Are You a Zetizen?
Show Menu

Griselda Sastrawinata: Animator Indonesia Pertama yang Bekerja di Walt Disney Animation Studios

Vera Khairifah Vera Khairifah 14 Nov 2016
Griselda Sastrawinata: Animator Indonesia Pertama yang Bekerja di Walt Disney Animation Studios

 

Zetizen.com - Lagi-lagi, salah satu anak bangsa kembali membawa harum nama Indonesia. Kali ini, giliran Griselda Sastrawinata, animator handal yang berhasil bergabung bersama Walt disney Animation Studios. Untuk pertama kalinya, animator indonesia masuk dalam kru dari perusahaan film animasi dunia asal Amerika Serikat itu.

Sudah satu tahun Griselda bergabung dalam Walt disney Animation Studios. Saat ini, dia tengah terlibat dalam promo Film animasi pertama yang turut digarapnya, Moana. Film ini bercerita tentang seorang anak kepala suku yang dibebankan kepadanya sebuah misi berat.

Di Film ini, dia bekerja dalam divisi Visual Development. Sebagai seorang Visual Development Artist, Griselda berperan dalam proses pembuatan latar belakang dan ilustrasi kain yang menjadi kostum dalam film. Meski begitu, dia baru mengikuti projek ini saat sudah di tengah proses produksi. Ini dikarenakan pembuatan Film Moana sudah dilakukan sejak 5 tahun yang lalu.

 

Griselda saat menjelaskan keterlibatannya dalam pembuatan Film Moana. Foto: Ferry/Zetizen Team

 

Dalam proyek pembuatan Film Moana ini, Griselda bekerja sama dengan lebih dari 800 seniman lainnya yang berasal lebih dari 25 negara.  Baginya, bekerja di disney merupakan sebuah kebanggaan tersendiri karena merupakan impiannya sejak kecil.

“Sebelumnya aku udah pernah bekerja di Dreamworks, namun aku tetap berhasrat untuk menjadi bagian dari Disney. Hingga akhirnya aku diterima setelah mengirim aplikasi 9 tahun yang lalu,” ujar Griselda dalam screening Film Moana di XXI Epicentrum, Jumat (11/11) lalu.

Talenta animasi yang dimiliki Griselda memang tidak didapatkan dengan mudah. Melalui pendidikan animasi yang dijalani dengan serius, dia tercatat sebagai alumni dari Art Center College of Design. Sebuah kampus yang fokus mempelajari desain yang berada di Pasadena, California.

Baginya, desain memerlukan kesungguhan dalam ketelitian dan memerhatikan hal-hal detail. “Animasi adalah seni paling kolaboratif di dunia, karenanya hal sekecil apapun perlu diperhatikan," jelasnya.

Terlebih, rumah studio tidak membatasi setiap orang untuk bisa bergabung. Asalkan memiliki talenta yang sesuai standar.

“Disney tidak pernah memandang orang dari mana ia berasal, atau gender apa dirinya. Yang utama adalah art work yang dihasilkan," katanya.

Bekerja dengan produsen animasi ternama memberi kesan tersendiri bagi Griselda. Semua detil tampilan harus sempurna. Kesulitan dalam pekerjaan pun kerap dialaminya.

"Proses pengerjaan kan bertahap dari satu divisi ke divisi yang lain. Jadi tetap ada deadline-nya. Dalam Moana, saya bahkan harus merevisi desain popok yang digunakan anak-anak suku," kenangnya.

Hingga saat ini, Griselda tercatat sebagai satu-satunya orang Indonesia yang menjadi bagian dari rumah produksi Disney. Tertarik untuk mengikuti jejak karir yang sama dengannya?

 

Written by Ferry Sandi

Edited by Vera Khairifah

RELATED ARTICLES

Please read the following article