Are You a Zetizen?
Show Menu

5 Negara dengan Aturan Aneh

Hakiki Tertiari Hakiki Tertiari 21 Nov 2016
5 Negara dengan Aturan Aneh

Zetizen.com - Setiap negara pasti punya peraturan dan kebijakan masing-masing. Tapi, gimana jadinya kalau sebuah negara punya peraturan yang aneh dan nyentrik? Buat kamu yang mau berkunjung ke negara-negara berikut ini, ketahui dulu yuk aturannya! Check these out!

 

SWEDIA

"Dilarang Mengecat Bangunan tanpa Seizin Pemerintah"

Credit: nekretninebl.com

 

Pemerintah Swedia melarang warganya mengecat rumah tanpa seizin Pemerintah setempat. Dengan alasan ketertiban, pemerintah setempat pun mengeluarkan aturan ini. Sayangnya, tidak dijelaskan secara detail tentang aturan ini. Selain itu, warga pun dilarang menggunakan cat yang tidak tersertifikasi oleh pemerintah. Hmm rasanya aneh ya guys, bahkan pemerintah setempat nggak menjelaskan detail tentang hukuman jika ada warga yang melanggar ini.

 

YUNANI

"Dilarang Menggunakan High Heels"

No High Heels! Credit: pathartblog

 

Buat para cewek, jangan sembarangan menggunakan high heels ya kalau ke Yunani. Yap, salah satu peraturan di Negeri Para Dewa tersebut adalah larangan penggunaan high heels di kawasan situs bersejarah. Alasannya, alas kaki yang yang satu ini dianggap dapat merusak destinasi bersejarah, seperti situs-situs kuno atau lantai museum di sana. Nggak ada hukuman pidana atau denda bagi mereka yang melanggar. Pemerintah Yunani hanya memberi peraturan tertulis dan peringatan lisan. Pemerintah berharap, turis lokal maupun mancanegara dapat melestarikan keaslian situs bersejarah di sana. 

 

SINGAPURA

"Jangan Makan Permet Karet di Sini!"

Larangan mengunyah permen karet di Singapura. Credit: Keywordsuggest

 

Negara yang terkenal dengan Patung Merlion ini cukup ketat dalam menerapkan aturan. Salah satu aturannya adalah larangan mengunyah permen karet sembarangan di tempat umum. Aturan ini diberlakukan untuk penduduk lokal dan turis asing. Bahkan, pemerintah Singapura nggak mengizinkan toko-toko menjual permen karet. Peraturan ini mencuat setelag Pemerintah setempat kerap menemukan bekas permen karet menempel di tempat pelayanan umum seperti MRT. Pemerintah Singapura nggak segan untuk memberi denda sebesar SGD 1000 bagi pelanggarnya.

 

DENMARK

"Jangan Bayar kalau Nggak Kenyang!"

Salah satu restoran di Denmark. Credit: hellomilitello.com

 

Siapa yang nggak tertarik ke Denmark kalau ada peraturan seperti ini? Yap, Pemerintah Denmark melarang penduduk lokal dan turis asing untuk membayar makanan jika belum merasa kenyang. Anehnya, nggak ada tolak ukur kekenyangan di sana, tapi, biasanya restoran di sana akan memberikan porsi makanan yang nggak sedikit buat pengunjungnya. 

 

NORWEGIA

"Dilarang Meninggal di Daerah Ini"

Kota Longyearbyen, Norwegia. Credit: cruise-handbook

 

Nah, ini dia peraturan bisa jadi paling aneh; Dilarang Meninggal di Sini! Di daerah Longyearbyen, Pulau Svalbard, Norwegia, warga dilarang meninggal di kota bersuhu 2°C ini. Pemerintah pun mengharuskan kepada warga yang sedang sakit keras atau sekarat untuk segera dibawa ke daerah yang lebih hangat. Pemerintah beralasan, iklim yang ekstrem dapat berdampak pada keadaan jenazah, sebab jenazah nggak akan membusuk jika dikuburkan di kota ini. Karena, jenazah yang nggak membusuk akan mengeluarkan bau tak sedap, serta dapat mengganggu lingkungan sekitar. Pemerintah setempat pun menyiapkan kapal atau helikopter untuk membawa jenazah ke kota yang lebih hangat suhunya.

 

Source: dailymail.co.uk, wonderslist.com

Edited by Mesha Mediani

RELATED ARTICLES

Please read the following article