Are You a Zetizen?
Show Menu

Gimana Sih Caranya Biar Kita Bisa Mengingat Mimpi?

Fahri Syadia Fahri Syadia 06 Dec 2016
Gimana Sih Caranya Biar Kita Bisa Mengingat Mimpi?

 

 

Zetizen.com - Kadang enak-enaknya mimpi indah ketemu si doi, eh ada aja yang ngerusak. Entah itu suara alarm, atau mungkin omelan mama yang bangunin. Parahnya, dalam sekejap kita bisa lupa barusan mimpi apa! Hayoo.. pernah mengalaminya?

Pada dasarnya, mimpi memang susah buat diingat. Sebab, saat tidur, otak kita menon-aktifkan proses yang menghasilkan ingatan jangka panjang atau long term memory. Salah satunya adalah rendahnya kadar norepinephrine (neurotransmitter buat mengingat), dan minimnya aktivitas di prefrontal cortex. Tapi, ternyata, kita bisa men-setting tubuh buat berusaha membiasakan mengingat mimpi loh. Ini caranya!

 

1. tidur Rileks

Bedain antara tidur rileks sama tidur karena kecapekan atau saat kita emang nggak sadar jika tertidur. tidur rileks biasanya emang pada jam rutin tidur, dan kamu emang ngerencanain buat tidur. Nah buat mengingat mimpi, usahain kamu konsisten tidur dengan rileks dan sebelum tidur, ingatkan diri kamu buat mengingat mimpi kamu nanti setelah bangun.

Dengan tidur yang rileks, tubuh kita bakal mengalami fase deepest-sleep bahkan REM  (rapid eye movement)  sleep dimana otak menghasilkan gelombang theta yang membantu memperkuat memori selama tidur.

 

2. Alarm Sedekat Mungkin

Inget, memori mimpi itu bisa hilang dalam waktu sekejap, bahkan nggak sampai hitungan menit sekali pun. Makanya sekecil apapun distraksi, termasuk sekian detik yang kita gunakan buat beranjak buat mematikan alarm, bakal bikin kamu lupa sama mimpi yang barusan kamu alami!

Nah karena itu lah naruh alarm sedekat mungkin bisa bikin kita lebih mengingat mimpi. Baik alarm-mu via handphone atau pun jam weker, taruh itu di kasur tempatmu tidur biar bisa langsung dijangkau tanpa beranjak.

 

3. Hindari Kafein Sebelum Tidur

Ternyata makanan yang dikonsumsi itu juga mempengaruhi kemampuan kita mengingat mimpi loh.. Sebab, waktu kita tidur itu ada fase yang dikenal sebagai REM (rapid-eye movement), yang juga sebagai saat-saat kapan kita paling bisa mengingat bagian dari mimpi. Nah, konsumsi kafein itu bisa meminimalisir peluang otak kita buat memasuki fase REM atau fase tidur paling nyenyak, sehingga kita jadi makin sulit mengingat mimpi.

Eits, kafein itu nggak cuma terdapat dalam kopi loh.. teh, softdrink, hingga eskrim pun mengandung kafein. Jadi kalau feeling mau mimpi indah, tunda dulu minum minuman itu yaa!

 

4. Pikirkan Mimpi Begitu Bangun

Salah satu faktor utama kita cepet lupa sama mimpi itu adalah distraksi alias pengalihan perhatian. Misal kalau ketika bangun kita langsung ingat sekolah udah telat, besar kemungkinan memori mimpi langsung menguap. Makanya, cara mudah biar nggak lupa sama mimpi yaitu dengan langsung memikirkannya begitu bangun.

Penjelasan sederhananya, mengingat mimpi begitu bangun itu seolah kita mentrasfer memori dari alam bawah sadar ke alam sadar saat ingatan tersebut masih fresh. Dengan begini kita bakal mengingat tuh mimpi sepanjang hari, bahkan sampai besok-besoknya! 

 

5. Bikin Dream Journals

Sebenarnya cara paling efektif dan terbukti ampuh banget yaitu dengan mencatat mimpi. Cuma orang yang bener-bener niat yang melakukan hal ini, tapi worth it banget! Caranya yaitu dengan catat mimpi langsung begitu bangun (bisa ditulis maupun notes handphone). Sebisa mungkin catat yang detail, kayak di sana ada siapa aja, pakai baju apa, latar belakang suasana, dan yang paling penting, mood yang kamu rasain.

Jika kamu lakukan rutin, mengingat mimpi bisa mengurangi kadar cortisol (hormon stress) dan juga bikin kamu makin kreatif. Wah, bakal jadi diary mimpi yang asik dan keren tuh!

 

 

 

Source: Amycope, Dream Dictionary, Washington Post

Editor: Wika

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article