Are You a Zetizen?
Show Menu

Tips Mudah Membuat Zine dan Cara Publikasinya

Zetizen Zetizen 03 Oct 2016
Tips Mudah Membuat Zine dan Cara Publikasinya

 

Zetizen.com – Pengin mengekspresikan diri lewat majalah, tapi nggak punya akses buat nulis di majalah komersil? zine bisa jadi solusinya loh. Karena bahan-bahan yang dibutuhkan dan isi konten relatif murah dan mudah didapat, semua orang pun bisa bikin zine. Biar makin tahu, yuk simak kiat membuat zine dari Tim Zetizen berikut ini! (fhr/ver)

 

Bahan-bahan: 

Zine emang bisa dibuat dengan bantuan komputer. Tapi ketika meembuat zine handmade, kamu lebih bisa ngerasain keseruan proses pembuatannya. Untuk membuat zine ini, bahan-bahan yang diperlukan meliputi:

- Kertas secukupnya

- Cutter/gunting

- Lem

- Penggaris

- Ballpoint/spidol warna-warni

 

Tema

Berikutnya, kamu harus menentukan tema untuk zine yang kamu buat. Tema ini penting, karena menentukan konten-konten apa yang akan dimasukkan. Umumnya, tema zine lebih berani dan bebas jika dibandingkan tema-tema yang biasa diangkat majalah pop.

“Semangat zine adalah keberanian dan kebebasan. Tujuan zine itu mendobrak standar-standar baku, jadi semua orang bisa menyarakan apa pun. Kita bisa membahas musik, film, sastra, hingga politik. Ada baiknya kalau melibatkan pula kontributor yang paham sama isi tema,” kata Erwin Dewantoro, zine maker yang menulis Aksara Merdeka.

 

Zine merupakan karya indie yang menyuarakan aspirasi pembuatnya. Foto: Reno/Zetizen Team

 

Konten

Selanjutnya, kamu bisa langsung membuat konten yang disesuaikan dengan tema yang kamu pilih sebelumnya. FYI, dalam pengisian konten, ada baiknya kalau kita berani menyuarakan aspirasi tanpa terbatas pada aturan apapun. Karena itu lah nilai perbedaan zine dibanding majalah komersil umumnya. Selain berupa tulisan, tampilan zine juga disertai dengan gambar buatanmu sendiri, ilistrasi, atau ragam foto yang kamu desain sesuai selera.

“Sebuah zine bisa jadi buah pemikiran satu atau beberapa orang. Jadi, satu rilisan bisa berisi tulisan dengan gaya yang variatif. Tapi sebaiknya, zine harus bisa mengangkat isu-isu yang nggak banyak diangkat media massa. Sebab esensi zine adalah agar semua orang bisa punya media massa sendiri untuk mengungkapkan pesan ataupun kegelisahan,” jelas Erwin.

 

Zine bazaar dan medsos pribadi bisa jadi wadah publikasi zine yang kamu buat. Foto: Reno/Zetizen Team

 

Publikasi

Meskipun zine terbilang produk indie, tapi zine tetap bisa kamu publikasikan secara luas loh. zine maker Annisa Rizkiana punya tips buat nyebarin zine karyamu. 

“Zine punya banyak banget ruang buat nyebar kok. Mulai dari zine bazaar, workshop, festival, acara musik, pameran, sampai medsos kayak instagram, tumblr, blog, dan lain-lain. Tapi yang paling asyik emang tukeran atau barter sama zine maker lain,” tutur Annisa yang menulis di Au Revoir, Gnoem-Gnoem, dan Supernova Thermomatic.

 

Budget   

Nggak usah khawatir soal biaya produksi zine. Total budget tergantung sama bentuk zine buatanmu. Misalnya, dibentuk dengan rangkaian majalah-majalah bekas, cetak dengan fotokopi, atau cetak print. Umumnya, range harga produksi sebuah zine berkisar 10-20 ribu Rupiah per zine. Yang jelas, biaya itu nggak ada apa-apanya deh dibanding sama rasa bangga telah memproduksi karya indie buah aspirasimu sendiri. Well, selamat mencoba!

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article