Are You a Zetizen?
Show Menu

4 Hal yang bisa Dilakukan untuk Bantu Korban Konflik Aleppo

Fahri Syadia Fahri Syadia 22 Dec 2016
4 Hal yang bisa Dilakukan untuk Bantu Korban Konflik Aleppo

 

Zetizen.com - Wilayah aleppo di suriah sekarang jadi salah satu titik konflik terbesar di Timur Tengah. Korban tewasnya mencapai setengah juta jiwa, dan bisa terus bertambah karena gencatan senjata yang belum usai. Selain berdoa, sebenarnya banyak loh yang bisa kita perbuat untuk bantu meringankan beban mereka.

 

Konflik di Aleppo, Suriah, mengorbankan lebih dari setengah juta jiwa manusia. Credit: NY Times

 

Donasi

Aleppo yang dulunya merupakan salah satu kota termegah Suriah, sekarang berubah jadi kota mati dengan reruntuhan bangunan akibat perang. Bayangkan, berapa besar dana yang diperlukan buat membangun kembali kota yang porak-poranda itu? Terlebih, nasib para pengungsi yang penuh perjuangan untuk bertahan hidup.

Makanya, berdonasi bisa jadi salah satu cara paling efektif. Terutama bagi kita yang nggak punya akses dan kekuatan buat menyumbangkan tenaga. Banyak kok agen-agen terpercaya yang bisa menyalurkan sumbangan kita. Misalnya UNHCR

dan Save the Children

 

Demonstrasi

Siapa bilang demonstrasi cuma bisa bikin onar dan bikin lalu lintas macet? Di negara demokratis kayak Indonesia, berdemonstrasi emang salah satu cara buat menyampaikan aspirasi masyarakat.

Lewat demonstrasi ini, pemuda bisa mendesak Pemerintah atau pihak-pihak yang berwenang buat mengambil langkah nyata yang bisa menyelamatkan Aleppo. Dengan pergerakan ini, siapa tahu Pemerintah akan segera menerjunkan pasukan militer pendamai atau juga sumbangan dana. Tapi ingat, demonya harus tertib dan sesuai aturan, ya! Jangan sampai kita bela-belain yang jauh di Suriah, tapi malah ganggu kepentingan warga sekitar.

 

Pahami Diplomasi

Buat kamu yang kurang suka sama aksi demo sambil panas-panasan dan berpotensi bikin macet, kamu bisa coba jalur diplomasi untuk bantu redakan konflik dunia. Sampaikan pendapatmu lewat tulisan online, lalu unggah ke medsos. Who knows, aksimu ini bisa membuka mata orang-orang untuk juga turut bersimpati dan membantu.

Karena nggak cuma kita, seluruh dunia juga mulai bergerak meredakan konflik lewat soft power. Seperti jalur diplomasi, petisi online, surat terbuka, dan berbagai bentuk tulisan. Tiap update-nya bisa kamu simak di https://www.planetsyria.org/en

 

Credit: White Helmets

 

Volunteering

Kamu punya keberanian, skill, dan semagat kemanusiaan yang tinggi? Kalau gitu mungkin kamu bisa mengabdikan diri lewat volunteering. Buat kasus aleppo ini, organisasi-organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan kayak Red Cross, White Helmet, dan yang lainnya siap menerima relawan. Para volunteer ini akan mengelola organisasi itu, bahkan hingga diterjunkan ke lokasi konflik. Cek aja di http://www.redcross.org.uk/get-involved/volunteer atau https://www.whitehelmets.org/en

Tapi hati-hati, tentu saja nggak sembarang orang boleh terjun langsung ke tempat itu. Mereka haruslah terlatih, punya skill, dan mencukupi kriteria-kriteria lainnya buat jadi penyelamat di zona berbahaya. Kalau merasa belum mampu, masih banyak cara lainnya kok, guys. Nggak usah nekat, sebab ini sangat berisiko.

 

Seperti apapun keadaan warga aleppo saat ini, kita doakan ya semoga mereka berada di lindungan Tuhan, dan konflik segera usai. Amin...

#StandWithAleppo #SaveHumanity

 

Source: The Guardian, People

Edited by Vera Khair

RELATED ARTICLES

Please read the following article