Are You a Zetizen?
Show Menu

Inilah Bukti Kalau Bumi Itu Bulat

Zetizen Zetizen 05 Sep 2016
Inilah Bukti Kalau Bumi Itu Bulat

 

Zetizen.com – Meskipun hasil foto luar angkasa sudah membuktikan kalau bumi itu emang bulat, masih ada aja yang ragu karena merasa planet ini datar. Nah, buat kamu yang masih galau, nih, simak bukti-bukti sederhana yang dijelaskan Teguh Hariyanto, ahli geologi sekaligus dosen Teknik Geomatika ITS. Let’s go! (dhs/rat)

 

Bayangan Matahari Bergeser

Sederhana deh. Coba kalian duduk seharian di lapangan dan ditengah terik matahari. Kalian bakal melihat bayangan tubuh yang awalnya ada di kanan berpindah secara berkala dengan sudut tertentu ke kiri. Percobaan ini membuktikan kalau bumi itu memiliki sudut lengkung dan bergerak mengelilingi matahari.

 

Kapal Menghilang di Kejauhan

Coba pergi ke pelabuhan dan lihat pergerakan kapal yang lama-lama akan terlihat kecil sebelum menghilang. Itu tandanya ada yang namanya koreksi kelengkungan bumi dimana planet ini bentuknya memutar. Sehingga, jarak pandang mata manusia nggak mampu buat melihat jarak terjauh dari planet ini kecuali dibantu alat ukur.

 

Kapal akan menghilang saat mencapai garis laut terjauh (foto: shutterstock)

 

Buka Google Maps

Cara paling simpel adalah dengan membuka Google Maps. Sebab, Google dibantu oleh satelit buat memproyeksikan tampilan bumi. Kalau kalian buka fitur ini tanpa memberikan penjelasan lokasi yang dituju, pasti kalian diperlihatkan tampilan proyeksi bumi yang berbentuk lengkungan. Nah, setelah memasukkan detail lokasi, Google secara otomatis akan memberikan tampilan lokasi yang terlihat datar.

 

Perbedaan Zona Waktu

Kalau kalian tinggal di Indonesia, coba deh cari pacar orang Amerika biar bisa merasakan Bukti kalau bumi ini bulat. Yap, ada perbedaan waktu, Bro! Kalau di Indonesia siang hari, di Amerika pasti sedang malam hari. Kalau bumi ini datar, pasti waktu di seluruh tempat akan sama dong!

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article