Are You a Zetizen?
Show Menu

5 Event Bersepeda Dengan Konsep Unik di Jepang

Alda Cyrilla Alda Cyrilla 22 Oct 2016
5 Event Bersepeda Dengan Konsep Unik di Jepang

 

Zetizen.com - Kebiasaan naik sepeda masyarakat Jepang rupanya menginspirasi penulis manga, Yowamushi Pedal. Yup, Pedal mengangkat tema balap sepeda pada manga-nya, Grande Road. Selain populer lewat manga, kegiatan balap sepeda juga beken lewat berbagai event dan kompetisi bersepeda yang ada di negara sakura ini lho. Mau ikutan? Lima event bersepeda dengan konsep unik ini bisa jadi referensi kamu. Yuk, simak!

 

Keirin

 

Lomba balap sepeda di Jepang, Keirin, udah ada sejak 1948. Credit: wired

 

Lomba balap sepeda yang udah ada sejak tahun 1948 ini sudah menjadi tradisi bagi warga Jepang. Uniknya, para peserta akan memakai pakaian dengan warna mencolok agar mudah dibedakan. Jarak yang ditempuh kurang lebih 2 kilometer yang dibagi atas beberapa lap, tergantung panjang track-nya. Sekarang, Keirin jadi ajang penting dan diikuti pesepeda dari berbagai negara.

 

UCI cycling (Japan)

 

UCI Japan mengatur kompetisi sepeda di Jepang. Credit: UCI

 

Uni Cycliste Internationale (UCI) adalah lembaga dunia untuk olahraga cycling yang mengawasi kegiatan kompetisi bersepeda secara internasional. UCI berbasis di Aigle, Swiss. Di tahun 2016 ini, UCI juga mengadakan Asian Tour yang berlokasi di Jepang. So, peserta bisa berkompetisi dengan pesepeda dari seluruh Asia. Kamu update kegiatan cycling UCI lewat situs resmi www.uci.ch ya!

 

The Japanese Odyssey

 

Credit: japanese odyssey

 

Ini adalah event bersepeda yang mengutamakan daya tahan peserta dan petualangan. Peserta diajak untuk meng-explore daerah-daerah 'tersembunyi' di jepang selama 14 hari. Termasuk melintasi tanjakan-tanjakan curam di berbagai pegunungan di Jepang. Fitur live tracking juga tersedia untuk memantau sejauh mana tiap peserta bersepeda. Buat kamu yang suka tantangan, event ini cocok banget deh!

 

Cycling Shimanami

 

Credit: cycling tips

 

Cycling Shimanami bukan kompetisi yang mencatat kecepatan peserta untuk jadi juara. Tapi, peserta akan diberikan prioritas untuk bersepeda dengan aman dan memanfaatkan waktu untuk melihat pemandangan alam selama mengikuti rute Setouchi Shimanami Kaido.  Peserta juga bebas melalui jalan tol yang biasanya diperuntukkan khusus untuk mobil. 

 

KANcycling

KANSAI cycling atau yang biasa disebut KANcycling adalah event bersepeda internasional. Banyak rute yang dijadikan seperti rute event ini. Seperti Kyushu, Honshu, dan Shikoku yang juga menyuguhkan panorama indah. Untuk pesepeda yang ingin mengikuti KANcycling, informasinya bisa diketahui lewat situs www.kancycling.com.

 

Source: cyclingshimanami, kancycling, UCI, velowire, wired.

Edited by Vera Khairifah

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article