Are You a Zetizen?
Show Menu

Palestina Dihapus dari Google Map

Zetizen Zetizen 08 Aug 2016
Palestina Dihapus dari Google Map

Zetizen.com – Perebutan Wilayah di Timur Tengah antara Palestina dan Israel kembali jadi sorotan. Hal itu dikarenakan kebijakan google yang menghapus Wilayah Palestina dari seluruh aplikasi google Earth dan menggantinya dengan Wilayah Israel. Kok bisa sih?

Palestina tidak ada dalam google Map

 

Sebenarnya, ketika kita mengetikan "Palestine" di google Map, kita masih diarahkan ke kota Yerusalem dan Gaza. Tapi, Wilayah yang sebelumnya ditulis sebagai Palestina dan Israel itu sekarang menjadi satu Wilayah aja, yaitu Israel. Obviously penghapusan ini bikin orang-orang Palestina, bahkan dunia, geram.

 

‘‘Keputusan google ini memalsukan sejarah, geografi, serta hak rakyat Palestina dari negaranya dan usaha yang gagal untuk menghapus Palestina dan bangsa Arab dari ingatan dunia,’’ ujar Palestinian Journalists’ Forum (PJF) yang dikutip dari Middle East Monitor.

Belum ada konfirmasi resmi dari Google (foto: middleeastasia)

 

Google menghilangkan Wilayah Palestina sejak 25 Juli 2016. Sampai saat ini, belum ada konfirmasi resmi dari pihak google atas penghapusan ini. Tapi, seorang peneliti dan pengamat histori dan politik Negara Timur Tengah, Adel Helal, menjelaskan:

 

‘‘Penulisan Wilayah ini dilakukan google berdasarkan dokumen resmi yang disetujui PBB. Palestina masih negara observer (diakui di negara orang lain, Red), tapi bukan negara resmi yang diakui PBB. Sebab, proses pengakuan kemerdekaannya masih terganjal hak veto yang dikeluarkan Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Cina, dan Rusia.’’

Sementara itu, desakan terus bermunculan dari masyarakat dunia. Mereka sampai membuat petisi yang meminta google mengembalikan Wilayah Palestina lagi. Petisi dengan judul ‘‘GOOGLE: Put Palestine On Your Maps!’’  kini sudah ditandatangani oleh lebih dari 105 ribu (lihat petisi).

 

Gimana menurut pendapatmu tentang ini? Apa kamu tertarik menandatangani petisisi dukungan? (midleeastasia/quora/afk/rat)

RELATED ARTICLES

Please read the following article