Are You a Zetizen?
Show Menu

Serunya Kegiatan Railfans, Komunitas Pecinta Kereta Api

Zetizen Zetizen 09 Oct 2016
Serunya Kegiatan Railfans, Komunitas Pecinta Kereta Api

 

Zetizen.com – Sebagai alat transportasi, kereta api terbukti punya tempat tersendiri di hati masyarakat. Buktinya, ada komunitas pecinta kereta api atau yang biasa disebut railfans. Yuk, simak cerita Yan Ardiansyah, salah satu anggota Sahabat kereta api VIII Surabaya. Kegiatan seru apa aja sih yang dilakukan para pecinta kereta api?

 

Yan Ardiansyah

Z: Sudah sejak kapan bergabung dengan komunitas kereta api?

Y: Aku bergabung dalam komunitas kereta api tuh sejak 2009. Salah satunya KOMUTER atau komunitas Peduli dan Pecinta kereta api dan sempat menjabat sebagai ketua. Lalu, sekarang aku tergabung dalam komunitas Sahabat kereta api VIII surabaya yang baru aja terbentuk Mei lalu.

 

Z: Apa yang bikin Kak Yan tertarik sama alat transportasi ini?

Y: kereta api tuh punya banyak keunikan. Misalnya, bebas macet, biayanya terjangkau, dan lebih efisien dibandingkan alat transportasi lain. kereta api juga punya nilai plus lho. Salah satunya yaitu bisa dijadikan spot foto dengan menampilkan keindahan alam Indonesia. Yang paling menarik sih daerah pegunungan yang ada relnya itu.

 

Z: Kegiatan apa sih yang biasa dilakukan sebagai pecinta kereta api?

Y: Kalau aku pribadi paling suka hunting foto sekaligus keliling menggunakan kereta api ke suatu daerah. Aku juga sekaligus mempelajari hal-hal tentang perkeretaapian supaya lebih paham. Contohnya, menghafal jenis-jenis armada, nama stasiun, dan beberapa teknik fotografi kereta api yang aku dapat secara otodidak saat hunting foto kereta api.

 

Z: Kalau dengan komunitas, kegiatannya apa aja?

Y: komunitas sering mengadakan event-event seputar perkeretaapian. Baik yang bersifat sosial, edukasi, maupun entertainment.  Sebab, kami sebagai pecinta kereta api ingin hobi ini bisa bermanfaat dalam mensosialisasikan kebijakan atau aturan baru kereta api kepada masyarakat luas.

 

Bagi-bagi miniatur kereta api (Foto: dok. Yan Ardiansyah)

 

Santunan kepada penjaga palang lintasan (Foto: dok. Yan Ardiansyah)

 

Wah, seru dan bermanfaat ya! Siapa yang tertarik bergabung dengan komunitas kereta api? Yuk, ceritakan komunitas kereta api di kotamu lewat kolom komentar!

 

Komunitas Pecinta kereta api di Surabaya (Foto: dok. Yan Ardiansyah)

 

Penulis: Diana Hasna || Editor: Ratri Anugrah

RELATED ARTICLES

Please read the following article