Are You a Zetizen?
Show Menu

Cerita Tiga Mahasiswa UI Penemu HelpMe!, Bisnis Start-Up Menguntungkan yang Berawal dari Tugas Kuliah

Hakiki Tertiari Hakiki Tertiari 07 Nov 2016
Cerita Tiga Mahasiswa UI Penemu HelpMe!, Bisnis Start-Up Menguntungkan yang Berawal dari Tugas Kuliah

 

Zetizen.com- Nggak betah lihat kamar berantakan, tapi malas atau bahkan nggak ada waktu untuk membereskannya? Untuk kamu yang tinggal di wilayah Depok, Jawa Barat, layanan jasa cleaning service bernama HelpMe! mungkin bisa jadi jawabannya. Tapi, siapa yang sangka kalau usaha ini berawal dari tugas kuliah yang dijalankan tiga mahasiswa Indonesia? Yuk, simak cerita lengkapnya!

HelpMe! adalah bisnis yang bergerak di bidang jasa cleaning service yang membantu membersihkan kamar kosan atau apartemen konsumen. Ezra Fregga (FEB-UI), Alexander Bangkit (FEB-UI) dan Deki Anissa (Vokasi Akuntansi UI) merupakan tiga tokoh di balik terbentuknya layanan ini. Ide bisnis datang dari kesamaan pemikiran ketiganya yang merasa banyak mahasiswa yang kurang telaten membersihkan kamar.

Fyi, bisnis yang sudah ada sejak Februari 2016 ini awalnya cuma tugas kuliah. Kemudian berlanjut ke ajang Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Universitas Indonesia. Mendapat apresiasi baik dengan berhasil menjadi finalis di PMW UI, para founder sepakat untuk meneruskan bisnis start-up ini. HelpMe! berkembang dan menghasilkan omzet 5 juta rupiah per bulan. Saat ini, HelpMe! memiliki tiga pekerja aktif yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga di sekitar Depok.

"Kami merasa sangat beruntung, karena ibu-ibu di sekitar Depok ini mau diajak kerjasama. Aku juga terkesan sama kinerja dan keramahan mereka pada konsumen," jelas Echa, sapaan akrab Ezra Fregga.

 

 

Salah satu cleaner HelpMe! sedang membersihkan kamar konsumen. Foto: HelpMe! for Zetizen

 

Ikon HelpMe! rupanya punya filosofi tersendiri. Kata "help me" yang berarti "tolong saya" dan tanda seru setelahnya diartikan sebagai teriakan dari mahasiswa sibuk yang nggak sempat membereskan kamar, dan akhirnya meminta bantuan HelpMe!

By the way, Echa, Alex dan Deki sekarang sedang menyiapkan diri untuk mengikuti lomba kewirausahaan bertaraf nasional loh!

"Setelah berhasil menjadi finalis PMW UI, kami akan mengikuti ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) di Malang pada 16-19 November 2016 nanti. Doakan sukses, ya!" ujar Echa.

 

(Dari kiri ke kanan) Deki Anissa, Ezra Fregga, dan Alexander Bangkit, para founder HelpMe! 

Foto: dok. pribadi Ezra Fregga

 

Layanan ini menggunakan media sosial untuk promo layanan, dan chat messanger LINE untuk pelayanan ke konsumen. Buat kamu yang tertarik menggunakan jasa HelpMe! Cukup add ID LINE @helpme dan chat sesuai dengan form data diri dan alamat kost arau apartemen.

Untuk membantu meningkatkan mutu kualitas, HelpMe! dilengkapi dengan satisfication index untuk mengetahui feedback dari konsumen. Paket layanan bersih-bersih bisa kamu ketahui lewat akun Instagram @helpmepartners. Harga yang ditawarkan mulai dari 35 ribu rupiah sampai dengan 75 ribu.

HelpMe! melayani konsumen di daerah Depok, Jawa Barat. Tapi dalam waktu dekat, para founder berencana merambah ke wilayah Jabodetabek. Serta layanan konsumen via website yang akan dirilis Desember mendatang. Wih!

See? Untuk jadi enterpreneur muda nggak hanya perlu ide inovatif, tapi realisasi nyata untuk wujudkan usahamu. Tertarik untuk buat bisnis start-up juga?

RELATED ARTICLES

Please read the following article