Are You a Zetizen?
Show Menu

Inilah Hal-Hal Seru yang Cuma Bisa Dirasakan Anak Tunggal

Zetizen Zetizen 23 Jul 2016
Inilah Hal-Hal Seru yang Cuma Bisa Dirasakan Anak Tunggal

Zetizen.com – Kata siapa jadi Anak Tunggal itu nggak enak? Meski hidup sendirian tanpa saudara, kehidupan di sekitar anak semata wayang itu bisa dibilang serba menyenangkan loh. Nggak percaya? Yuk, disimak! (ndy/rat)

 

Anak Tunggal
Meski selalu jadi anak kesayangan, Anak Tunggal nggak selalu manja. Mereka pun punya kecenderungan untuk mandiri. (Ilustrasi: Rama/Zetizen Team)

 

Punya Orang Tua yang Selalu Suportif

Karena para Anak Tunggal nggak punya kakak dan adik, seluruh perhatian ortu cuma tertuju ke mereka. Nggak heran deh kalau ortu Anak Tunggal biasanya bikin iri anak lain. Sebab, mereka suportif banget. Mereka nggak ragu memberi segala fasilitas demi mendukung minat dan bakat sang anak. Oleh karena itu, nggak heran kalau kebanyakan Anak Tunggal punya rasa percaya diri yang tinggi dan selalu paham sama apa yang mereka inginkan. And no matter what,  mereka akan selalu jadi anak kesayangan.

 

Banyak Teman yang Bisa Dianggap Saudara

Banyak yang bilang kalau Anak Tunggal itu socially awkward soal berteman. Sebenarnya nggak juga kok. Anak Tunggal justru memperlakukan teman-temannya layaknya saudara sendiri. Ya an? That's why teman-teman Anak Tunggal biasanya semakin sayang dan perhatian sama karena selalu merasa diistimewakan. Ups, buat yang berharap pacaran sama anak tunggal, awas baper gara-gara masuk kakak-adik zone ya!

 

Anak tunggal dan binatang kesayangannya
Anak tunggal cenderung sharing dengan binatang kesayangannya. (foto: flickr)

 

Nggak Harus Berbagi Sama Siapapun di Rumah  

Karena semua serba sendiri, mereka nggak harus berbagi cemilan, tempat tidur, baju, make-up, dan lain-lain. Kenikmatan itu bisa mereka rasakan sendiri tanpa ada yang mengganggu. Oleh karena itu, Anak Tunggal paling males diajak pergi. Mereka lebih suka menikmati me-time di rumah dan merasa punya istana yang nyaman buat diri mereka sendiri. Tapi, anehnya, saat mereka butuh teman buat sharing, mereka cenderung memilih sharing sama binatang kesayangannya.

 

Berjiwa Imajinatif dan Petualang

Dari luar, mungkin Anak Tunggal terlihat kesepian. Tapi, mereka selalu merasa fine dengan keadaan sekelilingnya kok. Tahu nggak kenapa? Sebab, mereka bisa menciptakan dunianya sendiri dengan cara yang lebih asyik. Ide-ide itu selalu muncul dalam pikirannya yang imajinatif. Buku cerita, peralatan melukis dan mewarnai, kamera atau mikrofon jadi teman setia untuk menyalurkan imajinasinya. Oh ya, Anak Tunggal punya rasa penasaran yang tinggi loh terhadap sesuatu. Ketimbang sepi di rumah, mereka pergi ke luar rumah buat mengeksplor sesuatu demi memuaskan rasa penasaran.   

 

Anak tunggal punya imajinasi tinggi. (foto: buzzfeed)

 

Jadi Pribadi yang Independen dan Dapat Diandalkan

Karena nggak punya saudara kandung, ortu Anak Tunggal kadang memberi perhatian berlebihan. Misalnya, saat si anak berbuat salah sama ortu, nggak ada orang lain yang bisa disalahkan atau membela. Atau saat ortu lagi butuh pertolongan di rumah, merekalah yang paling dicari. Tapi, percaya deh, hal-hal kecil seperti itu bikin para Anak Tunggal lebih bertanggung jawab dan lebih self-aware. Nggak jarang mereka jadi yang paling diandalkan saat mengerjakan tugas kelompok. Mereka pun sadar, karena nggak punya saudara, mereka harus bisa mandiri. Well, Anak Tunggal nggak selalu manja kan?

RELATED ARTICLES

Please read the following article