Rekomendasi Kompetisi Internasional yang Bisa Kamu Coba
| 14 comments

Zetizen.com – Siapa nih yang lagi berburu piagam prestasi untuk di-submit saat mendaftar SNMPTN tahun depan? Nah, buat menambah sertifikat dan pengalaman kamu, ada beberapa kompetisi berskala internasional tapi nggak ribet dan worth to try. Peluang menang cukup besar serta ada beragam award yang menarik. Simak yuk!

 

 

The Queen's Commonwealth Essay Competition 2017

Jenis kompetisi: Bikin Essay

Deadline: 1 Mei 2017

 

Dengan mengusung tema “A Commonwealth for Peace”, kompetisi essay ini mengajak anak muda di negara Commonwealth buat mengemas isu seputar demokrasi, Hak Asasi Manusia dan perdamaian dalam sebuah tulisan. Pesertanya dikelompokkan ke dalam dua kategori yaitu, Junior Category (kisaran umur dibawah 14 tahun) dan Senior Category (kisaran umur antara 14 sampai 18 tahun). Dan, masing-masing kelompok kategori juga ditawarkan 4 sub tema untuk diangkat menjadi sebuah essay dengan 1500 kata dalam Bahasa Inggris. Seperti misalnya di Senior Category ada pilihan tema “Should you fight for peace?” dan “What is the cost of peace?” serta dua tema lainnya.

Pengumpulan esai gampang banget. Kamu tinggal registrasi online di sini, lalu unggah file esai kamu. Pengumpulan bisa dilakukan sejak 21 September lalu sampai 1 Mei 2017. Untuk info lebih lanjutnya bisa cek di website ini. Kompetisi essay ini semakin menarik karena juara 1 dan 2 bisa merasakan trip ke London, Inggris loh!

 

 

 

 

10th International Children's Film Festival Bangladesh

Jenis kompetisi: Film pendek

Deadline:  November 2016

Pertama kali diselenggarakan tahun 2008, festival film ini menjadi yang terbesar di Bangladesh. Dan semakin menjadi sorotan industri per-filman di seluruh dunia, karena merupakan salah satu kompetisi film yang juga mengajak filmmaker muda untuk berkarya. Nah, bagi peserta dari luar Bangladesh, ada 3 kategori yang bisa kamu ikuti yaitu, Child Filmmaker's Section, International Film Competition dan Non-Competitive Category.

Setiap kategori memiliki ketentuan dan persyaratan masing-masing. Jenis film boleh dibuat pun beragam bisa film animasi, film pendek animasi, film action, film pendek action, dan boleh juga film dokumenter. Genre yang ditawarkan pun bebas, cocok banget buat kamu yang doyan bikin video dan jago editing. Jika terpilih, film kamu akan masuk dalam daftar festival ini. Untuk info serta persyaratan lengkapnya bisa cek di website ini.

 

 

Nikon International Photo Contest 2017 

Jenis kompetisi: Fotografi

Deadline: 27 Januari 2017

 

Buat yang suka fotografi, hunting foto, selfie, wefie bisa coba lomba fotografi berskala internasional ini. Yang membedakan dari perlombaan fotografi lainnya, peserta bisa mengumpulkan foto, photo story (2-5 foto tematik) dan juga video pendek 3 menit (maksimal 10 foto). Ada 3 kategori lomba, yaitu Nikon 100 th Anniversary Award Theme: “Celebration”, Next Generation Award Theme: “Future” dan The Open Award Theme: “Future”.

Syaratnya cukup mudah. Kamu boleh mengambil foto dengan kamera apapun, termasuk smartphone. Lalu, submit karya di sini. Peserta yang masih amatir atau yang sudah pro boleh daftar kok. Hadiahnya, kamera Nikon D5, D810, D500 dan D5500 lengkap dengan lensa hingga uang 500 ribu Yen. Asikkk! 

 

 

Youth Ag-Summit 2017 Essay Contest

Jenis kompetisi: Bikin essay

Deadline:  13 Januari 2017

Yup, kompetisi menulis essay ini diadakan dalam rangka menyambut Youth Agriculture Summit yang akan digelar di Brussel, Belgia pada 2017 nanti. So, selain mendapat hadiah, jika essay kamu terpilih, kamu berkesempatan ikutan konferensi internasional ini. Essay yang dilombakan mengambil tema tentang agrikultur, ketersediaan bahan pangan, food security, lingkungan, dan pelayanan sosial. Semua peserta dari berbagai negara boleh banget ikutan dan menuliskan topik sesuai dengan kondisi home country mereka.

Cukup registrasi online, dan submit essay kamu di situs resmi mereka. Nah, karena pengumpulan masih cukup lama, kamu masih bisa riset dan konsultasi tentang topik essay-nya. Cek guideline dan entry form-nya di sini ya.

 

 

Good luck!

 

Sumber: Thercs, CFSbangladesh, NIKON

Editor: Wika

 

 

Ali Faisal
Ali Faisal, 16
Jawa Timur
100 poin
joined 3 hours ago
Muhammad Nurfaizi Aufa
Muhammad Nurfaizi Aufa, 16
Kalimantan Utara
12100 poin
joined 4 hours ago