Are You a Zetizen?
Show Menu

Nintendo Umumkan Nintendo Switch, Konsol Hybrid yang Bisa Dilepas Pasang

Bogiva Mirdyanto Bogiva Mirdyanto 22 Oct 2016
Nintendo Umumkan Nintendo Switch, Konsol Hybrid yang Bisa Dilepas Pasang

 

Zetizen.com - Buat para penggemar gaming console besutan Nintendo, ada kabar gembira nih. Pagi tadi (21/10), nintendo baru saja merilis resmi kabar peluncuran console terbarunya, nintendo Switch. Sebelumnya dirumorkan dengan nama nintendo NX, console ini bakal menggabungkan keseruan bermain home console, dengan portabilitas portable console.

Kemampuan hybrid tersebut bikin para penggemarnya nggak lagi harus membeli konsol rumah dan portable terpisah kayak Wii U dan nintendo 3DS. Meski memang peluncuran resminya baru akan dimulai Maret 2017, nintendo udah berbaik hati dengan memberikan bocoran yang lumayan banyak tentang seperti apa sih switch ini nantinya.

 

Nintendo switch saat dipasang di nintendo switch Dock (foto:Nintendo)

 

Bisa jadi Home Console, Bisa Juga Portable

Meski sekilas terlihat kayak konsol portable, keajaiban switch bakal terlihat begitu ditancapkan ke dock multimedia yang terhubung dengan TV. game apapun yang ada di switch bisa langsung kamu mainkan kayak memainkan home console.

 

Nintendo switch dalam bentuk Portable (foto:Nintendo)

Nah, kalau kamu pengin memainkannya ditempat lain, cukup cabut switch dari dock nya dan voila! Switch bakal menjelma sebagaimana konsol portable yang bisa kamu mainkan dimanapun. Psst, progres dan savefile game yang kamu mainkan akan tetap tersimpan meski kamu berganti-ganti memainkannya di mode home atau portable.

 

Pilihan Controller yang Beragam

Keunikan lain dari switch adalah sistem kontrolnya yang bisa diatur sesuai keinginan. Mau memainkan switch seperti konsol portable, tersedia dua kontroler di kedua sisi layarnya. Tapi saat kamu ingin bermain multiplayer, kedua kontroler itu bisa kamu pisah untuk diberikan ke lawan mainmu.

Masih kurang puas? Atur aja konfigurasi kontroler sesukamu dengan Joy-Con Grip. Atau kamu ternyata hardcore gamer yang pengin menggunakan dedicated controller khas home console? Nggak perlu bingung. nintendo juga menyediakan nintendo switch Pro Controller yang udah dilengkapi semua tombol khas konsol Nintendo.

 

Nggak nyaman dengan bentuk kontroler asli? rakit aja kontrolermu sendiri dengan Joy-Con Grip (foto:Nintendo)
Mau main bareng teman? kontrolernya bisa dipisah jadi dua kok! (foto:Nintendo)
Pengin ngerasain memegang kontroler home console yang asli? Tenang, ada nintendo switch Pro Controller (foto:Nintendo)

 

Ditenagai NVIDIA Tegra dan Banyak Judul game Seru

Kalau sebelumnya nintendo jarang terbuka soal spesifikasi hardware konsolnya, kali ini, justru hal itu udah diumumkan sejak awal. Yep, nintendo switch bakal ditenagai NVIDIA Tegra, mobile gaming chip paling canggih yang ada saat ini. Menurut website NVIDIA dan Nintendo, seluruh sistem dan programming dalam switch dibuat se-optimal dan se-efisien mungkin.

 

"Kami telah mendesain setiap aspek untuk membuat platform gaming baru: algoritma, arsitektur komputer, desain sistem, desain software, API, hingga game engine dan peralatan lainnya demi menjamin kepuasan bermain game terbaik," - NVIDIA

 

Nggak hanya itu, Peluncuran switch ini juga diramaikan oleh banyaknya nama nama developer game besar yang udah menjanjikan beberapa judul game terbaru akan segera bisa dimainkan di Switch. Kayak The Legend of Zelda: Breath of the Wild, Mario Kart, bahkan Skyrim dan kemungkinan NBA 2k17 juga bakal meramaikan pilihan game di konsol ini. (source: Nintendo, Polygon, Gamespot, Wired)

Buat yang penasaran sama teaser konsol yang satu ini, simak aja videonya: 

Sayangnya, karena peluncurannya masih kuarter pertama tahun depan, belum ada informasi resmi soal harga yang ditawarkan. Gimana, tertarik buat membeli? Share your thought below!

RELATED ARTICLES

Please read the following article