Are You a Zetizen?
Show Menu

Tips Solo Traveling ala Ndup (@waskithash)

Zetizen Zetizen 25 Sep 2016
Tips Solo Traveling ala Ndup (@waskithash)

 

Zetizen.com – Gimana ya rasanya liburan sendirian alias solo traveling? Sebagian orang cenderung insecure (takut) sebelum pergi. Entah karena takut kesasar, takut nggak bisa pulang, dan ketakutan lain. Daripada berpikiran macam-macam, yuk, simak tip solo traveling ala Ndup a.k.a Backpacker Tampan, traveler sekaligus penulis buku Bucket List! (dhs/rat)

 

Tentukan Tujuan

‘‘Pemilihan tempat tujuan sih sebenarnya tergantung masing-masing orang. Tapi, saranku sih lebih baik memilih tempat tujuan yang living cost-nya rendah atau paling nggak setara sama Indonesia. Misalnya, wisata alam atau tujuan yang menawarkan culture. Ini bisa jadi salah satu pilihan destinasi antimainstream dan sekaligus mengeksplor hal baru. Daripada ke wisata belanja atau ke kota-kota besar, ya kan?

 

Hari dan Budget

Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah punya plan yang rapi jauh-jauh hari. Mulai dari durasi berlibur, mau kemana aja, transportasi yang akan dipakai, dan mau ngapain aja di sana. Sebab, hal itu berpengaruh sama budget. Misal nih, kalian punya budget Rp 3 juta dan pengin pergi selama 30 hari. Berarti, budget maksimal dalam sehari adalah Rp 100 ribu. Oh iya, perbanyaklah searching tentang tempat tujuan ya!

 

How to Packing

Namanya liburan sendirian ya jangan sampai menyusahkan diri sendiri, terutama dalam hal barang bawaan. Minimalisir barang yang dibawa. Misalnya, cukup bawa 6–7 baju yang gampang dicuci bergantian dan obat-obatan penting. Bawa beban sedikit juga meringankan pengeluaran loh! Jadi, kalau naik pesawat nggak perlu menambah ongkos bagasi he he.

 

How to Struggle

Banyak orang nggak jadi berangkat ke luar negeri karena nggak bisa bahasanya. Jangan jadikan itu sebagai hambatan! Di tempat tujuan, biarpun kita pakai bahasa isyarat tangan, pasti ada yang mengerti kok. Lalu, ketakutan kedua adalah kesasar. Nah, itulah fungsi dari membuat checklist sebelum berangkat. Catatlah kamu mau kemana aja, naik apa buat ke sana, dan lokasinya bakal melewati jalur apa. ‘‘The power of Google’’ bakal diperlukan banget pas liburan sendiri. Jadi, nggak usah kebanyakan mikir aneh-aneh dulu. Jalani dulu aja. Oke?

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article