Gitar Kustom, Cara Gitaris Ekspresikan Diri Lewat Sentuhan Personal pada Gitar
| 1674 views | 130 comments
Koleksi Dewox guitar (foto: Ivan/Zetizen team)

 

Zetizen.com – Nggak cuma punya skill yang jempolan, rata-rata gitar yang dipakai para gitaris top dunia pun juga keren-keren. Lihat aja gitar milik Slash dari Guns and Roses atau gitarnya Matthew Bellamy dari Muse. Tapi, kalau kamu mikir kamu bisa dapat gitar sekeren itu cuma dengan browsing di toko, bisa dibilang kamu salah besar.

Soalnya, gitar dengan bentuk dan fungsi aneh-aneh itu biasanya dibuat secara khusus alias custom made. Nah buat menjawab rasa penasaran kamu soal gitar kustom ini, Tim Zetizen udah bekunjung ke salah satu pembuat gitar kustom di Surabaya, yakni Dewox Guitar. Check this out!  

 

Bisa Pilih Sesuai Selera

Bisa dibilang, gitar kustom adalah ‘pelampiasan’ mereka yang nggak puas dengan model model gitar standar pabrikan yang dijual di toko toko. Entah karena pengin bentuk yang unik atau fungsi yang lebih lengkap, cuma gitar kustom lah yang bisa memenuhi. 

“Keuntungan utamanya itu bisa milih desain dan model yang diinginkan. Selain itu, spesifikasi yang lebih detail kayak jenis kayu, pick up, dan merk hardware yang dipakai pun bisa dibuat sesuai keinginan. Nah nanti harganya menyesuaikan,” sebut Deddy Bowox, owner dari Dewox Guitar. Yups, karena dibuat sesuai keinginan, maka biaya gitar kustom pun juga bisa disesuaikan dengan budgetmu. Di Dewox Guitar sendiri, harga custom berkisar antara 1,9 - 4 juta Rupiah.

Namun, karena dibuat sesuai pesanan, kamupun juga setidaknya harus mengerti beberapa jenis dan model gitar. Soalnya, desain body gitar itu banyak macamnya. Ada yang bentuknya Flying V, bentuk X, SG, dua lengkungan, maupun satu lengkungan. Nggak semua dari model itu tersedia di toko pada umumnya.

Custom gitar juga meliputi hal-hal yang lebih detail. Mulai dari jenis kayu yang dipakai, spesifikasi kayak besi-besi yang digunakan, warna cat, bahkan menamai merknya dengan namamu sendiri!

“Seringkali pelanggan request buat menambahkan ornamen-ornamen seleranya. Misal kerang-kerang gitu. Kadang ada yang memberi merknya dengan nama dia sendiri, bahkan nama pacarnya. Nggak tahu itu kalau putus gimana.” Ujar Dedy lantas tertawa.

 

Dalam mengkustom, kamu bisa memesan bentuk gitar seperti apapun (foto: Ivan/Zetizen team)

 

Menyesuaikan dengan Karakter Pemakai

FYI, Selain menerima pesanan buat meng-custom merk-merk yang udah mendunia, Dewox juga udah merilis brand gitarnya sendiri loh. Bisa ditebak, merknya adalah Dewox. Semua produk Dewox ini diproduksi di pabriknya sendiri di Mojokerto.

Buat menunjang promosi brand-nya, Dewox melakukan endorsement. Salah satunya ke gitaris cewek asal Bali, Ayu Gusfanz. FYI, Ayu Gusfanz ini adalah seorang gitaris cilik asal Bali yang baru berumur 10 tahun. That’s why, biar cocok sama penampilannya sebagai gadis kecil dan fenimin, corak pinky mewarnai gitar kustom miliknya yang dinamai Dewox Ayu Gusfanz Signature.

 

 

“Warna pink itu requestnya sendiri. Selain itu, kami juga mendesainkan Ayu gitar yang neck-nya lebih kecil, agar seimbang sama jari-jarinya.” kata Deddy

Nah, jadi buat kamu yang masih penasaran, inti dari kustom gitar sendiri adalah buat mendapatkan gitar yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Makanya, kustom gitar ini cocok banget buat kamu yang pengin mengekspresikan dirimu sebagai seorang gitaris. (fhr/giv)

Darma  Putra
Darma Putra, 18
Sumatera Barat
2100 poin
joined 1 hour ago
Isnaa  Isnaa
Isnaa Isnaa, 17
Sulawesi Selatan
600 poin
joined 2 hours ago