Are You a Zetizen?
Show Menu

7 Spot Wisata Paling Kece Yang Hanya Ditemukan Saat Baronda Ke Pulau Ternate

Zetizen Zetizen 31 Aug 2016
7 Spot Wisata Paling Kece Yang Hanya Ditemukan Saat Baronda Ke Pulau Ternate

Zetizen.com - Sahabat Zetizen ada yang tahu Ternate itu di mana? kalau belum browsing dulu ya.

 

Asal kamu tahu aja, Pulau Ternate dulunya sangat terkenal dan menjadi pusat perdagangan dunia loh. Bangsa Eropa, Arab dan Cina beramai-ramai datang ke sini untuk mencari rempah-rempah pala dan cengkeh yang harganya setara dengan harga emas saat itu. Tak heran kalau pulau ini dijuluki sebagai Spice Island. Nah, selain menyimpan banyak sejarah, pulau Ternate juga memiliki tempat-tempat wisata yang bakal membuatmu betah untuk berlama-lama tinggal di sini.

 

foto: indonesiakaya

 

Wisata sejarah Benteng Tolukko

Masih dalam pembahasan sejarah, Kota ini terdapat banyak sekali benteng-benteng yang dibangun atara tahun 1522 sampai 1607 oleh bangsa portugis maupun bangsa Belanda. Beberapa bentengnya yaitu benteng Oranje, benteng Kastela, benteng Kalamata, benteng Kota Janji, dan benteng Tolukko. Tak ayal jika banyak sejarawan lokal maupun internasional yang datang kesini untuk meneliti. Karena saking bersejarahnya kota ini, pemerintah pun gencar mencanangkan Kota Ternate sebagai Heritage City agar dapat diakui oleh UNESCO.

Salah satu benteng yang ramai dukunjungi wisatawan yaitu benteng Tolukko yang dibangun oleh panglima portugis Fransisco Serao dan direnovasi ulang oleh Pieter Both seorang Gubernur Jendral Hindia Belanda. Benteng ini tempatnya sangat strategis karena berada tepat di atas bukit, sehingga bisa melihat keramaian kota dari ketinggian. Selain tempatnya yang strategis, keunikan dari benteng tolukko ini adalah bentuknya yang menyerupai jenis kelamin pria. Hehehehe.

 

foto: morefundiving

 

Wisata Underwater

Bagi kamu yang suka diving dan melihat-lihat terumbu karang bawah laut, pemerintah Ternate sudah menyediakan tempat khusus untuk wisata bawah laut yang nggak jauh dari pusat kota. Asik kan? Spot ini berlokasi di Taman Nukila sekitaran Masjid Raya Almunawar yang merupakan pusat keramaian kota Ternate. FYI sahabat, gara-gara diving di spot ini warga kebangsaan Australia menemukan sepesis ikan baru loh yaitu walking shark namanya. Kira-kira kalau sahabat Z diving disini bakal nemu spesis baru nggak ya? :D

 

foto: indonesiakaya

 

Wisata Alam Batu Angus

Ternate itu sendiri merupakan kota yang terletak di bawah kaki gunung merapi yaitu gunung Gamalama. Pada tahun 1673 menjadi tragedi kedahsyatan letusan gunung berapi Gamalama yang memuntahkan lava hingga ke pantai. Ketika mengering, lava ini menjadi keras seperti batu yang hangus dan membentuk struktur tebing-tebing yang curam. Dari lokasi ini kamu merasa seperti berada dalam hutan sabana hasil dari perpaduan indah warna hitam, hijau dan biru antara gunung Gamalama dan pantai halmahera yang luas. Selain itu, sahabat juga bakalan mendapatkan nilai edukasi dari wisata ini.

 

foto: ilhamarch

 

Wisata Danau Laguna

Selain danau Tolire yang sudah famous karena kemistisanya ada juga danau Laguna atau yang lebih dikenal dengan danau Ngade karena berlokasi di kelurahan Ngade. Untuk berkunjung ke tempat ini kamu harus rela naik puncak dulu di sebuah vila. Tenang, vilanya terbuka untuk umum kok dan hanya 5 ribu rupiah saja kamu sudah bisa masuk dan berfoto di sana. Dari atas vila ini kamu bisa menyaksikan pemandangan dengan pesona danau Laguna membentuk garis linier dengan pulau Maitara, Tidore dan pulau-pulau lainya.

 

foto: dok pribadi

 

Wisata Pantai Jikomalamo

Indonesia timur memang terkenal dengan keindahan pantainya. Selain airnya yang jernih, biotanya masih terjaga. Pantai ini baru saja ditemukan sekitar awal 2015 lalu karena untuk memenuhi keinginan wisatawan terhadap tempat pariwisata yang baru. Pantainya yang dangkal hingga jarak 100 meter jadi asyik untuk snorkling dan foto pre-wedding dengan background keindahan pulau Hiri.

 

foto: Busranto Latif Doa

 

Wisata Budaya Festival Legu Gam

Setiap daerah mempunyai festivalnya masing-masing guna menarik wisatawan lokal maupun asing. Nah kalau kamu baronda (jalan-jalan) ke Ternate, mending di bulan April karena pemerintah sedang mengadakan festival budaya Legu Gam. Nah karena eventnya kebanyakan baru mulai sore hari maka pagi harinya sahabat bisa manjakan diri untuk explorasi Pulau Ternate. FYI, Arti dari Legu Gam adalah pesta rakyat, Legu Gam itu sendiri merupakan acara tahunan untuk merayakan hari ulang tahun Sultan Ternate oleh masyarakat. Festival ini menampilkan banyak atraksi-atraksi budaya dari seluruh suku yang ada di Maluku Utara dan exhibition dari berbagai instansi yang dihelat di lapangan Salero dan berhadapan langsung dengan Kedaton (Keraton).

 

foto: indonesiakaya

 

Wisata Kuliner Gohu

Pembahasan tentang sejarah sudah, wisata alam, wisata underwater hingga wisata budaya juga sudah, tapi kayak masih kurang lengkap kalo nggak bahas yang satu ini. Yap, wisata kulinernya. Nah kalo baronda ke Ternate jangan lupa cicipi hidangan super lezat dengan cita rasa yang khas ini. Namanya Gohu sekilas memang mirip sashimi Jepang karena Gohu ini sendiri terbuat dari ikan tuna mentah yang masih segar. Bedanya dari cara penyajianya yaitu ikan tuna dicacah lalu diberi perasan jeruk, sedikit garam, kacang goreng, irisan bawang dan cabai rawit, disiram sedikit minyak goreng panas dan terakhir diberi kemangi. Yummy, lebih enak lagi kalau sambil meneguk kesegaran sirup buah pala yang rasanya asam manis.

 

Gimana tertarik nggak? Serunya lagi 7 destinasi di atas lokasinya yang saling berdekatan dan cukup baronda (keliling) mengintari pulau Ternate paling cepat selama 3 jam. Jangan lupa kalau kesini hubungi Zetizen team di Ternate ya sahabat!

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article