Are You a Zetizen?
Show Menu

Battersea Station, dari Pabrik Usang Jadi Markas Baru Apple Inc.

Zetizen Zetizen 14 Oct 2016
Battersea Station, dari Pabrik Usang Jadi Markas Baru Apple Inc.

 

Zetizen.com - Nggak cuma mempersiapkan produk baru, Apple ternyata juga lagi siap-siap pindah ke markas baru. Tempat yang dimaksud adalah gedung battersea Power Station, kompleks industri usang di kota London yang sedang disulap menjadi kompleks kantor modern nan hijau. Bakal seperti apa markas baru Apple ini nantinya?

Sebagai salah satu perusahaan teknologi paling prestisius di dunia, Apple tentu perlu markas yang sepadan dengan reputasinya. Kebutuhan itu bikin perusahaan mendiang Steve Jobs ini memilih battersea power station sebagai calon lokasi markas barunya. Tempat itu merupakan bekas komplek industri usang yang sudah terbengkalai.

Yap, battersea Power sebenarnya hanya lah kompleks pabrik tua yang usang. Pada tahun 1983, kegiatan industri di battersea bahkan dihentikan. Namun sekarang, investor telah melirik battersea sebagai kompleks yang menjanjikan dan renovasi seharga 9 milyar Pounds (143 trilyun Rupiah) pun sedang digencarkan dan ditargetkan selesai pada tahun 2021.

 

Battersea power station saat ini (foto: creative common)

 

Sebelumnya, Apple memang udah memiliki headquarters yang berlokasi di California, Amerika Serikat. Tapi di Eropa, terutama Inggris, kantor-kantor Apple masih berceceran di berbagai daerah dan belum terpusat. Karena itu, battersea power station bakal jadi headquarter baru Apple di Inggris. 

Jika kepindahan udah terealisasi, maka battersea power station bakal menggusur headquarter Apple di Cork, Irlandia yang sebelumnya berstatus sebagai kantor terbesar Apple di luar Amerika.

“Ini kesempatan yang hebat untuk bisa membuat seluruh tim kami bekerja di satu lokasi yang sama dan mendukung kompleks yang kaya akan sejarah ini.” tutur perwakilan Apple kepada Standard.

 

Ilustrasi battersea power station saat sudah direnovasi Apple (foto:citymetric)

 

Bagi pelaku ekonomi di London, kedatangan raksasa ekonomi dunia itu terasa seperti angin segar. Pengakuan itu turun langsung dari walikota London, Shaddiq Khan. 

“Saya teramat senang Apple berpindah ke battersea Power Station, yang akan menggerakkan lapangan kerja baru dan roda ekonomi di London.” sebutnya sebagaimana dilansir Standard. 

Meski memang belum selesai, yang jelas, investasi 9 milyar Pounds untuk renovasi battersea itu nampaknya bakal worth it untuk Apple. Kompleks seluas 46,000 meter persegi ini memiliki 6 lantai dan atrium megah yang bakal digunakan oleh Apple. Sedangkan kompleks gedung-gedung di sekitar bangunan utama bakal dikomersikal sebagai restoran dan apartemen.

Selain pemandangan Sungai Thames yang indah mengalir disampingnya, sebuah ‘garden in the sky’ alias taman di atap gedung juga bakal mempertegas modernnya battersea power station setelah renovasinya nanti. Wah nggak sabar nih ngelihat gimana jadinya markas baru Apple ini. (standard/fortune/fhr/giv)

 

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article