Are You a Zetizen?
Show Menu

Pemimpin Legendaris Kuba Fidel Castro, Pemimpin yang Berpengaruh di Dunia

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 28 Nov 2016
Pemimpin Legendaris Kuba Fidel Castro, Pemimpin yang Berpengaruh di Dunia

 

Zetizen.com – Dunia kembali dirundung duka karena kematian salah satu mantan pemimpin Kuba yang sangat berpengaruh di dunia, Fidel Castro. Dia meninggal pada 26 November 2016. Kenapa fidel castro dicap sebagai salah satu pemimpin yang berpengaruh di dunia? Inilah alasan yang wajib kamu tahu.

 

Menjadi Salah Satu Buronan CIA

Menurut data CIA yang dijelaskan oleh Fabian Escalante, salah satu mantan pejuang militer Kuba, CIA tercatat berusaha membunuh Castro sebanyak 638 kali. CIA sudah melakukan berbagai cara untuk membunuh mantan pemimpin Kuba itu. Mulai dari meletakkan bom saat Castro sedang diving, memasukkan racun dalam milkshake-nya, sampai mencampur racun di cerutu yang dia hisap.

Fidel Castro
Soekarno dan Castro Punya Hubungan Baik (Foto: Wordpress)

 

Menggagalkan Terjadinya Perang Dunia Ke-3

Pada Oktober 1962, amerika menemukan sebuah nuklir yang dipasang Uni Soviet dengan jarak 90 mil dari Florida. Mengetahui hal itu, Castro yang merupakan sekutu Uni Soviet membujuk sang pemimpin, Nikita Kruschev, untuk membatalkan nuklir tersebut. Secara mengejutkan, Kruschev  setuju dan amerika juga membatalkan senjata nuklirnya di Turki. Castro saved the world.

 

Meningkatkan Sarana dan Prasarana Kuba

Castro berhasil membangun Kuba di segala sisi. Misalnya, membuat kebijakan suplai listrik ke pedesaan, meningkatkan kualitas dan gaji pekerja, dan meningkatkan mutu pendidikan serta kesehatan. Beberapa politikus yang merugikan negara pun langsung dia ringkus. Selain itu, untuk mempertahankan warganya yang pintar, Castro merilis kebijakan pembatasan bisnis pribadi dan tanah yang dimiliki warga. Sehingga, banyak ilmuwan dan insinyur Kuba yang bertahan di negaranya meski mendapat penawaran lebih baik dari Amerika.

 

Memimpin Kuba Selama 5 Dekade

Selain Ratu Elizabeth dan Raja Bhumibol di Thailand, fidel castro adalah pemimpin negara terlama di dunia. Castro tercatat memimpin negaranya selama 5 dekade atau 50 tahun. Pada 2006, kesehatannya menurun sehingga Castro harus menjalani operasi instestinal dan menyerahkan kekuasaannya kepada saudaranya, Raul castro. Raul menggantikan Castro secara resmi mulai 2008.

 

Membebaskan Warga yang Berusaha Membunuhnya

Sekelompok warga Cuba mendarat di Playa Ground atau Bay of Pigs. Mereka dipersenjatai oleh amerika untuk membunuh dan menggulingkan pemerintahan Castro. Tapi, usaha itu gagal. Uniknya, Castro justru berusaha membebaskan mereka yang berusaha membunuhnya dengan makanan dan obat-obatan senilai USD 53 juta pada Desember 1962.

 

‘‘The best thing you can do with this box of cigars is give them to your enemy.’’

- Fidel Castro

 

Memegang Rekor Pidato Paling Lama

Sebagai salah satu pemimpin negara, pidato merupakan makanan sehari-harinya. Tapi, Castro memegang Rekor pidato paling lama. Menurut catatan PBB, dia pernah berpidato selama 4 jam 26 menit. Hebatnya lagi, dia juga pernah berpidato selama 7 jam 30 menit saat dia dilantik untuk kelima kalinya secara berturut-turut sebagai Presiden Kuba.

Rekor Pidato Terlama
Meski lama, pidato Castro dikenal bagus sehingga pendengar nggak bosan (Foto: shauntmax30)

 

Source: History, Softschools

Edited by Ratri Anugrah

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article