Are You a Zetizen?
Show Menu

Serunya AcehVidgram, Komunitas Video Instagram Peringkat Ke-4 Se-Indonesia

Wika Nurika Wika Nurika 24 Nov 2016
Serunya AcehVidgram, Komunitas Video Instagram Peringkat Ke-4 Se-Indonesia

Zetizen.com - Siapa yang tidak kenal dengan nama AcehVidgram?  Komunitas regional AcehVidgram sudah hadir sejak tahun 2015 lalu. AcehVidgram merupakan sebuah komunitas anak muda yang berkreasi dalam karya berupa bentuk video komedi bercerita singkat yang viral di Instagram.

 

Zulhadi, salah satu penggagas AcehVidgram (foto: Zetizen Aceh)

 

Komunitas ini digagas oleh 6 orang pemuda aceh yaitu Zulhadi (@hadi_ramnit), Irfan (@realfahd), Ajan Maulana (@ajanmaulana), Teuku Naufal (@tekunoval), Awin (@awien_syuib), dan Hafidhlillah (@hafidhalillah). Awalnya, pada akhir tahun 2014, di aceh ada tiga akun vidgram, diantaranya @nadvidgram, @acehvidgram, dan @abdyavidgram. Dikarenakan Indovidgram hanya akan memverifikasi satu akun regional setiap daerah. Maka, 6 pemuda tersebut berinisiatif untuk menyatukan ketiga akun tersebut menjadi satu, yakni AcehVidgram yang diresmikan 17 April 2015.

Jumlah anggota komunitas ini, hingga saat kini berjumlah 40 orang dengan sebutan persatuan #AVGTeam yang tersebar di seluruh Aceh.  Hadi Ramnit salah satu admin AcehVidgram mengatakan, video yang diunggah setiap hari merupakan produksi dari 40 kreator tersebut. Video yang di-upload setiap admin, memiliki variasi kategori: comedy, sport, art, beauty, story, animal, community dan food and traveling loh.

Hadi mengaku kaget melihat tanggapan positif masyarakat keberadaan akun video humor yang digagasnya, hingga hari ini akun AcehVidgram jumlah followernya sudah mencapai 59,2k pengikut, padahal usianya belum mencapai dua tahun. Nggak ada syarat khusus jika ingin bergabung. "Cara menjadi member AcehVidgram harus mengikuti meetup yang kami buat, jadi syaratnya itu saja, hehe," kata Hadi pada Rakyat Aceh, Minggu (20/11) malam saat ditemui di kawasan Lambhuk, Banda Aceh.

Hadi menambahkan, jumlah follower AcehVidgram lebih 50 ribu membuat mereka berada di peringkat ke-4 akun vidgram dari seluruh Indonesia. Padahal, lanjut Hadi, aceh merupakan salah satu provinsi yang telat membentuk sebuah komuniats vidgram, tercatat aceh Vidgram merupakan kota ke-31 yang mendaftar, dari 43 kota di Indonesia.

"Kami masuk 5 besar. Peringkat 1 Bali, kedua BanjarVidgram, JogjaVidgram, AcehVidgram dan terakhir Makassar Vidgram,” tambahnya.

AcehVidgram sudah beberapa kali ikut berpartisipasi dalam even yang ada di Aceh, seperti Unsyiah Fair, Ar-Raniry Fair, Soundstation, dan Festival Kopi. Anggota komunitas AcehVidgram juga turut dalam kegiatan sosial seperti membagikan bekal sahur kepada pemulung, peminta sedekah, orang cacat, dan para jamaah tadarus di masjid-masjid saat bulan puasa tahun lalu. "Target kami kedepan ingin membuat video challenge dengan tema food makanan khas aceh karena kurangnya creator food di Aceh. Kemudian kami ingin mngundang teman-teman @indovidgram untuk hadir di acara ultah kedua kami tanggal 17 April 2017 nanti," pungkas Hadi Ramnit.

 

Hadiah Lomba untuk Umrah Orang Tua 

Sebagai salah satu penggagas AcehVidgram, Hadi punya banyak prestasi loh. Berbekal lomba video sebuah produk belanja online berdurasi 60 detik yang diikutinya, Hadi berhasil meraih hadiah utama, yaitu tiket liburan untuk dua orang, pilihan boleh kemana saja. Pengumuman pemenang hadiah itu baru saja diumumkan bulan Oktober lalu. 

Hadi senang bukan kepalang, ia tak menyangka menjadi satu dari dua kontestan yang meraih hadiah utama itu. Salah seorang pemenang dari provinsi Bengkulu, memilih berlibur ke negeri Sakura, Jepang, namun berbeda dengan Hadi, ia memberikan tiket tersebut kepada kedua orang tuanya berangkat ke tanah suci untuk beribadah umrah, Februari 2017 mendatang.Buah hati dari pasangan Anwar dan Irawati Ibrahim ini mengatakan, hadiah tersebut memang sudah menjadi niatnya sejak mengikuti lomba video tersebut, karena sebelumnya ia mengetahui kedua orang tuanya sedang menabung karena sangat ingin beribah umrah ke tanah suci.

"Mungkin ini sedikit hadiah terima kasih saya kepada orang tua setelah wisuda bulan September lalu, semua anak pasti ingin melihat orang tua bahagia," kata alumni FKIP Sendratasik Unsyiah itu pada Zetizen Aceh. 

 Sebelumnya, ia tak pernah berpikir bisa meraih juara lomba tersebut karena cowok kelahiran 15 Juni 1993, yang memang hobi membuat video di instagram, pernah gagal di beberapa kontes. "Sudah pernah empat kali gagal di lomba video IG, tetapi apa salahnya untuk mencoba lagi dan belajar dari kegagalan dan Alhamdulillah dapat meraih prestasi dari kegagalan tersebut," ujarnya. Selain itu, baru-baru ini ia juga dinobatkan sebagai salah satu The Leader dari 29 pemuda terpilih, yang dianggap inspiratif, berhasil membawa nama aceh menjadi lebih baik usai bencana tsunami.

Prestasi lomba video yang pernah diikuti:
  • Juara 1 lomba video Instagram Kitkat bekerja sama dengan Indovidgram 2015 (iPhone 6S)
  • Juara 2 lomba video Ramayana bekerja sama dengan Indovidgram 2016 (GoPro hero 4)
  • Juara 1 lomba video Tokopedia 2016 

 

Nah, buat kalian Zetizen Aceh, boleh banget ikutan komunitas AcehVidgram ini nih!

 

 

 

Ditulis oleh Ariful Azmi Usman, Rachmad Ramadhani dari Reporter Zetizen Aceh

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article