Mantan Astronot NASA Wujudkan Wisata ke Atmosfer Bumi
| 5 comments

Zetizen.com – Sebentar lagi tak perlu menjadi astronaut jika ingin melihat Bumi serta merasakan sensasi berada dilapisan teratas stratosfer. Sebab, mantan astronaut NASA, Ron Garan telah mempersiapkan perjalanan manusia ke atmosfer ini bersama World View Enterprise, perusahaan yang menaunginya sekarang. Kabar ini dimumkan di BBC Future World Changing Ideas Summit, Sydney Australia 15 November lalu.

 

Balon Pintar dari World View Enterpise. (Foto: geekwire)

 

Mengubah Cara Berfikir Orang Tentang Bumi

Ide ini udah tercetus sejak 2013 lalu, namun realisasinya akan mulai dilakukan pada 2017 nanti. Bersama perusahaan yang berfokus pada misi antariksa, Ron Garan akan membawa manusia ke ketinggian 32 kilometer dengan menggunakan balon helium raksasa. Garan percaya, perjalanan wisata ke atmosfer Bumi ini bisa mengubah cara fikir orang-orang mengenai hidup di Bumi.

 

“Aku pernah berpikir kalau perjalanan ke luar angkasa nggak akan mengubah hidupku. Tapi, aku sadar, luar angkasa telah menjadi rumahu. Rumahku menjadi seluas luar angkasa,” ujarnya dilansir dari The Sydney Morning.

 

Menaiki Kapsul untuk Menjelajah

Wujud pod yang akan mengangkut penumpang. (Foto: bussinesinsider)

Perusahaan yang berlokasi di Tuscon, Arizona, Amerika Serikat akan meyediakan sebuah balon pintar dimana para penumpangnya akan menaiki pod atau semacam kapsul untuk menjelajahi atmosfer Bumi. Pod yang dapat memuat 6 wisatawan dan 2 orang crew bahkan dilengkapi koneksi WiFi loh.

 

Tidak Perlu Latihan Khusus ala Astronaut

Karena diawal proyek ini berbeda dengan pejalanan luar angkasa para astronaut pada umumnya, para penumpangnya pun tidak akan diwajibkan mengikuti pelatihan khusus yang biasa diberikan kepada calon astronaut loh. Bahkan kita tidak perlu ribet menggunakan seragam antariksa yang berat dan berlapis itu.

Ron Garan ketika melakukan misi antariksa. (Foto: NASA)

 

Perjalanan Wisata Selama 2 Jam

Dengan kecepatan 18 kilometer per jam, kita akan melakukan perjalanan selama 2 jam. Dimana 1 jam pertama penumpang dijadwalkan bakal menyaksikan indahnya Matahari terbit. Terus perlahan kita bakal melihat lengkungan dari Bumi dan menyaksikan langit perlahan memudar dari warna biru menjadi hitam. Kita dijamin bisa melihat bintang dan benda langit lainnya dengan lebih jelas dari biasanya.

 

Kembali dengan Navigable Parachute

Setelah 2 jam perjalanan kita bakal balik ke darat dan pod akan dilepaskan dari balon heliumnya. Eits, kita bakal tetap aman kok, soalnya ada navigable parachute yang bakal mengarahkan kita sampai ke daratan. "Saat ini kita baru mengirim ilmuwan, teknisi, dan astronaut ke antariksa. Bayangkan apa yang akan terjadi jika kita menerbangkan penyair, musisi, dan seniman. Tentunya pengalaman dan pandangan mereka mengenai planet ini akan sangat beragam," ujar mantan astronaut yang mulai bergabung di NASA pada Juli tahun 2000.

 

Dibandrol dengan Harga Fantastis

Garan juga mengaku, World View dengan senang hati memboyong penumpang dari perwakilan berbagai negara seperti Isreal, Palestina, hingga Korea Utara ke ujung atmosfer Bumi. Dan untuk menikmati perjalanan fantastis ke atmosfer Bumi ini, Garan dan World View Enterprise mematok harga 75 ribu USD atau setara dengan 1 miliar untuk satu kali perjalanan! Wow, harga yang sangat fantastis ya? tapi worth it dong dengan perjalanan yang dilakukan? So, buat yang tertarik, first dream trip ini bakal dilakukan di tahun 2018 nih!

 

Intip juga video percobaan World View untuk mewujudkan misi ini, check this out!

 

 

 

Sumber: The Sydney Morning Herald

Editor: Wika

 

Alya Hardian Nizhar
Alya Hardian Nizhar, 18
Banten
1300 poin
joined 18 minutes ago
Abdi Permana
Abdi Permana, 14
Banten
4600 poin
joined 26 minutes ago