Are You a Zetizen?
Show Menu

4 Konsol Nintendo yang Jadi Inspirasi Nintendo Switch

Diana Hasna Diana Hasna 26 Oct 2016
4 Konsol Nintendo yang Jadi Inspirasi Nintendo Switch

Zetizen.com – Kurang dari seminggu yang lalu, nintendo baru saja mengumumkan peluncuran nintendo Switch, konsol terbaru mereka yang fenomenal. (baca: nintendo Switch, konsol Hybrid yang Bisa Dilepas Pasang" href="https://www.zetizen.com/show/4690/nintendo-umumkan-nintendo-switch-konsol-hybrid-yang-bisa-dilepas-pasang" target="_blank">Nintendo Umumkan nintendo Switch, konsol Hybrid yang Bisa Dilepas Pasang)

Berbeda dengan konsol lainnya, Switch memiliki kemampuan untuk menjalankan game berat sekelas game-game home console, namun dengan form factor ringkas ala konsol. Hal ini membuat Switch seolah merupakan gabungan dari seluruh konsol nintendo terdahulu kayak Famicom, Gameboy, nintendo DS, dan Wii. Nah, karena beberapa konsol tersebut udah berumur cukup tua, yuk lihat sejarah dan kelebihan masing-masing konsol tersebut.

 

Famicom (NES)

Ditengah kehancuran konsol game generasi pertama dan kedua karena kurangnya peminat, nintendo justru membuat gebrakan baru dengan meluncurkan Famicom. Sebab, perangkat yang dirilis akhir tahun 1983 ini punya kemampuan yang luar biasa bagi konsol di era itu. Kependekan dari Family Computer, famicom mampu menjalankan game dalam cartridge besar yang memiliki animasi 8-bit dengan resolusi tinggi untuk pertama kalinya. famicom juga memiliki controller unik bernama D-pad. konsol ini jadi salah satu platform yang membesarkan nama nama game legendaris kayak Zelda, Super Mario dan Castlevania.

Mesin awal perangkat Famicom. (Foto: Wikipedia)

 

Gameboy

Nggak hanya berjaya dengan famicom dan NES, nintendo juga merupakan pabrikan yang pertama kali mempopulerkan handheld gaming lewat Gameboy. Hadir dalam tampilan layar hitam putih, Gamboy menjadi penyempurna game handheld tahun 80 an. Meski berformat handheld, nintendo tetap menghadirkan fitur khas NES yang familiar . Disetiap perkembangannya, gameboy dikemas semakin wearable. Seperti seri lanjutannya gameboy Advance dan gameboy Advance SP yang bisa dilipat. Selain itu sistem tenaga yang digunakan pun terus diperbaiki. Dari yang awalnya hanya bisa dimainkan 10 jam dengan memakai 2 baterai tipa AAA hingga berubah menggunakan fitur rechargeable battery (baterai yang bisa di charge). nintendo juga terus meningkatkan prosesor Gameboy. Nggak heran kalau gameboy jadi game handheld terlaris di dunia dibandingkan competitor sejenisnya.

Nintendo Gameboy. (Foto: Blendernation)

 

 

Nintendo DS

Memasuki tahun 2000an, nintendo DS menjadi salah satu perangkat game favorit nintendo karena desain lipat horizontal yang dapat memuat dua layar. Hal itu tergambar dari nama "DS" yang merupakan singkatan dari "Dual Screen" sekaligus "Developers' System". Perangkat game ini juga dilengkapi mikrofon yang tertanam serta mulai didukungWi-Fi yang memungkinkan pemainnya saling berinteraksi dalam jarak dekat melalui layanan nintendo Wi-Fi Connection.

Dual screen pada nintendo DS. (Foto: Wikihow)

 

Nintendo Wii 

Wii adalah konsol permainan video kelima nintendo yang merupakan penerus nintendo game Cube. Inovasi utamanya adalah gamepad berbentuk joystick bernama Nunchuck yang merespon letaknya pada ruang fisik tiga dimensi di depan televisi. Wii lebih fokus pada keasyikan bermain dibandingkan tampilan grafik beresolusi tinggi seperti yang dimiliki konsol lainnya. FYI, Wii merupakan konsol game generasi baru dengan harga rilis termurah loh dibandingkan para pesaingnya. Kalau di Jepang, Wii dijual satu paket dengan Wii Sports atau game olah raga  seperti, tennis, baseball, bowling, golf, boxing loh. Tujuannya untuk memperkenalkan pengguna cara memainkan game-game di konsol ini

Nintendo Wii. (Foto: Gotgame)

 

Nah kira kira itulah sejarah dari empat konsol terdahulu nintendo yang menginspirasi lahirnya nintendo Switch. Kalau kamu suka yang mana nih?

Edited by Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article