Radio Online, Menikmati Siaran Radio Lewat Koneksi Internet
| 80 comments
Di era digital, radio online lebih dipilih para pendengar karena banyak keunggulan. Credit: sportnewsgreece

 

Zetizen.comOn these day, popularitas radio emang menurun. Tapi, tetep aja radio jadi media penting di zaman sekarang. Misalnya, untuk promosi lagu-lagu hits dari para musisi. Nah, selain radio FM yang biasa kamu denger, ada radio online yang bisa kamu nikmati dengan koneksi internet. Apa aja sih keunggulan jenis radio ini? Yuk, cari tahu! (streamwithq/977music/fhr/ver)

 

Jangkauan Luas

Lagi asik dengerin radio di perjalanan, begitu masuk ke luar daerah, eh sinyal radionya hilang. Malahan, jadi berpindah ke channel lokal di wilayah itu. Siaran atau lagu favorit jadi nggak bisa kamu dengerin deh.

Well, kejadian kayak gitu nggak bakal kamu alami kalau dengerin radio online. Dimana pun kamu berada, selama masih terkoneksi dengan internet, maka kamu tetep bisa dengerin radio favorit. Jangkauan luas radio online emang bikin pendengarnya puas!

 

Minim Iklan

Biasanya, radio konvensional sering banget memotong intro lagu untuk narasi  penyiar atau bahkan buat iklan. Efeknya, mood buat dengerin lagu terputar secara full jadi rusak.

Nah, kalau kamu dengerin radio online, dijamin bikin kamu lebih happy karena iklannya yang sedikit. So, siaran yang kamu denger jadi lebih murni gitu. Coba aja kayak di radio online Ruru Radio, yang bisa kamu dengerin di http://rururadio.org/

 

Musik Lebih Bervariasi

Kalau kamu penggila musik-musik indie yang bebas dan anti-mainstream, radio online jelas jadi pilihan yang cocok. Sebab, playlist radio konvensional yang memutarkan lagu-lagu umum yang lagi disukai banyak orang mungkin bisa bikin kamu bosan.

Makanya, nggak ada salahnya coba dengerin radio online yang punya segmentasi playlist khusus dan musik yang bervariasi. Misalnya radio Maximum Rock n Roll di situs http://radio.maximumrocknroll.com/ dan radio online asal Yogyakarta, PYY Qwerty Radio di http://pamityang2an.com/

 

Semua Orang Bisa Jadi Penyiar

Kalau ada kelebihan yang paling menonjol dari radio online, tentu ada di segi biaya produksi. Buat mendirikan radio online secara independen, kamu cuma perlu internet, mendaftar untuk pembuatan aplikasi radio, dan tambahan fitur-fitur lainnya yang bisa kamu atur sendiri.

Dengan kata lain, kamu udah bisa disebut founder radio online loh. Dan tentu aja, kamu juga bisa jadi penyiar di radiomu sendiri! Kayak Guruh Andhika Putra, founder sekaligus announcer dari www.radiogasm.org

Tapi inget, kamu juga harus kreatif mengemas dan mempromosikan radio online buatanmu. Sebab, radio online bakal banyak makan kuota. Kalau radio buatanmu nggak se-kreatif atau menarik pendengar, bisa-bisa pendengar setia malah sulit didapat tuh.

 

Alya Hardian Nizhar
Alya Hardian Nizhar, 18
Banten
1300 poin
joined 21 minutes ago
Abdi Permana
Abdi Permana, 14
Banten
4600 poin
joined 29 minutes ago