Are You a Zetizen?
Show Menu

Ini lah Trik di Balik Efek Visual Star Wars: The Force Awakens

Zetizen Zetizen 22 Sep 2016
Ini lah Trik di Balik Efek Visual Star Wars: The Force Awakens

 

Film Star Wars: The force awakens menggunakan efek visual yang canggih. Credit: Youtube

 

Zetizen.com - Punya cerita dan karakter yang khas, seri dari film Star Wars emang selalu dinanti penggemarnya. Nggak terkecuali untuk Star Wars: The force awakens (2015) yang sukses menyajikan kelanjutan film tersebut. Setahun berselang, ILMVisualFX akhirnya membongkar rahasia trik efek visual lewat akun Youtube-nya. Penasaran? Let’s scroll down!

Efek visual dari sebuah film adalah yang terpenting. Apalagi untuk film yang bercerita tentang perang antar galaksi sekelas Star Wars. Makanya, Walt Disney Pictures sebagai produsen film menggunakan teknologi animasi CGI tercanggih untuk Star Wars: The Force Awakens. 

Rahasia canggihnya efek visual itu dibongkar oleh akun Youtube ILMVisualFX. Fyi, perilisan proses membuat efek visual ini legal kok. Sebab, ILM adalah perusahaan animasi yang bekerjasama langsung dengan Walt Disney Pictures. Tanpa basa-basi, video langsung menyajikan penyusunan animasi dibalik The Force Awakens dengan kompilasi video yang menarik.

 

 

Dari video tersebut, akhirnya penonton mengetahui bahwa nggak semua tokoh yang nampak dalam film diperankan langsung oleh actor atau aktris pembantu. Melainkan hanya permainan efek visual animasi layaknya dalam sebuah game. Juga pesawat dan stasiun luar angkasa, kayak Millenium Falcon milik Han Solo yang megah itu pun ternyata nggak nyata.

 

Salah satu adegan dalam Star Wars: The force awakens yang menggunakan efek visual. Credit: Huffingtonpost

 

Dalam pemilihan lokasi syuting pun Walt Disney Pictures melakukan penghematan karena kecanggihan efek visual. Misalnya, pada adegan perang di padang pasir, kru film nggak perlu mencari lokasi dan mengambil gambar langsung di sana. Juga untuk visual yang menggambarkan banyaknya jumlah pasukan Darth Vader, semuanya di setting dengan rapi dalam efek visual canggih. Yup, ILM bisa menggarapnya dengan modal seperangkat komputer dan software!

“Yang saya inginkan, mereka (penonton, red) bisa berteriak dan tertawa, menikmati pengalaman seru dalam film layaknya anak-anak lagi,” tutur sutradara J.J. Abrahan kepada Telegraph

Well, emang kebukti deh ILM dan Walt Disney sukses bikin penonton kagum dengan hasil kerja mereka. Nggak cuma soal hasil film, tapi juga proses pembuatan efek visual canggihnya. Keren! (huffingtonpost/telegraph/fhr/ver)

RELATED ARTICLES

Please read the following article