Tutorial Knitting Buat Pemula
| 14 comments

 

Kamu juga bisa membuat fashion item dengan teknik knitting loh! (Foto:kerncountylibrary)

 

Zetizen.com – Memasuki winter season, fashion item berbahan rajutan menjadi pilihan pas untuk menunjang penampilan. Mulai dari turtleneck sweater hingga skirt yang dibuat dengan teknik knitting. Nah, kalian juga bisa loh bikin beberapa fashion item simpel rajutan sendiri. Misalnya syal, kaos kaki, maupun topi. Yuk, simak tutorialnya!

 

Knit Shawl Pattern

(Foto:blogspot)

 

Meskipun di Indonesia nggak ada musim salju, tapi musim penghujan di akhir tahun ini juga membuat suhu udara cukup menurun. Nah, syal bisa jadi pilihan untuk menghangatkan badan sekaligus jadi fashion item kece. Buat yang ingin mencoba bikin knit shawl, kamu perlu menyiapkan alat-alatnya. Seperti Hook atau Hakpen, yakni alat yang digunakan buat merajut, dan pastinya benang. For beginner, bisa simak video satu buat mengetahui teknik dasar dari merajut, ya!

 

 

Kenali juga berapa ukuran hakpen yang akan kalian gunakan. Untuk syal yang biasanya menggunakan benang wol, kamu bisa menggunakan hakpen dengan nomor 2 sampai 3. Karena hakpen yang digunakan harus menyesuaikan ukuran benang. Jika terlalu kecil, maka hasil rajutannya pun akan terlalu rapat dan kaku.

 

Knit Socks

Selain itu, kita juga bisa membuat fashion item tertutup seperti kaus kaki. Karena bentuknya yang tertutup, maka teknik pembuatannya pun mulai ke tahap yang lebih sulit. Pertama, kita diharuskan menggunakan benang yang tidak terlalu tebal agar kaus kaki bisa dipakai bersama sepatu. Selain itu, dalam pembuatannya kita juga bisa sampai menggunakan lima jarum atau hakpen loh.

 

(Foto:crafthub)

 

Empat hakpen digunakan untuk menahan kaus kaki dan satu jarum untuk mengerjakan pola selama pembuatannya. Untuk mengawali pembuatan knit socks, mula-mula ambil dua hakpen dan lilitkan benang di antara kedua jarum dengan membentuk angka 8. Setiap lilitan akan menjadi satu jahitan. Untuk lebih jelasnya bisa lihat video tutorial ini!

 

 

Knit Coffee Cozy 

Last but not least, kita juga bisa membuat beberapa peralatan dirumah seperti pelindung untung memegang cangkir panas. Hampir sama dengan kaus kaki, jika kalian mau membuat item tertutup, maka jarum atau hakpen yang digunakan pun bisa lebih dari dari satu. Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, seperti bagaimana membuat hasil rajutan melingkari gelas yaitu dengan mengulangi pola rajutan dengan cara menyamping. Kamu bisa lakukan step by step-nya dengan melihat video berikut, ya, guys!

 

 

So, apa kamu tertarik membuat fashion item dengan cara knitting?

 

Editor: Vera Khair

Alya Hardian Nizhar
Alya Hardian Nizhar, 18
Banten
1300 poin
joined 18 minutes ago
Abdi Permana
Abdi Permana, 14
Banten
4600 poin
joined 26 minutes ago