Are You a Zetizen?
Show Menu

Tips Jual Beli Nendoroid yang Menguntungkan

Tips Jual Beli Nendoroid yang Menguntungkan

 

Zetizen.com – Buat para kolektor, nendoroid bukan cuma mainan yang bisa memuaskan passion, tapi juga punya nilai ekonomi. Yap, dalam circle para kolektor, jual beli nendoroid emang sangat umum. Nah, buat kamu yang pengin jualan nendoroid, biar makin untung, simak dulu tips berikut ini!

 

Ketahui Momen Populer dan Animo Karakter Rilisan Nendoroid

Semakin cute ekspresi karakter suatu nendoroid, semakin tinggi pula nilai jualnya. Apalagi kalau karakter itu berpotensi populer lewat film dan anime yang most anticipated atau termasuk seri limited edition.  Oleh Karena itu, kalau kamu sudah berniat menjual nendoroid, nggak usah ragu ikut PO (pre-order). Sebab, nendoroid biasanya diedarkan dalam sekali rilis.

 

Nah, kalau kamu sudah punya beberapa nendoroid dan ingin menjualnya, rajin-rajinlah mengecek forum diskusi nendoroid. Misalnya di Kaskus dan Nendonesia-ID. Di sana  kamu bisa mendapatkan informasi jual-beli nendoroid, harga,  hot release, dan apa yang diincar kolektor.

 

Incar Koleksi Rilisan Limited dan Eksklusif

Biasanya, rilisan limited editon mengikuti hype di Jepang, rilisan momentum dan anniversary, atau nendoroid khusus acara tertentu seperti wonder festival (WonFes). Good Smile Company selalu merilis edisi nendoroid terbatas pada event pecinta action figure yang digelar dua kali dalam setahun tiap musim summer dan winter itu.

Nendoroid Limited Edition
Nendoroid Mirai Suenaga, koleksi nendoroid khusus Wonder Festival (Foto: Wonder Festival)

 

Mendapatkannya emang nggak mudah. Kamu wajib usaha. Salah satu caranya dengan sering update halaman Good Smile Company dan wonder festival serta mencari di situs jual-beli seperti HJL.com, amiami.com, atau 1999.com. Kamu juga harus menyiapkan dana lebih buat shipping ke Indonesia. Setelah itu, jangan langsung dijual. Kalau kamu bisa mengumpulkan edisi limited lain dan membanderolnya, dijamin para kolektor langsung mengincarnya.

 

Pastikan Box dan Segel Masih Bagus

Nendoroid dalam Box (Foto: JEFORCEX)

 

Nggak cuma barang bagus yang diinginkan kolektor, kemasan nendoroid juga mempengaruhi harga jual. Kalau kamu pernah membuka box-nya, pastikan kemasannya masih bagus dan terjaga serta segel masih sangat rapi. Dengan begitu, harga yang ditawar kolektor nggak bakal jauh dari harga belimu. Apalagi kalau nendoroid itu langka dan banyak diincar, bisa-bisa harganya menjulang tinggi!

 

Tentu kolektor juga perlu info akurat buat mengetahui kondisi nendoroid yang kamu jual. Oleh karena itu, kamu harus mengenali kode-kode yang dipakai para kolektor untuk mengetahui perbedaan kualitas nendoroid berikut ini:

 

  • Mint in sealed box: nendoroid masih baru dan tersegel dalam box. Kalau masih tanpa cacat,  harga jualnya bisa lebih tinggi daripada harga beli.
  • Open for check: Segel dan box pernah dibuka, tapi nendoroid belum pernah disentuh tangan. Harga jualnya tentu berkurang, tapi kalau segel dan box dibuka dengan hati-hati, nilai jualnya masih bagus.
  • Loose: Menandakan nendoroid itu adalah barang bekas. Tapi, jangan salah. Bukan berarti barangnya jelek dan nggak layak jual. Kamu yang berniat menjual nendoroid loose pun wajib memberi informasi sedetil-detilnya kepada calon pembeli.

 

Edited by Ratri Anugrah

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article