Are You a Zetizen?
Show Menu

Ajak Masyarakat Gemar Membaca, Kepala Sekolah di Belgia Buat Game Berburu Buku

Zetizen Zetizen 03 Sep 2016
Ajak Masyarakat Gemar Membaca, Kepala Sekolah di Belgia Buat Game Berburu Buku

 

Zetizen.com game Pokemon GO yang booming ternyata juga jadi inspirasi buat inovasi yang keren. Buktinya, seorang kepala sekolah di Belgia bernama Aveline Gregoire terinspirasi untuk membuat game serupa namun menggantinya dengan konsep berburu buku. game berjudul “Chasseurs de Livres” yang bisa dimainkan dari grup Facebook Gregorie tersebut berhasil menarik perhatian 40 ribu warga Belgia untuk memainkannya. game ini diciptakan Aveline untuk mengatasi kecanduan anak-anak terhadap game Pokemon GO dan beralih untuk sering membaca buku.

Cara bermain game Chasseurs de Livres ini gampang loh. Setiap pemain cukup mengunggah foto dan memberi petunjuk di mana mereka menyembunyikan buku agar bisa diburu oleh pemain lain. Jika buku yang dimaksud sudah ditemukan, gamer bisa membaca buku tersebut sebelum akhirnya melepaskannya kembali di tempatnya semula. Buku-buku tersembunyi dapat ditemukan di seluruh penjuru kota dan bahkan di desa-desa di Belgia.

 

Mengangkat konsep berburu buku, anak-anak juga bisa memainkan game Chasseurs de Livres.  Credit: hk01

 

“Ketika saya sedang merapikan perpustakaan, ternyata ruangan yang saya miliki tidak cukup menampung semua buku saya. Kemudian ketika selesai mencoba bermain Pokemon GO bersama anak-anak, saya rasanya menemukan solusi mengatasi buku-buku yang ada dengan melepasnya ke alam," ujar Aveline seperti yang dilansir dari Reuters. 

 

Untuk menjaga kualitas fisik buku, para pengguna game menyampulnya dengan sampul plastik agar terlindung dari panas atau air. Credit: hk01

 

Jenis buku yang disembunyikan beragam. mulai buku bergambar untuk anak-anak, sampai bacaan berat seperti novel misteri karangan Stephen King. So, game ini bisa sekaligus memberikan referensi bacaan untuk orang lain. Keren, kan? Karena yang disembunyikan adalah buku, nggak jarang pemain juga melapisinya dengan sampul plastik agar terlindung dari panas atau air. 

Kebukti kan guys, dari sebuah game yang nge-tren, efeknya nggak melulu negatif kok. Selain banyak bergerak karena hunting buku keliling kota, kamu juga bisa baca buku gratis. Komplit deh! (Telegraph/Reuters/dhs/ver)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article