Are You a Zetizen?
Show Menu

Reza Pahlevi Buka-Bukaan tentang Mantan dan Perjalanan Hidup di Buku Terbarunya

Zetizen Zetizen 23 Sep 2016
Reza Pahlevi Buka-Bukaan tentang Mantan dan Perjalanan Hidup di Buku Terbarunya

 

 

Zetizen.com - Yesterday You Said Sorry, Tomorrow Cari Lagi. Tagline itulah yang diusung Reza Pahlevi, selebask terfavorit Zetizen, dalam novel berjudul (Ex)perience karyanya. Novel tersebut mengangkat kisah perjalanan hidup dan cerita cinta dengan mantan-mantannya. Sebanyak 28 persen Zetizen pun suka baca novel tersebut. Well, kira-kira isi bukunya bakal seasyik answer-answer Reza di Ask.fm nggak, ya? Yuk, kita simak review dari para Zetizen yang juga dapat bonus ’’spesial’’ di bawah ini. (nrm/c14/adn)

 

Bunga mawar dan cap bibir buat penggemar buku ini. Dok: Annisa

 

Jawaban Teka-teki Mantan Om Eja

’’Nggak nyangka!’’ Itulah dua kata yang langsung muncul di benak Annisa Amalia waktu kali pertama baca buku (Ex)perience. Menurut dia, buku itu seolah menjawab teka-teki tentang kisah percintaan seorang Reza Pahlevi. ’’Ada seorang mantan Om Eja yang emang di Ask.fm nggak dijelasin kenapa bisa putus. Di buku ini, semua dijelasin,’’ jelas siswi Islamic Centre Muhammadiyah Cianjur tersebut dengan menggebu-gebu.

Oh ya, Annisa ini beruntung banget loh! Dibela-belain ikut PO, dia ternyata memperoleh bonus berupa bunga mawar, kiss mark, dan quotes dari Eja yang berbunyi, ’’Bibir ini buat Bunda.’’ Annisa juga dapat banyak pelajaran dari buku tersebut, khususnya tentang percintaan. ’’Pertama sih, aku belajar buat nggak melihat orang dari luarnya aja. Baik di luar belum tentu baik di dalam,’’ tuturnya.

Di sisi lain, Annisa mengungkapkan sedikit kekurangan buku tersebut, yaitu tentang alur. ’’Menurutku, babnya agak acak sih. Jadi, setelah bab pertama, alurnya kayak nggak runtut gitu,’’ jelasnya.

 

Dinda Nadila, Pacar Reza Pahlevi (foto: dok. pribadi)

 

Terinspirasi Cerita Pendidikan Om Eja

Bagi yang pengin tahu lebih jauh tentang sosok Reza Pahlevi, Ingrid Noviarica menyarankan buat baca buku (Ex)perience. Menurut dia, buku itu menyimpan banyak banget cerita tentang perjalanan cinta dan hidup Reza Pahlevi yang nggak ada di media sosialnya. ’’Buku ini bagus dan seru, jadi bisa tahu apa aja yang nggak ada di medsosnya. Apalagi, aku dapat bonus mawar. Bunganya langsung aku pajang loh, hehe,’’ ucap gadis berambut panjang tersebut.

Dari keseluruhan isi buku, Ingrid impressed banget sama cerita tentang kisah pendidikan Reza Pahlevi. Tepatnya dalam bab yang berjudul Kalau Ada Niat, Pasti Ada Jalan. ’’Salut banget. Dia benar-benar nggak mau menyusahkan orang tua. Bisa jadi inspirasi sih buat pembaca biar kerja keras dan sungguh-sungguh mengejar pendidikan,’’ tuturnya.

Tapi, mahasiswi Universitas Gunadarma itu masih sedikit kurang puas dengan buku tersebut. ’’Bonus spesialnya cuma dikit. Aku nggak dapat stempel bibir Om Eja deh,’’ katanya.

 

Ssssst, di balik bukunya yang bercerita tentang mantan, Reza punya segudang pengalaman menarik loh. Yuk kepoin!

 

Awalnya Cuma tentang Satu Orang

Buku (Ex)perience emang berisi tentang pengalaman-pengalaman Reza pada masa lalu, termasuk dengan mantan-mantannya. Eits, tapi awalnya Reza berniat nulis tentang satu cewek aja loh. ”Tadinya, cerita di buku cuma tentang pacarku saat itu. Tapi, di tengah-tengah nulis, aku malah diputusin. Akhirnya, aku harus bikin kerangka ulang dari awal dan si cewek tersebut cuma jadi salah satu bab di bukuku,” jelas Reza. Nah, itulah yang bikin penerbitan buku Reza sempat molor beberapa bulan dari jadwal yang diprediksi.

Minta Izin kepada Mantan

Karena mengangkat kisah tentang para mantan pada masa lalu, Reza nggak bisa seenaknya memasukkan cerita tersebut ke buku. Alhasil, Reza perlu minta izin kepada enam mantan yang dibahas. Untung, mereka justru memberikan feedback positif kepada Reza. ”Aku pernah nulis bab tentang salah seorang mantan di mal. Eh, tiba-tiba dia lewat. Jadilah aku nulis dan ditemenin tokoh di dalam buku,” kenangnya. Nggak cuma minta izin, Reza juga memberikan karyanya itu kepada setiap mantan, termasuk salah seorang mantan di Inggris.

Dapat Judul dari Follower

Yap, awalnya Reza sempat bingung menentukan judul yang pas untuk buku pertamanya ini. Untuk mencari ide, Reza bertanya kepada beberapa follower-nya di Ask.fm. ”Ada satu follower yang kasih ide judul Experience. Akhirnya, aku edit sendiri jadi (Ex)perience,” jelasnya. Menurut Reza, penambahan tanda kurung itu menegaskan bahwa bukunya banyak bercerita tentang mantan. Namun, jika dibaca keseluruhan, (Ex)perience bermakna pengalaman hidup Reza, termasuk saat berjuang membiayai kuliah sendiri.

Bab Favorit Eja

Tiap penulis pasti punya bab favorit dari buku yang ditulis. Nggak terkecuali Reza Pahlevi. Meski menurutnya tiap bab punya pengalaman yang bikin dia belajar, ada satu bab yang berbeda baginya. ”Dari semua bab, favoritku adalah 3 Hari untuk Selamanya yang bercerita tentang pacarku yang sekarang. Itu satu-satunya bab yang happy ending dan masih berjalan sampai saat ini,” tutur Reza. Hal tersebut sekaligus menjadi ucapan terima kasih Reza kepada si pacar meski sempat berantem perkara mantan. Si pacar juga tetap mendukungnya menyelesaikan buku itu. (als/adn)

RELATED ARTICLES

Please read the following article