Are You a Zetizen?
Show Menu

World Pasta Day: 7 Fakta Menarik tentang Pasta

Fahri Syadia Fahri Syadia 26 Oct 2016
World Pasta Day: 7 Fakta Menarik tentang Pasta

 

 

Zetizen.com – Selamat Hari Pasta! Yap, setiap 25 Oktober, dunia merayakan World Pasta Day. Sudahkah kamu makan Pasta hari ini? Kalau belum, nggak ada salahnya kamu pesan sekarang. Pasta banyak disukai karena gampang banget buat bikin sendiri. Nah, buat kamu yang doyan pasta, kamu wajib mengenali 7 Fakta Menarik Pasta berikut ini.

 

1. Makanan Bersejarah Orang Italia

Oke, mungkin semua orang sudah tahu kalau Pasta berasal dari Italia. Tapi, masih nggak banyak orang tahu kalau Pasta itu literally merupakan sejarah bagi Italia lho. Soalnya, cikal bakal Pasta itu udah jadi makanan sejak zaman Romawi Kuno pada tahun 5.000 SM! Majapahit aja belum ada waktu itu tuh ya..

World <a href= Pasta Day" width="1600" />
Anak-anak Italia Membawa Pasta pada Perang Dunia II (Foto: Independent)

 

2. Ngetren Karena Perang Dunia

Ternyata, Pasta nggak cuma ngetren gara-gara perkembangan kuliner aja. Sebaliknya, keberadaan Pasta menyebar gara-gara perang dunia! Yap, waktu Amerika sedang krisis pangan pada 1930-an, salah satu suplai makanan terbanyak berupa pasta. Lalu, pada masa Perang Dunia II yang juga lewat Italia, pasukan sekutu dibekali Pasta oleh warga lokal. Wah, pantesan banyak restoran Pasta berlabel Amerika.

 

3. Ada 600 Macam Bentuk

Sebagai makanan yang udah menyebar ke seluruh dunia, Pasta pun diadopsi dan diubah-ubah sesuai tren masyarakat setempat. Oleh karena itu, konon bentuk Pasta mencapai 600 macam! Mulai dari lurus, spiral, bulat, dan lain-lain.

Jenis-jenis Past
Jenis-Jenis Pasta (Foto: Culinary Book)

 

4. Bentuk Beda, Saus Juga Beda

Bentuk Pasta yang bermacam-macam itu akhirnya berbuntut pada perkembangan jenis sausnya. Yap, ada bentuk-bentuk tertentu yang lebih cocok dibumbui dengan jenis saus tertentu juga. Misalnya, saus yang tebal cocok untuk Pasta yang pendek atau spiral seperti Rotini dan Fucilli.

 

5. Makan Pasta Bikin Gembira

Oke, siapa juga yang nggak senang kalau melahap makanan enak seperti pasta. Tapi, secara ilmiah pun, melahap Pasta itu memang bisa meningkatkan serotonin, enzim yang bisa bikin manusia merasa senang! Bisa jadi solusi kalau lagi galau nih.

 

6. Kadar Karbohidrat Lebih Tinggi dari Mie Instan

Bagi orang yang lagi diet, karbohidrat (dan lemak) adalah musuh utama. Tapi, siapa sangka kalau makanan se-fancy Pasta ternyata mengandung jumlah karbohidrat yang lebih tinggi (43 persen) dari mie instan (38 persen) yang notabene dicap nggak sehat. Jadi, sebaiknya kamu tetap mengkonsumi Pasta dibarengi makanan yang lebih bergizi seperti sayuran dan telur.

 

7. Punya Badan Internasional Sendiri

Saking populernya, Pasta sampai punya organisasi sendiri lho. Organisasi Pasta itu bernama International Pasta Organization (IPO). Tugas IPO adalah mendata berapa jumlah konsumen Pasta di berbagai negara seluruh dunia.

 

Source: Food Network, Fat Secret

Edited by Ratri Anugrah

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article