak media yang meliput persiapan menyambut natal di sana. Sama, deh, seperti yang dilakukan Zetizen Squad! 

 

Gereja Katedral Jakarta sudah berdiri megah selama lebih dari 100 tahun, lho. Credit: Aqsha Rizki for Zetizen

 

Meski hectic, Zetizen Squad berkesempatan untuk mewawancarai media relation pelaksana natal Gereja Katedral Jakarta, Bernard Hidayat. Btari Sekar, salah satu penulis Zetizen Squad, langsung sigap mewawancarai narasumber, terkait persiapan panitia. Btari yang dibantu fotografer Aqsha Rizqi juga menanyakan relasi keakraban antara Gereja Katedral Jakarta serta Masjid Istiqlal yang saling berhadapan.

 

Zetizen Squad mewawancarai media relation Gereja Katedral Jakarta, Bernard Hidayat. Credit: Aqsha Rizki for Zetizen

 

Pak Bernard pun menjawab dengan sumringah,

“Saya sangat berterima kasih kepada pihak Masjid Istiqlal karena memberi lahan parkir bagi jemaat gereja. Komunikasi kami dengan pengurus Masjid Istiqlal sangat berjalan baik.”

Wah, keren ya bentuk toleransi antar agamanya!

 

Lenggang Jakarta

Huuu, kita tiba di spot terakhir deh! Yaitu Lenggang Jakarta. Tempat ini terdapat di sayap selatan Monas. Di sini, banyak tersedia pilihan jajajan tradisional, salah satunya makanan tradisional khas Jakarta Kerak Telor dengan harga yang cukup terjangkau. Oh iya, Lenggang Jakarta nggak menerima uang tunai. Kamu harus memiliki e-money atau uang elektronik sebagai alat pembayaran.

 

Credit: Aqsha Rizki for Zetizen

 

Jalan-jalan, plus, liputan persiapan natal menjadi pengalaman yang nggak terlupakan bagi para Zetizen Squad! Apalagi ya project #1DayEscape selanjutnya?

 

Written by Ferry Sandy

Edited by Mesha Mediani

RELATED ARTICLES

Please read the following article