Are You a Zetizen?
Show Menu

5 Hal Seru ini Bisa Kamu Lakukan Saat Menjelajahi Kota

Zetizen Zetizen 08 Oct 2016
5 Hal Seru ini Bisa Kamu Lakukan Saat Menjelajahi Kota

 

Zetizen.com – Menjelajahi sudut-sudut kota alias melakukan urban exploration (urbex) emang mengasyikkan. Selain makin tahu seluk beluk kota, beberapa kegiatan urbex juga bisa kamu jadikan hobi baru loh! Dan berikut 5 aktivitas yang bisa dilakukan saat urbex. Check this out! (fhr/ver)

 

Credit: creativeboom

 

Street Photography

Hunting foto spot langka dan potret kehidupan perkotaan wajib kamu lakukan saat urbex. Banyak sudut-sudut dan aktivitas kota yang indah ditangkap kamera. Kamu pun jadi makin tahu sama sudut kotamu sendiri.

Lewat street photography ini, kamu juga bisa menyampaikan pesan tersirat dalam fotomu. Misalnya ketika ada ibu yang dengan tulus membonceng anaknya di sepeda kayuh, atau syahdunya suasana di kala hujan. Selanjutnya, Instagram bisa jadi media yang cocok buat sharing foto-fotomu.

 

Credit: brilionet

 

Rooftopping

Lihat pemandangan kota dari atas gedung atau biasa disebut rooftoping jelas seru! Eits, nggak selamanya rooftopping kamu lalukan di lounge atau kafe mahal kok. Beberapa gedung dengan tingkat keamanan yang sip biasanya memperbolehkan pengunjung naik ke atap gedung. Seperti mall dan apartemen. Pemandangan ini juga oke untuk kamu abadikan. Jangan lupa perhatikan keselamatan saat selfie, ya!

 

Credit: sollubags

 

Parkour

Buat kamu yang suka memacu adrenalin, parkour bisa jadi pilihan lain saat mengeksplor kota. Nggak cuma dapet foto yang instagram-able, gerakan parkour yang enerjik juga bakal membakar banyak kalori tubuh. 

Tapi ingat, nggak semua orang bisa parkour loh! Kamu harus berlatih di tempat-tempat yang aman terlebih dulu. Ketika udah bisa melakukan parkour secara professional, baru kamu boleh mencobanya di area publik. 

 

Eksplor Area “Tempo Doeloe”

Setiap kota tentu punya spot yang terlihat vintage alias “tempo doeloe” banget deh. Menjelajahi sudut-sudut bersejarah saat urbex jelas bermanfaat. Yakni menambah pengetahuan dan kamu makin menghargai budaya serta sejarah kota. Gedung tua, museum kota, hingga perkampungan tradisional seperti China Town di kotamu bisa jadi pilihannya.

 

Credit: nydailynews

 

Underground Exploration

Di luar negeri, underground exploration jadi yang paling digemari. Ruang kota yang jarang tersentuh seperti gorong-gorong kota yang luas, dan area rel kereta bawah tanah malah dikunjungi sewaktu urbex.

Di Indonesia, tempat-tempat seperti ini mungkin jarang atau bahkan nggak ada. Tapi dengan maraknya pembangunan kota, tempat konstruksi bisa jadi alternatif untuk underground exploration. Sebelum masuk ke area konstruksi, jangan lupa izin pada petugas dan perhatikan keamanan serta keselamatanmu, ya!

RELATED ARTICLES

Please read the following article