Are You a Zetizen?
Show Menu

Tanpa Kamu Sadari, 5 Benda di Sekitarmu Ini Adalah Benda Paling Kotor, Lho!

Diana Hasna Diana Hasna 11 Dec 2016
Tanpa Kamu Sadari, 5 Benda di Sekitarmu Ini Adalah Benda Paling Kotor, Lho!

Zetizen.com – Tanpa disadari beberapa benda di sekitar kita mengandung banyak bakteri akibat sering digunakan loh. Apalagi pada benda-benda yang langsung bersentuhan dengan kulit manusia sekaligus diletakkan di udara bebas. Seperti 5 benda-benda ini nih! So, kita wajib memberi perlakuan ekstra demi menjaga kesehatan kita juga.

 

Earphone

Earphone (foto:wikihow)

Ngaku deh, kadang kita pasti pernah meminjam earphone ke temen atau bahkan memakainya bareng buat mendengarkan lagu. Nah, kebiasaan berbagi earphone dengan orang lain ini meninggalkan bakteri di bagian earbud dan hal ini bisa membuat telinga penuh dengan bakteri. Karena telinga manusia memproduksi zat lilin, sel kulit mati, dan juga bakteri. Zat lilin yang cenderung lengket ini bisa membuat earphone membawa berbagai kuman dan bakteri dari sekitar telinga.

“Biasakan membersihkannya dengan dengan disinfektan, untuk menghilangkan sisa-sisa lilin. Kemudian lap earbud dengan bola kapas yang sudah dibasahi dengan semprotan desinfektan atau pembersih alkohol,” ujar Kelly Reynolds, profesor kesehatan lingkungan di University of Arizona, dilansir dari Metro.

 

Handphone

(Foto:flickr)

Handphone menjadi yang paling sering digenggam nggak peduli seberapa bersih kondisi tangan atau kulit wajah kita. Padahal ada banyak bakteri yang menempel di permukaan handphone akan dengan mudah berpindah tangan ke benda-benda lainnya. Parahnya bisa berakhir ke apa yang kita makanan. Nah, biasakan siap sedia tisu basah anti-bakteri untuk sesekali bersihkan handphone dan yang paling penting kurangi kebiasaan membawa handphone ke kamar mandi. Oke?

 

Topi, Helm, dan Bantal

Helm (foto: Designboom)

Benda yang digunakan di kepala dapat menjadi sumber penularan bakteri hingga kutu loh. Karena benda-benda tersebut sangat berpotensi menampung gunungan keringat, kulit mati, air liur, dan partikel asing lainnya selama digunakan. Bahkan bisa menjadi kondisi yang ideal bagi kutu untuk berkembang biak, serem kan?

So, rutin ganti atau cuci benda-benda ini setiap beberapa minggu sekali atau jika dirasa sudah kotor. Dan mencuci dengan air panas dan larutan pembersih bisa menjadi salah satu pilihan. Karena selain bisa membunuh bakteri yang menempel, juga mensterilkan bagian dalam mesin cuci agar kuman tidak terus menyebar dari satu cucian ke cucian lainnya.

 

Alat Make-up dan Kecantikan

Benda-benda seperti brush make-up, gunting kuku hingga alat cukur juga termasuk benda disekitar kita yang banyak mengandung bakteri. Bahkan bisa menjadi sumber infeksi yang dapat mentransfer virus, bakteri dan jamur, bahkan penyakit seperti hepatitis C. Cuma dua tips meminimalisir bakteri pada benda-benda ini yaitu, harus dipastikan bahwa alat-alat ini steril dengan rutin mencuci atau membersihkannya serta hanya gunakan alat-alat tersebut sendiri ya, guys!

 

Sabun

Sabun cuci tangan. (Foto: naturehealthfamily)

 

Sabun, baik batangan maupun sabun cair juga tergolong sebagai sarang kuman termasuk juga tempat sabun. Apalagi pada sabun yang berada di toilet umum karena banyak disentuh oleh orang lain. Membuat bakteri dan kuman banyak berkembang di sela-sela tempat sabun dan di sabun itu sendiri. Agar terhindar, kita harus rutin membersihkan tempat sabun dengan sabun disinfektan. Terakhir, cuci tangan sampai bersih dengan air hangat selama 10-20 detik untuk membersihkan kuman-kuman yang menempel. 

 

 

Sumber: Huffingtonpost, Metro, Goodhousekeeping

Editor: Wika

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article