Are You a Zetizen?
Show Menu

5 Hal Penting yang Harus Kamu Tau tentang Cara Perawatan Denim dan Jeans

Zetizen Zetizen 25 Aug 2016
5 Hal Penting yang Harus Kamu Tau tentang Cara Perawatan Denim dan Jeans

 

Zetizen.com jeans alias denim kayaknya udah jadi fashion item yang wajib dimiliki siapapun. Sayangnya, nggak semua orang paham cara merawat bahan yang satu ini. Soalnya, fashion item satu ini gampang banget jadi kusam atau mengecil kalau salah perawatan. Nah, biar nggak salah, yuk simak 5 tips merawat denim yang berikut ini! (wikihow/bustle/dhs/giv)

 

Jangan Sering Dicuci

Karena dari awalnya jeans itu dirancang sebagai bahan yang tahan banting alias sulit kotor, jadi nggak perlu terlalu sering dicuci. Sebab, dibanding katun dan bahan lainnya, bahan denim alias jeans itu lebih sulit menyerap debu dan minyak. Kalau terlalu sering dicuci, bahan jeans mu bisa cepat pudar dan bahkan rusak.

 

Air Dingin untuk Mencuci

Saat ingin mencuci, ingat selalu buat menggunakan air dingin. Sebab, air panas akan dengan cepat meluruhkan warna jeans. Sementara air bersuhu dingin mampu mempertahankan warna jeans agar tidak cepat pudar selama pencucian.

 

cuci jeans pakai tangan (foto: mercantile)

 

Cuci Secara Manual

Bisa dibilang, mesin cuci adalah musuh dari pakaian berbahan jeans. Soalnya, ia harus kita sayangi dengan dicuci menggunakan tangan. Fungsinya, supaya kita bisa mengontrol kerasnya tekanan pencucian. Selain itu, takaran deterjen pun harus disesuaikan dan tidak boleh direndam apalagi disikat.

 

Hidari Terkena Matahari Langsung

Menjemur jeans sehabis dicuci pun nggak boleh sembarangan. Kalau nggakmau jeansmu mengkerut dan mengecil, jangan pernah memasukan jeans ke mesin pengering apalagi menjemurnya dibawah terik matahari langsung. Meskipun kita udah buru-buru buat memakainya, tapi harus tetap sabar menunggunya kering secara alami dengan kekuatan angin. Oh iya, saat dijemur, balik jeans-mu supaya nggak cepat pudar ya.

 

jemur jeans saat matahar sudah tidak panas dan ditempat yang berangin (foto:redenginejeans) 

 

Perhatikan Instruksi di Label jeans

Terakhir, ingat selalu buat baca instruksi perawatan yang biasanya tercantum pada label di bagian dalam jeans. Karena, biasanya pasti dituliskan cara pencucian, berapa suhu air yang digunakan untuk mencuci dan petunjuk penyetrikaannya.

 

Nah simple kan ternyata?

RELATED ARTICLES

Please read the following article