Are You a Zetizen?
Show Menu

Nggak mau Gadgetmu Rusak? Hindari 5 Kebiasaan Buruk Berikut

Zetizen Zetizen 29 Aug 2016
Nggak mau Gadgetmu Rusak? Hindari 5 Kebiasaan Buruk Berikut

Zetizen.com – Kebayang nggak sih susahnya beraktivitas tanpa handphone atau smartphone? Pastinya bakal ribet banget kan? Nah, udah tau begitu, ternyata, masih banyak banget orang yang nggak tahu cara merawat gadget-nya dengan benar. Buktinya, 5 kebiasaan yang bisa berefek buruk buat gadget ini masih aja banyak dilakukan. (toptenreviews/techrepublic/fhr/giv)

 

foto: alliexpress

Dibawa bawa ke tempat Berair

Zaman sekarang, mau ngelepas gadget dari tangan itu kayaknya susah banget. Udah bukan hal aneh kalau kamu nongkrong di WC sambil instagram-an atau buka youtube. Malah, kadang mandi juga bawa gadget.

Padahal, meski nggak kesiram air secara langsung, udara lembab atau percikan air aja udah cukup buat bikin komponen gadget-mu cepat rusak. Apalagi kalau kamu mandi dengan air panas yang uapnya kemana mana. Itu sih sama aja kayak nyemplungin gadget kedalam air. Kecuali gadget-mu emang tipa tertentu yang didesain tahan air, mending kurang kurangin deh kebiasaan ini.

 

foto: huffingtonpost

Membanting gadget di Kasur

Pulang sekolah, badan capek banget jadi bawaannya pingin segera berbaring di kasur aja. Saking nggak sabarnya, kadang kita ngelempar gadget gitu aja ke kasur, lalu disusul sama tubuh kita. Meskipun kasur itu empuk, salah banget kalau kamu mengira kebiasaan ini aman buat gadget-mu. Selain bisa aja ketibanan badan kamu, goncangan yang muncul saat gadget-mu mendarat di kasur bisa bikin komponennya goyah loh!

 

Browsing Aneh-Aneh

Nggak usah mengelak, sejak ada internet positif, kamu pasti sering mencari berbagai cara buat menembus website yang di blokir kan?. Padahal, kebiasaan itu berbahaya loh buat gadget-mu

Soalnya, banyak banget virus atau malware yang biasanya otomatis ter download saat kamu buka website yang nggak jelas. Makin parah, virus ini bisa aja berbentuk kayak aplikasi yang kelihatannya aman. Hati hati aja kalau tiba tiba ada pop-up yang meminta kamu buat mendownload aplikasi tertentu.

 

foto: youtube

Naruh di Saku Belakang

Kebiasaan orang bawa gadget itu beda-beda, ada yang di tas, saku kemeja, hingga saku belakang celana. Nah buat kamu yang biasa naruh di saku belakang celana, hati hati ya. Sekali kamu lupa, bukan nggak mungkin gadget-mu bakal terbelah jadi dua gara gara kedudukan. Kalaupun nggak patah, bisa aja kaca layarnya pecah dan menusuk bokongmu. Nggak mau itu sampai kejadian kan?

 

foto: digitaltrends

Ngecharge Semaleman

Buat yang pernah pakai BlackBerry, dampak buruk nge-charge semaleman jelas kerasa banget. Yaitu baterai hamil alias melembung. Tapi mentang-mentang udah nggak pakai BB, jangan kira smartphone generasi baru itu aman di charge semaleman loh.

Justru kebalikannya. Karena sekarang banyak smartphone berdesain unibody yang berarti baterainya nggak bisa dicabut cabut, dampak overcharge ini makin bahaya. Selain bikin gadgetmu jadi gemuk, baterai yang sering di overcharge bakal lebih cepat habis dan juga menghasilkan listrik yang nggak stabil. Akibatnya, komponen mesin gadget mu lah yang bakal jadi korban. Yang paling bahaya, gadget-mu bisa meledak!

RELATED ARTICLES

Please read the following article