Are You a Zetizen?
Show Menu

Surrealisme, Aliran Seni yang Bikin Video Klip Up&Up nge-Hits

Zetizen Zetizen 24 Aug 2016
Surrealisme, Aliran Seni yang Bikin Video Klip Up&Up nge-Hits

 

Zetizen.com – Kalau kemarin filter anjing Snapchat sempat menjajah feed Instagram, sekarang giliran gambar ikan yang muncul yang dimana mana. Bedanya, editan ikan ini nggak muncul di wajah melainkan di banyak foto dengan background langit biru. Kalau diselediki, editan semacam itu rupanya terinspirasi oleh video musik coldplay yang berjudul Up & up.

Meski baru kelihatan ngetren sekarang, tahu nggak sih kalau seni semacam itu sebenarnya udah ada sejak lama. Dikenal dengan nama Surealisme, aliran seni yang satu ini ternyata punya sejarah yang cukup menarik loh. (fhr/giv)

 

Kalau penasaran sama videonya, tonton aja dulu

 

 

Berkembang buat ‘Nyindir’

Pada awal kemunculannya tahun 1920-an, surealisme berkembang berupa lukisan-lukisan. Soalnya, selain kamera merupakan barang yang masih langka, waktu itu belum ada Photoshop apalagi camera 360 dan Snapseed.

Aliran itu lantas dipopulerkan sebuah perkumpulan di Paris yang anggotanya adalah para pelukis yang kecewa sama Perang Dunia I. Menurut mereka, kaum realis politik itu yang justru bikin perang tercipta. Jadi mereka ‘nyindir’ kegagalan para realis lewat lukisan surealis, gambar-gambar yang melampaui logika. Beberapa pelukis surealis juga mengaku terinspirasi oleh mimpi.

 

Gambar jam meleleh karya Salvador Dali ini jadi salahs atu lukisan ikonik dari aliran surealis. (foto: creative common/wiki)

 

Nah karena surealisme emang menyajikan gambar-gambar yang nggak masuk akal, jadi nggak usah kamu pertanyakan gimana ceritanaya bisa ada ikan terbang di atas gunung dalam foto foto yang ada di IG mu itu.

 

Masuk Dunia Fotografi dan Komputer

(foto: paperforpc)

 

Seiring perkembangan zaman, surealisme masuk juga ke dunia fotografi. Baru dari sini, butuh bantuan aplikasi komputer kayak Adobe Photoshop buat ngekonsep suasana yang imajinatif itu. surealisme pun semakin berkembang. Nggak lagi cuma berbentuk still image, aliran ini udah menjamah dunia animasi, film, dan baru-baru ini apalagi kalau bukan video klip. 

 

Jadi Tren Zaman Sekarang

Nah, ngomongin era sekarang, bisa ditebak kan siapa yang bikin aliran ini ppuler? Yoi, puncak popularitas surealisme dalam generasi kita ini terjadi saat coldplay mutusin buat memakai seni ini dalam video klip mereka. Namanya juga band mainstream dengan banyak penggemar, nggak heran kalau karyanya pun langsung jadi tren.

Tapi, daripada kamu cuma ikut ikutan ngedit tanpa tujuan yang jelas, mending coba pelajari sedikit lebih dalam soal surealisme ini. Soalnya, seni ini punya fungsi asli yang cocok banget dipakai untuk nyindir. Makanya, kayaknya bakal keren juga kalau kamu coba ngedit-ngedit foto yang punya makna tertentu. Misalnya tentang limbah pabrik yang bikin polusi lingkungan, atau sebagainya. Kan keren!

See? Jadi surealisme itu sebenarnya luas. Nggak cuma ikan terbang di langit aja. Nih cek foto-foto berikut buat referensi, siapa tahu kamu juga tertarik ngedit buat dimasukin ig juga!

 

(foto: kevintrinh)
(foto: craftsy)
(foto: screamlondon)

RELATED ARTICLES

Please read the following article