Are You a Zetizen?
Show Menu

Google Pixel vs iPhone 7, Mana yang Lebih Unggul?

Fahri Syadia Fahri Syadia 30 Oct 2016
Google Pixel vs iPhone 7, Mana yang Lebih Unggul?

Zetizen.com - Satu lagi nama besar turun di dunia smartphone. Mengusung sistem operasi Android 7.1 Nougat, google baru saja melahirkan smartphone pertamanya bernama Pixel. Dianggap sebagai pesaing iPhone, bagaimana perbandingan keduanya?

tampilan handset kiri: Pixel, kanan: iphone 7. Credit: Stuff.tv

 

Operation System (OS)

Udah bukan rahasia kalau google dengan OS Androidnya selalu bersaing dengan Apple dan iOS nya di pasaran. Meski punya terget pasar yang sedikit berbeda, namun persaingan pixel dan iphone 7 begitu terasa. Nggak heran sih, soalnya keduanya merupakan handset flagship masing-masing pabrikan.  Jadi jelas kalau keduanya juga dibekali dengan versi tercanggih dari masing-masing Operating System yang dibawa. iphone tampil dengan iOS 10 yang merupakan os tercanggih dari keluarga Apple. Sementara pixel tampil membawa Android Nougat 7.1 yang punya segudang fitur baru dan canggih.

Pixel               : Android 7.1 Nougat

iPhone 7         : iOS 10.

 

RAM

Sudah bukan hal aneh kalau RAM yang besar bakal membuat gadget jadi lebih flexible dalam menjalankan berbagai aplikasi bersamaan. Nah, dalam hal ini, pixel terlihat lebih unggul dengan kapasitas RAM dua kali lipat milik iphone 7. Ini membuat secara teori, pixel mampu meng-handle lebih banyak aplikasi yang dijalankan bersamaan.


Pixel               : 4 GB RAM

iPhone 7         : 2 GB RAM

 

kiri: iphone 7, kanan: google Pixel. Credit: Highs Nobiety

Kamera

Buat generasi Z yang terkenal suka selfie, kamera mungkin termasuk salah satu fitur dari smartphone yang paling penting. Nah, secara spesifikasi, ternyata kedua smartphone ini punya spesifikasi kamera yang lumayan berimbang. 

Pixel                : Belakang 12.3 MP, Depan 8 MP

iPhone 7         : Belakang 12 MP, Depan 7 MP

 

Baterai

Percuma punya smartphone super canggih kalau nggak bisa dipakai. Iya, siapa sih yang nggak bete kalau belum apa-apa, baterai smartphone cepat banget habisnya. Nah, ngomong soal kapasitas baterai, lagi lagi pixel mengungguli iphone dengan kapasitas baterai 30% lebih besar.

Pixel                : 2770 mAh
iphone 7          : 1960 mAh

 

kiri: iphone 7, kanan: Pixel. Credit: Android Central

Body

Kalau ini soal selera sih. Sebagian orang suka handphone yang makin lebar, sebagian lainnya suka yang lebih slim biar gampang masuk saku. Nah antara Pixel-iPhone 7, begini lah perbandingan ukuran body-nya.

Pixel                : 154,7 x 75,7 x 7,3-8,6 mm. Berat 168 gram

iPhone 7          : 138,3 x 67,1 x 7,1 mm. Berat 138 gram

 

Memory

Memory ini juga penting buat anak zaman sekarang, terutama yang hobi nyimpan ribuan selfie di galerinyanih. Nah, karena iphone nggak punya memory eksternal, biar fair perbandingannya kita ambil dari memory internal. Hasilnya relatif sih, karena iphone 7 punya storage lebih besar tapi pixel bisa pakai memory eksternal tambahan.

Pixel                : 32 GB dan 128 GB

iPhone 7         : 32 GB, 128 GB, dan 256 GB

 

Harga

Nah ini nih, Secanggih dan sekeren apapun smartphone ini, ujung-ujungnya tetap duit lah yang menentukan pilihanmu. And guess what, harga iPhone7 ternyata masih ‘sedikit’ lebih bersahabat, Guys!

Pixel                : 10 juta - 11 juta

iPhone 7         : 8,5 juta - 11 juta

 

 

Source: The Guardian, Highs Nobiety

Edited by: Bogiva 

RELATED ARTICLES

Please read the following article