Are You a Zetizen?
Show Menu

Pengin Belajar Bikin Miniature Photography?

Zetizen Zetizen 29 Aug 2016
Pengin Belajar Bikin Miniature Photography?

Zetizen.com – Kreatifitas itu memang nggak ada matinya. Seperti yang dilakukan pemilik akun instagram @cak_soekir berikut ini. Pria ini menampilkan visualisasi indah dari mainan-mainan mini miliknya. Yuk coba kita tanya tips dan trik mencoba miniature photography langsung dari @cak_soekier.

Berani Keluarkan Ide

“Sebenernya dalam miniature photography, gear bukan jadi masalah utama. Banyak juga temen-temen yang motret pakai hp, yang penting tentang gimana ide awal tentang konsep fotonya sendiri” kata cak sukir pada tim zetizen. Sebaba dalam fotografi miniatur bukan tentang capturing the moment, tapi creating the moment. Jadi bagus apa nggaknya foto kalian tergantung dari konsep foto yang kalian buat sendiri, semakin kreatif dan bagus komposisinya maka semakin bagus hasilnya.

Konsep

Jangan lupa juga mikir tentang konsep foto yang bakal kalian pakai. Menurut cak sukir foto miniatur terbagi jadi tiga konsep, yakni menjadikan objek miniatur terlihat seperti punya dunia sendiri jadi seperti manusia berukuran normal, membandingkannya dengan objek berukuran asli sehingga terlihat ukuran miniatur sebenarnya dan memasukan manusia ke dalam dunia miniatur jadi seseolah manusia berukuran sama dengan objek miniatur.

Amati, Tiru, Lalu Modifikasi

Kadang ide juga bisa dateng dari karya orang lain, guys. Coba recreate foto miniatur hasil orang lain buat masukan ide kalian. Selain bisa liat karya-karya cak sukir kalian juga bisa amati akun-akun penggiat fotografi yang lain. Cak sukir kasih rekomendasi akun @tanaka_tatsuya, @slinkachu_official, @wkass buat dijadiin referensi karya kalian nih. Jangan malu dm ahlinya buat tanya-tanya dan sharing tips ke kalian juga ya.

Kudu Sabar

Nih karena kalo kalian bekerja dengan miniatur yang ekstra kecil, 1:87 dari ukuran aslinya dapat dipastikan butuh kesabaran yang ekstra tinggi. Bahkan kata cak sukir aja buat menghasilkan satu foto bisa menghabiskan hingga berjam-jam. Zetizen sendiri juga waktu nyoba bikin miniatur fotografi perlu berkali-kali buat memposisikan model miniaturnya aja. Belum termasuk membuat set. Jadi buat yang mau menekuni bidang ini siapin kesabaran ekstra ya.

Berlatih Komposisi Foto

Ini lebih ke manfaat yang bakal kalian rasain kalo kalian mendalami miniature photography, “sebenernya fotografi miniatur ini bisa berguna buat yang mau belajar fotografi, karena objeknya diam maka fotografer bakalan dilatih buat bikin komposisi foto yang pas." saran cak sukir. Nah, kalau sudah lama mendalami miniature photography, maka bikin komposisi foto-foto lain bakalan terasa lebih gampang. (aw/dri)

RELATED ARTICLES

Please read the following article