Are You a Zetizen?
Show Menu

Pertukaran Pelajar Kennedy-Lugar YES untuk SMA dan Difabel

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 08 Nov 2016
Pertukaran Pelajar Kennedy-Lugar YES untuk SMA dan Difabel

 

Zetizen.com – Belajar di luar negeri bukan cuma mimpi lagi. Sebab, semakin banyak negara yang membuka pintu bagi pelajar yang pengin menimba ilmu di sana. Salah satu program Pertukaran Pelajar untuk SMA dan sederajat adalah Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) dari U.S. Department of State yang bekerja sama dengan Bina Antar Budaya.

 

Sejak 2003, program ini sudah memberangkatkan lebih dari 700 siswa. Tujuannya adalah untuk menjembatani pemahaman dan pengertian masyarakat negara dengan populasi muslim yang banyak dengan masyarakat amerika Serikat.

 

Selama di sana, kamu tinggal dengan keluarga asli amerika dan sekolah di sekolah setempat. Selain itu, kamu juga akan menjadi duta perdamaian dan persahabatan antara Indonesia-Amerika. Nggak cuma belajar, bakal banyak kegiatan-kegiatan seru sehingga kamu sering berinteraksi langsung dengan masyarakat Amerika. Menarik kan?

 

Meski sama-sama diadakan Bina Antar Budaya, program Kennedy-Lugar YES beda dengan AFS. Sebab, program ini juga bisa diikuti pelajar difabel (tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa). Selain itu, AFS yang lebih fokus kepada research untuk keuntungan peserta berdurasi satu tahun. Sedangkan Kennedy-Lugar YES yang fokus kepada interaksi budaya antara Indonesia dan amerika mengajakmu tinggal di amerika selama 10 bulan.

 

Persyaratannya nggak susah kok.

  • Berusia 16–17 tahun saat program dimulai.

  • Berada di kelas IX, X, atau XI saat mendaftar.

  • Rata-rata nilai B atau di atas SKM (nggak ada yang mengulang).

  • Memenuhi persyaratan untuk via J-1 Amerika.

  • Nggak boleh lahir di amerika atau punya orang tua berkewarganegaraan Amerika.

  • Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia).

 

Tertarik mendaftar? Segera siapkan dirimu! Meski pendaftaran untuk keberangkatan 2017 sudah ditutup, kamu masih bisa ikut keberangkatan selanjutnya (2018). Info selengkapnya bisa kamu cek di sini atau sini.

 

Source: AFS Indonesia, U.S. Embassy, Bina Antar Budaya

Edited by Ratri Anugrah

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article